Fenomena Langka, NASA Menangkap Gambar Matahari sedang Tersenyum

Dua tahun yang lalu NASA mengabadikan matahari dengan wajah Jack-o-Lantern

matahari,tersenyum,NASA

Pernah membayangkan bagaimana gambar matahari mirip wajah manusia yang sedang tersenyum?? Pasti membuat kita secara tidak langsung ikuta tersenyum karena terpesona ya? Nah inilah foto menarik yang kemudian dipamerkan oleh salah satu divisi NASA, Solar Dynamics Observatory.

Melalui akun twitternya, Solar Dynamics Observatory mengklaim telah melihat senyum matahari melalui foto yang diunggahnya. Ilmuwan bernama Karl Battam adalah orang pertama yang mengabadikan senyum matahari ini. Dalam foto yang diunggahnya ini, terlihat foto matahari memperlihatkan gambaran dua mata, satu hidup dan satu mulut yang terbuka.

“Miringkan kepala Anda ke kiri, balaslah senyum matahari!” tulisnya dalam akun resminy, seperti dikutip dari IB Times UK, Selasa, 6 Desember 2016.

Baca Ini Juga Ya :   Mengharukan, Berniat Khitbah, Pemuda Ini Malah Langsung Diminta Nikah oleh Calon Mertua

Dalam sesi wawancara bersama Mashable, Battams menjelaskan bahwa foto ini tidak sengaja terekam. Ia pun menjelaskan alasan mengapa sampai matahari memiliki mata, hidung dan mulut.

“Dua cahaya terang yang mirip mata itu adalah ‘wilayah aktif’ dari matahari yang kerap menghasilkan pijaran api, yang membentuk titik pada matahari. Sedangkan senyum pada matahari adalah filamen solar, yang merupakan garis panjang plasma yang ditemukan di atmosfir. Wilayah gelap lainnya, yang membentuk rambut dan hidung matahari adalah lubang koronal, yang menghasilkan angin matahari,” ujar Battams.

Meski demikian senyum matahari ini tidak selalu dapat dilihat karena fitur matahari ini bersifat sementara. Plasma dan magnet akan terus bergerak, lalu berhubungan kembali, namun punya kecenderungan untuk membentuk pola yang selalu berbeda- beda.

Baca Ini Juga Ya :   Karin Novilda, Dari Siswi UN Tertinggi Kini Jadi Selebgram ‘HOT’

Fenomena matahari menampakkan rupa ini sebenarnya bukan kejadian yang pertama kalinya. Dua tahun silam, atau di tahun 2014, matahari pernah memperlihatkan wajah mirip Jack-o-Lantern.


Matahari sendiri dikenal sebagai obyek pertama yang terbentuk dari awan debu dan gas di sistem tata surya kita. Para ilmuwan menyebut bahwa matahari menghisap 99 persen  senyawa atau puing yang berada di dekatnya. Sisa material yang ada berpotensi untuk digunakan dalam pembentukan planet lain.

Komentar

komentar