Ini Bedanya Mereka yang Kaya Beneran Sama yang Cuma Gaya- Gayaan

yang kaya beneran nggak sibuk ngomongin kekayaannya

kaya,mercedes,mobil

Pernah nggak sih ketemu sama orang kaya yang nyebelin banget? Dikit- dikit pamer.. dikit- dikit ngomongin harta. Duhh.. kayak nggak ada hal menarik lain yang bisa dibahas gitu? Ngeselin ya??

Emang banget, dimana- mana orang yang kayak gitu banyak jumlahnya. Mereka senang banget menunjukkan kekayaannya. Penampilannya biasanya sih cenderung wah karena dia memang mau nunjukin kalau dia itu kaya dan “punya” apa aja yang dia mau. Padahal, nggak jarang orang menggunakan penampilan glamour itu untuk mengelabui orang lain saja atau untuk menutupi rasa nggak PD nya.

Buat mengelabui orang lain? Berarti dia nggak beneran kaya dong? Kaya itu relatif sebetulnya. Tapi bisa lho kamu membedakan mana yang orang kaya beneran dan mana orang- orang yang termasuk golongan sok kaya. Ini ciri- cirinya :

#1 Orang yang kaya banget biasanya jarang memamerkan kekayaannya di media sosial. Dia nggak butuh pengakuan orang lewat posting gambar barang- barang mahal
Cara paling gampang untuk membedakan mana yang orang kaya beneran dan sok kaya bisa dilihat dari apa yang ia posting di media sosial. Meskipun dia adalah penggemar barang branded, orang kaya beneran ini jarang mempublikasikannya di Path atau Instagram untuk menunjukan kalau dia kaya.

Sebaliknya, kalau dia bertingkah berlebihan dan dikit- dikit posting tentang barang branded-nya, ini adalah sinyal kalau dia butuh pengakuan orang lain tentang kekayaannya. Intinya sih dia pengen banget nunjukkin ke orang lain “Ini lhoo gue kaya..”.

#2 Buat orang kaya, membicarakan kekayaan adalah hal yang nggak penting. Tapi buat orang yang sok kaya, membicarakan tentang kekayaan lewat omongan adalah hal penting
Topik pembicaraan dalam hidup si sok tajir ini nggak pernah jauh- jauh dari harta. Dia pengen banget orang tahu kalau dia itu kaya. Biasanya sih dia suka ngomong gini :
“Duhh… jangan di kaki lima deh makannya. Kita masuk ke Resto ( nyebutin nama resto mahal ) yang di Sudirman itu aja.”
“Iya nih.. gue udah bosen sama tas gue ini. Besok sih gue mau beli lagi Prada ori langsung dari luar negeri.” ( padahal nggak beli beneran.. kalau kaya beneran, dia nggak perlu banyak pengumuman langsung beli deh ^_^ )

Baca Ini Juga Ya :   Masih Jomblo tapi Suka Boros? Coba deh Jauhi Kebiasaan ini Agar Keuanganmu Aman

Intinya sih lewat omongannya ini dia ingin semua orang tau kalau dia mempunyai taste dan berkelas. Padahal, gajinya sendiri belum tentu sebesar omongannya itu ^_^

#3 Orang yang kaya beneran nggak akan ngomongin barang mahal dengan orang yang bukan dari kalangannya. Sebaliknya, dia yang sok kaya akan sering pura- pura nggak tahu
Pernah ketemu orang yang sukanya ngomongin barang- barang mahal yang banyak teman nongkrongnya nggak tau. Dia seneng banget ngomongin tas baru, jam tangan baru dan bahkan sampai mobil atau apartement. Si sok kaya ini tahu banget kalau teman nongkrongnya ini nggak tau barang- barang ini karena memang bukan kelasnya.

Beda sama orang kaya beneran. Mereka biasanya hanya akan membicarakan barang- barang mahal ini hanya dengan orang- orang yang memahami barang- barang branded itu. Jadi tujuannya mengobrol memang untuk sharing dan bertukar pikiran kepada kalangannya, bukan pamer nggak jelas gitu.

