Ini Dia Alasan Ilmiah Kenapa Panda Makan Bambu

ternyata pencernaan Panda ini tidak bisa mencerna bambu secara sempurna..

panda,binatang,lucu

Siapa sih yang nggak gemas melihat binatang yang identik dengan warna hitam putih ini? Yes, panda memang dikenal sebagai salah satu binatang yang lucu dan menggemaskan. Setiap kali melihat binatang yang berasal dari negeri Tirai Bambu ini, pasti deh bawaannya mau dibawa pulang ke rumah untuk dipeluk atau dijadikan bantal. Iya apa iya?

Panda memiliki beberapa ciri khusus yang sudah sangat familiar di mata kita. Beberapa diantaranya adalah memiliki paduan dua warna hitam dan putih, memiliki lingkaran berwarna hitam bulan di area matanya, memiliki tubuh yang gendut dan juga suka sekali makan bambu. #Binatang yang satu ini sering disebut sebagai beruang dari negeri Tiongkok.  Tidak heran, binatang lucu ini dianggap sebagai simbol kebanggan nasional di negeri  tersohor itu.

Seperti yang digambarkan di banyak film dan animasi, bambu adalah makanan yang paling disukai oleh Panda.  Setiap harinya, setidaknya Panda akan makan kurang lebih 12,5 kilogram bambu. Bisa dibilang bambu adalah menu utama yang masuk dalam daftar makanan Ailuropoda Melanoleuca alias panda raksasa. Setidaknya dalam satu hari, binatang ini  dapat menghabiskan waktu hingga 14 jam hanya untuk makan bambu saja.

Video Lucu : Koala ini Menangis Tersedu- sedu Karena Kalah Berkelahi ]

 

Panda Sebenarnya Kesulitan Dalam Mencerna Bambu

Namun, tahukah Anda, meskipun bambu kerap diidentikan sebagai makanan favorit panda, sebuah study sempat mengungkapkan bahwa makanan ini bisa jadi merupakan sebuah hasil evolusi, dan bukan merupakan makanan asli si panda ketika pertama kali ada. Dalam study tersebut terungkap adanya bakteri yang hidup di pencernaan panda raksasa sebagai bukti bahwa kemampuan hewan berwarna putih hitam ini cukup buruk dalam mencerna bambu. Hasil dari study ini menunjukkan bahwa bakteri yang hidup di dalam perut serta usus panda ini menunjukkan bahwa Panda hanya memiliki sedikit bakteri yang membantu mencerna tumbuhan berserat seperti bambu.

Di kesempatan yang lain, ada juga study yang dipublikasikan oleh American Society for Micorbiology yang menyatakan bahwa kebanyakan saluran pencernaan panda berlumur bakteri sama seperti Streptococcus dan Escherichia/ Shigella, yang mana organism tersebut cenderung hanya ditemukan di pemakan daging saja.

Studi ini juga menyimpulkan bahwa sebenarnya binatang ini berevolusi dari beruang- beruang yang dulu makan daging dan tumbuhan. Panda ini kemudian mulai makan bambu kurang lebih sekitar tujuh juta tahun yang lalu.

Sejak saat itu, panda akan membangun rahang dan gigi yang kuat agar dapat bekerja dengan baik dalam membantunya mengunyah tumbuhan berserat, dan tentu saja proses ini berlangsung dari waktu ke waktu, tidak instant. Selain itu, panda juga memiliki pergelangan tangan yang dapat berfungsi sebagai ibu jari yang membantunya untuk menggenggam batang bambu. Meski demikian, panda hanya bisa mencerna kurang lebih 17 persen bambu yang mereka makan karena saluran pencernaan mereka sebenarnya masih seperti karnivora.

Salah seorang peneliti utama dari Pusat Riset Panda Raksasa Chengdu, China bernama Zhihe Zhang mengatakan bahwa panda memang hewan yang lebih unggul dibandingkan dengan hewan pemakan tumbuhan lainnya. #Panda memiliki struktur anatomi tubuh yang sanga efektif dalam menghancurkan bambu. Namun, secara ilmiah sistem pencernaan mereka masih sama dengan hewan pemakan daging lainnya.

Panda tidak memiliki gen yang memproduksi enzim pencerna tumbuhan. Dan faktor ini dapat meningkatkan resiko kepunahan mereka dari segi kesehatan. Dari data studi yang pernah dilakukan di Research Base, meskipun mereka banyak makan bambu, rebung dan roti kukus setiap hari, namun bambu sangatlah sulit dicerna secara sempurna. Hal ini terbukti dari fases mereka yang penuh dengan potongan bambu yang tidak dicerna.

[ Baca Juga : Kenalan Dulu Sama Griselda Sastrawinata, Animator Film “Shrek” asal Indonesia ]

Hasil riset ini menunjukkan bahwa microbiome sistem pencernaan panda sebetulnya tidak beradaptasi dengan pola makan yang telah mereka terapkan selama jutaan tahun lamanya. Lambung hewan lucu ini tidak memiliki bakteri penghancur tanaman yang dimiliki oleh hewan herbivora pada umumnya. Meski demikian, penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa mikroba dalam perut panda ini bisa bervariasi berdasarkan musim dan faktor lainnya.

panda,bambu
Agar semakin banyak yang tahu, yuk sebarkan informasi ini kepada teman atau orang- orang terdekat kita.

Komentar

komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.