Bikin Ngiri, Banyak Makan Tapi Tetap Kurus?? Ini Penjelasan Medisnya..

badan sedan,tapi muatan truk tronton

makan,sandwich,kurus,banyak makan

Banyak makan tapi tetap kurus? Yakin deh ini sebenarnya hal yang banyak banget diinginkan orang, terutama para cewek. Ada nggak sih temanmu yang seperti ini? Atau kalau nggak, kamu pasti menemukan beberapa orang dengan keanehan seperti ini ya? Badan boleh sedan, tapi muatan truk tronton, begitu kata mereka.

Di sudut yang lain, ada juga orang yang makannya sedikit, tapi mudah banget gemuk. Saking gampang gemuknya, sempet juga dibuatin meme kalau menghirup udara saja berat badannya bisa nambah, hahaha… –siapa sih pelaku pembuat meme ini?. Kalau kamu yang mana sih, guys?

Daripada clingak- clinguk, kamu wajib tahu kenapa deh hal ini bisa terjadi. Ada akibat pasti ada sebab dong ya? Nahh… untuk kejadian ini pun ada penjelasan medisnya. Dikutip dari Boldsky, berikut penjelasan mengapa orang yang kurus itu sulit gemuk meski makannya banyak :

#1 Mereka Makan Hanya Saat Lapar
Ini hal pertama yang wajib kamu tahu. Meskipun mereka terlihat sedikit- sedikit makan, kebanyakan dari mereka cenderung makan hanya saat lapar  dengan porsi yang membuat mereka sedikit kenyang saat itu juga. Mereka jarang sekali makan hanya demi memuaskan hasrat mereka untuk mencoba sebuah makanan.

[ Baca Ini Juga Ya : Bau Mulut Memang Mengganggu, Tapi Kamu Bisa Mengatasinya dengan Cara Ini ]
#2 Mereka Tidak Makan Sambil Menonton TV
Sering kah kamu makan sambil nonton TV? Sering tidak sadar, kegiatan ini memang membuat kamu sangat nyaman ya? Meski demikian, kegiatan ini salah satu alasan kenapa kamu cepat gemuk. Saat makan sambil menonton TV, kamu sering tidak dapat mengontrol banyaknya #makanan yang kamu masukkan ke dalam tubuh. Saat makan, usahakan untuk tidak melakukan kegiatan lain yang bisa mengalihkan fokus makanmu, misanya makan sambil tiduran, sambil main laptop atau aktifitas lainnya.

makan,beraktifitas,bekerja
Ilustrasi Gambar: Whedan

#3 Mereka Mengisi Perut Hanya Sebanyak 80%
Tidak jarang orang kurus terlihat memiliki nafsu makan yang begitu besar. Kenyataannya, mereka sebenarnya hanya mengisi perut mereka sebanyak 80% saja. Dari segi kesehatan, ini sebenarnya adalah kebiasaan yang baik. Saat makan, biasakan untuk tidak kalap dan makan berlebihan. Berhentilah makan sebelum kamu merasa kekenyangan ya.

#4 Mereka Bukan Emotional Eater?
Kamu pernah mendengar istilah emotional eating? Emotional eating adalah salah satu kesalahan terbesar orang gemuk. Makanan menjadi pelampiasan mereka saat mereka mempunyai masalah atau sedang bad mood. Saat mereka marah atau kesal, mereka akan lari ke makanan, atau bisa jadi saat bahagia mereka juga lari ke makanan. Nggak heran kenapa lemak mudah menumpuk dan cepat gemuk. Sebaliknya, orang kurus yang sulit gemuk sangat berlawanan dengan emotional eater ini.

emotional eating,makan,kue,cakes
Ilustrasi Gambar: Pixabay

#5 Mereka Bisa Mengendalikan Diri Mereka
Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, bisa mengendalikan diri itu harus. Orang kurus yang sulit gemuk biasanya tidak jauh- jauh dari mereka yang bisa mengontrol diri mereka dari makan secara berlebihan. Mereka mungkin makan beberapa kali, tapi porsi mereka cukup ideal dan tidak terlalu mengenyangkan. Buat kamu yang lagi diet, tips ini bisa dicoba untuk mengontrol nafsu makanmu.

#6 Mereka Menjadikan Buah sebagai Camilan
Buah adalah cemilan yang sehat. Orang kurus yang suka menjadikan buah sebagai cemilan memang cenderung memiliki berat badan yang stabil dan terlihat selalu bugar. Ngemil banyak boleh, tapi pastikan cemilanmu kaya akan nutrisi dan terkontrol ya.

buah,strawberry,camilan sehat
Ilustrasi Gambar: Pixabay

[ Baca Ini Juga Ya : Kamu Wajib Tahu, Buah Kersen yang Nggak Dianggap Ini Ternyata Banyak Manfaatnya Lho! ]

Dari keenam point ini, mana coba yang sering terlewatkan oleh kamu? Nahh… sekarang kamu sudah tahu kenapa orang kurus itu sulit gemuk. Dengan melihat alasan ini, semoga kamu termotivasi untuk memulai kebiasaan baik seperti mereka ya. Dengan kebiasaan yang baik dan sehat, tubuhmu juga akan sehat dan ideal.

Ilustrasi Gambar Utama : sheknows.com

 

Komentar

komentar