Sebelum Jadi Kebiasaan, Baca Dulu Bahaya dan Manfaat Mandi Malam Ini

jangan percaya mitos sebelum baca faktanya..

mandi malam,mandi,shower,wanita mandi

Mandi malam memang sering menjadi kegiatan wajib bagi sebagian besar orang yang terbiasa pulang malam dari kantor. Karena merasa tubuh mereka lelah, maka mandi malam memang sering menjadi sensasi menyegarkan yang bisa melepas lelah secara instant.

Tidak jarang, kegiatan ini menjadi semacam ritual wajib yang membuat tubuh merasa lebih nyaman. Tapi, tahukah kamu bahwa mandi malam ternyata bisa memiliki dampak yang besar terhadap tubuh kita? Efeknya bisa positif dan negatif. Mungkin salah satu yang sering kamu dengar adalah mandi malam bisa membuat kamu mengalami gejala rematik. Itu benar nggak sih?? Nahhh… ini akan kita bahas juga. Baca sampai selesai ya ^_^

Mitos Mandi Malam Dapat Menyebabkan Rematik

Penyakit rematik kerap dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut usia dan kerap muncul di kala cuaca sangat dingin. Jadi ketika seseorang yang mengalami rematik ini mandi di malam hari, rasa sakit yang mereka alami akan semakin menjadi- jadi. Nahhh… disinilah awal mula berkembangnya #mitos yang menyatakan bahwa mandi malam bisa mengakibatkan seseorang mengalami sakit rematik.

rematik,sakit tulang
Ilustrasi Gambar: Pixabay

Kenyataannya, sakit rematik atau yang dikenal dengan istilah rheumatoid artritis ini bisa disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang keliru dalam mengidentifikasi jaringan- jaringan sendi sebagai benda asing yang harus dikeluarkan atau dikalahkan sesegera mungkin.

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Lagi Kantongi Dompet di Saku Celana Belakang. Resikonya Bikin Merinding!

Akibat selanjutnya, sendi- sendi ini akan mengalami pembengkakan yang lebih buruk karena mendapatkan perlawanan dari imun tubuh, sehingga kerap terasa sakit dan kaku, dan juga bisa terasa panas dan mengalami peradangan.

Manfaat Mandi di Malam Hari

#1 Mandi Malam Membantu Kita Tidur Lebih Cepat
Mandi di malam hari justru bisa membuatmu tidur lebih cepat dan lebih nyenyak jika dilakukan dengan tepat. Mandi malam akan membuat tubuhmu lebih rileks dan mengurangi stress yang diakibatkan oleh aktifitasmu sehari penuh. Dalam keadaan rileks ini lah tubuh dapat tidur dengan lebih cepat dan lebih pulas.

tidur nyenyak,tidur,pulas
Ilustrasi Gambar: Pixabay


#2 Mandi Malam Memberimu Kesempatan untuk Membersihkan Tubuh dengan Baik
Setelah beraktifitas sehari penuh, wajar saja bila tubuh kita dipenuhi dengan bakteri dan kuman yang menempel. Tentu saja mandi malam ini menjadi kesempatan bagus untuk kita membersihkan diri. Dengan melakukan kegiatan ini, kulitmu akan terasa bersih, lembab dan sehat.

#3 Mandi Malam Membantumu Bangun Lebih Pagi
Pernah nggak sih kamu malas banget untuk bangun di pagi hari? Mata udah terbuka sih, tapi tubuhmu rasanya ingin mengulur waktu agar bisa bermalas- malasan di tempat tidur terlebih dahulu untuk 15 menit lagi atau bahkan lebih. Hal seperti ini ternyata bisa kamu minimalisir dengan mandi malam lho. Itu terjadi karena kamu tidurmu menjadi lebih cepat, lebih nyenyak dan lebih berkualitas.

Baca Ini Juga Ya :   Kamu Wajib Tahu, Buah Kersen yang Nggak Dianggap Ini Ternyata Banyak Manfaatnya

#4 Mandi Malam Membantumu Mengatasi Alergi
Jangan salah, mandi malam ternyata juga terbukti efektif untuk menghilangkan berbagai allergen atau iritan yang menyebabkan alergi dari tubuh kita, seprti dari kulit, rambut atau bagian tubuh lainnya. Jika selama ini kamu sering merasa gatal karena memilih untuk langsung tidur setelah pulang kerja di malam hari, cobalah untuk mengubah kebiasaan itu dengan mandi di tenggat waktu itu.

#5 Mandi Bisa Meningkatkan Gairah Seksual Juga!
Mandi, terutama di malam hari, baik dengan air hangat ataupun air dingin dapat membuat hormon di dalam tubuh kita, seperti hormon testoteron pada pria dan hormon estrpgen pada wanita meningkat.

Dengan kedua hormon tersebut meningkat, maka gairah seksual dan sistem reproduksi juga mengalami peningkatan #kesehatan. Untuk kamu yang sudah menikah, mandi malam ini juga bisa membuatmu tampil lebih segar dan percaya diri di hadapan pasangan.

Baca Ini Juga Ya :   Menyapu di Malam Hari Bikin Rezeki Seret, Bener Nggak Sih Mitos Ini?

Tapi Mandi Malam Juga Ada Efek Sampingnya…

Ada manfaat ada juga efek sampingnya. Efek samping yang pertama, mandi malam bisa mengakibatkan tidurmu justru tidak nyaman jika dilakukan terlalu dekat dengan waktu sebelum tidur. Rasa nyaman ini biasanya paling banyak dialami oleh wanita berambut panjang yang membasuh seluruh tubuhnya, termasuk area kepala dan rambut. Di malam hari, rambut yang basah akan cenderung sulit untuk kering dan jika dipaksakan untuk tidur dengan rambut yang masih basah, maka hal ini bisa menjadikan tidur kita tidak nyaman.

Efek samping yang kedua, air di malam hari yang lebih dingin bisa membuat tubuh kita kaget. Saat tubuh kita seharian bekerja dari pagi hingga malam hari, sebenarnya tubuh kita berada dalam kondisi yang sangat panas. Apabila tubuh kita yang panas ini langsung diguyur oleh air dingin, maka tubuh bisa menjadi kaget dan beberapa organ tubuh kita bisa mengalami gangguan. Idealnya, istirahatkan dulu tubuhmu beberapa saat sebelum menjelang mandi, agar tubuhmu bisa sedikit lebih rileks dan suhu panasnya sedikit menurun.

Komentar

komentar