5 Alasan yang Menyebabkan Cinta Mudah Pudar hingga Menghilang Setelah Menikah

Cinta yang dulu begitu besar, perlahan terasa padam

Pasangan menikah

Saat menjalin sebuah hubungan, menuju pernikahan adalah jenjang selanjutnya yang ingin kita raih. Ada banyak hal- hal membahagiakan yang kita bayangkan saat melangkah ke jenjang tersebut. Rasanya kita bakal masuk ke sebuah tahapan hidup baru yang sangat menyenangkan.

Sayangnya, seringkali kebahagiaan pernikahan tidak seperti yang kita bayangkan. Berbeda dengan masa- masa pacaran, saat menikah, perbedaan yang ada diantara dua insan biasanya mulai kentara. Problem lain yang sering muncul adalah memudarnya rasa cinta antara keduanya.

 

Penyebab Cinta Pudar Setelah Menikah

Kenapa ya hal ini bisa terjadi? Padahal, sebelum menikah dua- duanya sama- sama cinta mati? Dilansir dari Boldsky, ternyata hal ini bisa terjadi karena adanya beberapa alasan berikut ini :

Baca Ini Juga Ya :   Suami Istri Seumuran, Resiko Bercerai Lebih Kecil

Ekspektasi yang Kelewat Tinggi Pada Pasangan

menikah

Setiap orang tentu punya ekspektasi tersendiri saat menjalani pernikahan. Sayangnya, saat ekspektasi tidak sesuai dengah perkiraan, maka rasa kecewa mulai muncul. Hal ini lah yang menjadi awal pemicu memudarnya rasa cinta. Rasa cinta ini sendiri juga menjadi sebuah hal yang melelahkan dan sia- sia karena adanya tekanan dari ekspektasi ini sendiri

 

Tanggung Jawab yang Dirasa Seperti Beban

pasangan,suami istri,tidak bahagia

Tanggungjawab yang muncul dalam pernikahan bisa dirasa menjadi beban bagi masing- masing pihak. Terutama saat salah satu pihak menekankan tanggungjawab kepada satu pihak lainnya yang kemudian bisa memicu pertengkaran. Untuk menghindari terjadinya hal ini, tanggungjawab dalam rumah tangga sebaiknya dibagi dengan adil dan seimbang.

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Ragu Menikah Sebelum Mapan, Ini Lho Manfaatnya Buat Kamu dan Pasangan

 

Saling Mempertahankan Argumen Masing- Masing

pasangan,couple,nikung,selingkuh
via Pixabay

Karena beberapa masalah yang muncul dalam rumah tangga, maka emosi kedua belah pihak bisa terpancing. Jika keduanya gagal mengendalikan emosi ini, maka luapan emosi dengan cara yang salah pun bisa meledak, seperti mengeluarkan kata- kata yang kasar dan menyakiti pasangan, mengungkit kesalahan, dan saling merendahkan.

 

Hilangnya Rasa Hormat dan Saling Menghargai

suami,istri,wanita,rumah tangga,selingkuh
via Huffington Post

Saat kedua belah pihak mulai sering meluapkan emosi dengan cara yang salah, maka rasa hormat dan saling menghargai akan semakin berkurang dari waktu ke waktu. Suasana pernikahan perlahan menjadi dingin karena ego kedua belah pihak tidak bisa diredam. Situasi akan semakin memburuk saat kalian berdua tidak berupaya untuk menyelesaikan masalah, namun justru menghindar bertemu satu sama lain.

Baca Ini Juga Ya :   Tanpa Kamu Sadari, 7 Hal Sepele yang Kamu Lakukan Ini Membuat Orang Tua Sakit Hati

 

Masalah yang Tidak Pernah Berakhir

Wanita sendirian
Komunikasi yang tidak baik dan masalah yang semakin bertumpuk tanpa penyelesaian membuat kalian berdua lelah tinggal dalam status pernikahan. Bahkan saat satu masalah belum selesai, masih ada lagi rangkaian masalah yang tak berujung.

 

Itu lah hal- hal yang memicu pudarnya rasa cinta setelah menikah. Sebelum permasalahan memburuk dan menjadi semakin kompleks, maka sebaiknya kedua belah pihak saling membuka hati untuk menyelesaikan persoalan rumah tangga bersama- sama. Bukan kah tujuan kita menikah adalah ingin bahagia? Jangan sampai energi kita justru habis untuk pertengkaran dan akhirnya justru menyakiti satu sama lain.

Komentar

komentar