Ini Alasan Kenapa ‘Cipika Cipiki’ Terlihat Normal pada Wanita dan Tidak Pada Pria

wanita itu istimewa

cipika cipiki,persahabatan,wanita

Cipika Cipiki di kalangan wanita memang sudah dianggap biasa dan sangat di terima di kalangan masyarakat kita. Tapi coba deh bagaimana jika sesama pria melakukan salam dengan bercium pipi kiri dan kanan terhadap sejenisnya?? Euhhhhhh.. langsung deh kita mulai berpikir macam- macam. Kok gini amat ya? Ternyata ada alasannya…

Secara behavior, banyak pria memang tidak melakukan hal ini. Bahkan dalam sebuah survey pun, besar kemungkinan untuk para pria benci melakukan hal seperti ini terhadap sesama pria.

[ Baca Ini Juga Ya : Catat Sebelum Terlambat, Sebaiknya Kamu Jangan Nikahi 5 Tipe Pria Ini! ]

Secara khusus sebenarnya memang tidak pernah ada penelitian mengenai hal ini. Hanya saja, secara  global, hal- hal terkait biseksulitas wanita cenderung lebih diterima daripada biseksualitas pria. Psychology Today pernah mempublikasikan sebuah penelitian yang hasilnya menyebutkan bahwa 43% wanita bisa ‘bersenang- senang’ bersama wanita lain secara intim asal atmosfernya tepat.

Terus, paa hubungannya dengan ‘cipika cipiki’ yang kita bahas ini? Well, sebenarnya tidak jauh berbeda. Manusia pada dasarnya tidak ada masalah untuk melakukan salam dengan cara kontak fisik. Namun, hal ini bisa menjadi sangat berbeda ketika salam ini sudah dipengaruhi oleh kontes gender dan juga budaya.

persahabatan,wanita
Beda kalau yang foto gini cowok dengan cowok/ via womenshealthmag

Dalam budaya secara global, kita mengenal sistem patriarkis dimana pria lebih mendominasi wanita dan wanita ter-subordinasi posisinya. Hal ini lah konon yang membuat hubungan fisik dan intimasi wanita sama sekali tidak ditentang. Pria tidak akan protes ketika wanita terlihat lebih intim bersama sesamanya dan hal ini konon juga dianggap bagian dari fantasi #pria.

[ Baca Ini Juga Ya : Kalau Kamu Ingin Membuat Semua Orang Bahagia, Kamu akan Kecewa ]

Sebaliknya, dalam konteks yang sama, hubungan fisik dan intimasi pria, termasuk sentuhan adalah hal yang tidak bisa diterima. Pria cenderung tidak menyukai hal ini karena pria lah yang cenderung mendominasi berbagai kultur. Bisa dibilang, ini awalnya terkait persaingan dan gengsi juga.

Faktor lain yang mempengaruhi hal ini adalah karena banyak sekali pria yang mengalami homophobia alias takut dengan pria gay karena rasa cemas jika mereka dijadikan subyek fantasi seksual mereka. Jadi, ketika terjadi gesekan fisik antara pria dan pria, mereka akan segera menentangnya dengan perasaan risih, jijik, gengsi dan sebagainya.

[ Baca Ini Juga Ya : Cewek Ini Luka Parah Saat Mendaki, Tapi Menolak Dievakuasi oleh yang Bukan Muhrim ]

Ini lah salah satu alasan kenapa cipika- cipiki dan sentuhan fisik dianggap lumrah diantara wanita dan tidak pada pria. Bagaimana menurutmu?

*Foto Utama: Favim

Komentar

komentar