Bakal Nyesel Kalau Belum Kesini, Ini Lho 6 Air Terjun Terindah di Indonesia!

nggak kalah sama air terjun yang di luar negeri…

air terjun terindah,air terjun,wisata alam,indonesia

Kalau ngomongin soal keindahan alam, pasti sudah tahu dong kalau tanah air tercinta kita ini punya banyak primadona yang luar biasa cantiknya. Bukan cuma pantai dan pegunungan saja, tapi juga air terjun dengan panorama yang menakjubkan.

Air terjun di Indonesia ini juga jumlahnya sangat banyak. Bukan cuma puluhan saja, tapi ada ratusan bahkan ribuan air terjun yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Banyak air terjun yang belum terekspos padahal menyimpan kecantikan yang masih ‘perawan’ dan layak untuk mendapatkan perhatian lebih.

Selain itu, tentu saja ada beberapa obyek wisata air terjun di #Indonesia yang nggak kalah cantiknya dengan air terjun yang ada di luar negeri. Biar nggak nyesel, catet dulu ya di notebook kamu, habis itu kosongkan jadwal dan rencanakan pergi bersama sahabat tercinta. Duhh.. seru deh pasti >.<

1. Air Terjun Madakaripura ( Probolinggo-  Jawa Timur )
Jawa Timur memang nggak pernah kehabisan stok wisata alam yang mengagumkan. Selain punya Gunung Bromo dan Jatim Park, air terjun Madakaripura adalah salah satu obyek wisata yang wajib kamu kunjungi kalau main ke Jawa Timur. Air Terjun ini berlokasi di Desa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, dan masih merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

air terjun, madakaripura,jawa timur,wisata alam
Ilustrasi Gambar: Pegi- Pegi

Air terjun ini mempunyai ketinggian 200 meter dan berbentuk seperti curuk yang dikelilingi bukit- bukit, air terjun ini merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia. Salah satu fenomena terindahnya, air dari Madakaripura ini mengalir dari hutan di atas bukti yang berbentuk lengkung, sehingga air menetes dari setiap bidang tebing dan tampak seperti hujan. Daripada baper, ayo kita kesana! 🙂

[ Baca Ini Juga Ya : Suka Naik Gunung?? Kamu Harus Coba 5 Gunung Terindah di Indonesia Ini ]

2. Air Terjun Benang Kelambu ( Lombok Tengah- Nusa Tenggara Barat )
Mau ke Lombok? Sempetin mampir ke Air Terjun Benang Kelambu ya, guys. Obyek wisata yang satu ini terletak di kaki Gunung Rinjani, Desa Aik Berik,, Kecamatan Batu Keliang Utara. Tempat wisata ini dikenal dengan nama Benang Kelambu karena airnya keluar dari sela- sela pohong gambung yang rindang dengan enam baris titik air yang tipis dan lembut, persis seperti kelambu.

air terjun,benang kelambu,indonesia,wisata alam
Ilustrasi Gambar: Pegi- Pegi


Air Terjun Benang Kelambu ini memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter dengan 3 tingkatan. Buat kamu yang terbiasa hidup di kota dengan segala macet dan kepadatannya, obyek wisata ini bisa menjadi sarana ampuh untuk memanjakan dirimu. Pulang dari sini, dijamin kamu akan merasa lebih fresh dan happy.

3. Air Terjun Dua Warna ( Deli Serdang- Sumatera Utara )
Untuk sampai di obyek wisata yang satu ini memang bubtuh perjuangan banget, guys, karena kamu harus melewati hutan lebat yang ada di sekitarnya dan juga jalur yang sedikit menantang. Tapi perjalanan kamu yang lumayan ini pasti akan terbayar setelah sampai di air terjun yang memiliki ketinggian 100 meter ini.

air terjun dua warna,wisata alam,indonesia
Ilustrasi Gambar: Pegi- Pegi

Air terjun ini diberi nama Dua Warna karena memang memiliki perpaduan dua warna, yaitu warna biru dan putih abu- abu. Hal ini terjadi lantaran adanya kandungan fosfor dan belerang pada airnya. Di tempat ini, kamu bisa berenang dan bermain air sepuasnya. Dijamin langsung seger dan nggak mau pulang,hehehe…