#4 Orang sok kaya selalu ngejar prestige, termasuk saat menentukan tempat nongkrong atau tempat makan
Orang yang kayanya cuma buat pencitraan selalu mementingkan prestige. Bahkan untuk tempat nongkrong atau tempat makan saja, dia akan sok selektif agar orang- orang bisa melihat derajatnya yang tinggi. Saat diajak jalan ke tempat yang kurang gaul atau “kurang hits” dia akan menolak dengan berbagai alasan. Tapi… pas waktu pesan makanan tiba, dia belum tentu pilih menu yang mahal, hehehe…. Yang penting sih kelihatan kalau dia lagi cekrek- cekrek upload di spot yang ngehits dan mahal.

Baca Ini Juga Ya :   Coba Deh Fokus, Hewan Apa sih Yang Kamu Lihat Pertama kali? Kepribadianmu Bisa Dilihat Dari Sini

#5 Sering Pamer adalah Kebiasaan Orang yang Sebenarnya Memang Nggak Kaya
Orang sok kaya selalu ingin terlihat kaya, baik itu dari segi penampilan, tindakan dan bahkan omongan. Mereka ingin sekali setiap orang melihat kalau dia punya uang dan harta yang melimpah. Maka dari itu, jangan kaget kalau dia demen banget yang namanya show off alias pamer kemanapun dia berada. Misanya nih waktu hang out bareng teman- temannya, dia akan ngeluarin semua gadget yang ia punya untuk dilihat. Padahal sih bisa disimpen di pocket tasnya juga. Sayang banget kalau teman- temannya sampai nggak tahu deretan smartphone keren yang dia punya 😀

#6 Gampang Banget Sirik Saat Lihat Orang Lain Kelihatan Lebih Kaya dari Dia
Orang kaya beneran sih biasanya akan cuek dengan itu semua. Buat mereka, melihat orang lain lebih tajir nggak bikin mereka baper. Sebaliknya, orang yang sok kaya ini akan gampang panik dan ada perasaan iri saat melihat temannya beli gadget terbaru, sementara dia masih pakai yang lawas. Orang seperti ini selalu punya kecenderungan tidak mau kalah dan tersaingi.

#7 Sakit Hati Saat Merasa Orang di Sekitarnya Tidak Mengakui Kekayaannya
Buat dia, pengakuan atas kekayaan yang dia miliki akan menciptakan rasa bangga tersendiri. Sebaliknya, jika banyak orang yang tidak mengakui dan memandang remeh usaha dia buat pamer, maka dia bisa sakit hati habis- habisan.

Baca Ini Juga Ya :   Jika Ingin Anakmu Kelak Membumi dan Hebat, Membiarkan Dia Merantau adalah Cara Paling Tepat

Misanya nih saat dia berada di bazar dan SPG produk ternyata tidak menawari produk mahalnya ke dia. Maka respon umum yang kerap dia keluarkan biasanya :
“Gila tuh orang gak nawarin gue. Emangnya dipikir gue gak bisa beli barang harga segitu apa?”

Padahal nggak jarang sales SPG ini punya insting penjualan yang membuat mereka cenderung menawari orang- orang yang memang sanggup beli.

#8 Dari banyak hal yang dia bicarakan tentang kekayaannya, hanya sebagian kecil yang merupakan kisah nyata. Sebagian adalah karangan belaka
Dari sekian banyak cerita, mulai dari dia yang ngaku tinggal di daerah elit sampai bapaknya adalah pejabat negara ( padahal enggak ), sering liburan mewah ke luar negeri dan sering gonta- ganti mobil, ternyata banyak yang cerita palsu. Dia memang pinter banget ngarang cerita secara runtut dan membuat orang- orang percaya kepadanya. Padahal, 90% dari ceritanya hanyalah bualan belaka.

Tapi ada juga orang kaya yang sombong dan selalu haus pengakuan? Ya memang ada, tapi dari 8 ciri- ciri di atas, kamu bisa mengenali deh mana yang beneran kaya dan mana yang sok- sokan jadi orang kaya.

Dan kalau memang kamu kaya, bijaklah dalam mengatur keuanganmu. Nggak ada yang salah dengan menggunakan uang pribadi untuk bersenang- senang, tapi jangan lupa juga untuk menabung dan menyisihkan untuk sedekah kepada mereka yang kurang beruntung ya.

Komentar

komentar