4. Air Terjun Moramo ( Kabupaten Konawe – Sulawesi Tenggara )
Kalau kamu jalan- jalan ke Sulawesi, coba deh sempatin mampir di kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, Desa Sumber Sari, Kabupaten Konawe. Bukan sekedar hamparan alam yang sejuk saja, di kawasan ini kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan dari Air Terjun Moramo. Sedikit berbeda dengan air terjun kebanyakan, air terjun yang satu ini berundak dengan tujuh tingkatan utama dan juga puluhan tingkatan kecil yang dihiasi dengan marmer- marmer di setiap sisinya.

air terjun meramo,wisata alam,indonesia
Ilustrasi Gambar: Pegi- Pegi

Dengan ketinggian mulai dari 0,5 sampai dengan 3 meter di setiap undakannya, air terjun Moramo dihiasi dengan kolam- kolam kecil di sela- sela tingkatan. Sumber air terjun di obyek wisata ini berasal dari sungai Biskori dengan hulu terletak di Pegunungan Tambolosu. Di sekitar kawasan air terjun ini, wisatawan juga bisa menyaksikan habitat alami hewan dan burung asli Pulau Sulawesi lhoo. Wisata alam yang super lengkap dan seru, kan?

5. Air Terjun Mursala ( Tapanuli Tengah- Sumatera Utara )
Salah satu air terjun terindah di Indonesia dimiliki oleh provinsi Sumatera Utara. Air terjun yang terletak di Pulau Marsala, sebuah pulau kecil yang terletak antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias, ini memiliki ketinggian 35 meter, dengan air yang langsung jatuh ke lautan lepas Samudera Hindia. Sekali melihat pemandangan indah di air terjun ini, matamu akan benar- benar merasa sangat dimanjakan.

air terjun,mursala,wisata alam,indonesia
Ilustrasi Gambar: Pojok Satu

Bukan menikmati air terjun saja, ketika kamu sampai di kawasan wisata ini, kamu juga bisa menyewa kapal untuk berlayar di area sekitar air terjun. Kamu juga bisa menikmati snorkeling di bawah perairan ini untuk menyaksikan berbagai macam ikan hias dan terumbu karang. Perlu dicatat juga kalau di tempat ini kamu bisa menemukan terumbu karang Coral Reef yang dikenal langka itu. Waahhhh… ayoo agendakan sama teman- teman!

6. Air Terjun Laguna ( Kota Bau Bau – Sulawesi Tenggara )
Berada di Air Terjun Laguna akan membuatmu merasa kalau sedang berada di surga dunia nya Indonesia. Air terjun yang terletak di Sorowolio, kurang lebih 24 kilometer dari Kota Bau Bau ini dikenal sebagai air terjun terindah di Indonesia. Pemandangan spektakuler benar- benar disajikan  di kawasan wisata ini.

air terjun terindah,air terjun,wisata alam,indonesia
Ilustrasi Gambar: InfoJakarta.net

Selain gemricik air yang turun dari hutan pinus yang lebat, kamu juga akan menikmati udara bersih, air bening dan suasana alam yang masih sangat alami di tempat ini. Kamu juga bisa melihat aneka satwa cantik penghuni hutan pinus ini. Sekali datang, yakin deh kamu bakal betah berlama- lama di tempat wisata cantik yang satu ini.

[  Baca Ini Juga Ya : Meski Cinta, Kamu Jangan Sampai Melakukan 5 Hal Bodoh Ini ]

Nah.. kalau sudah seperti ini kamu pasti ngeh banget kan betapa negara tercinta kita ini kaya akan fenomena alam yang luar biasa mengagumkan? Nggak usah deh jauh- jauh mikirin Niagara dan air terjun yang di luar sana, koleksi air terjun terindah di Indonesia sudah cukup buat kamu menikmat indahnya surga dunia 🙂

Komentar

komentar