10 Hal ini Biasa Dilakukan di Indonesia, Tapi Dianggap Tidak Sopan Di Luar Negeri. Beberapa Hal Sepele Banget

Karena setiap negara punya tradisi dan budaya yang berbeda- beda

Berbicara dengan dua saku di tangan akan dianggap tidak sopan

Seperti kata pepatah, “lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya”, yang namanya setiap tempat pasti mempunyai aturan atau adat istiadat yang berbeda satu dengan yang lainnya. Misalnya saja untuk kita yang tinggal di Indonesia, banyak yang terbiasa untuk menghabiskan makanan yang ada di piring tanpa sisa. Ternyata, hal ini bisa dianggapa sebagai tindakan yang kasar dan tidak sopan di negara lain.

Padahal kalau kita ingat- ingat, dari kecil kita diajarkan untuk tidak menyisakan nasi di piring karena katanya nasinya bisa nangis, hehehe…. Berangkat dari hal ini lah kita menjadi sayang untuk menyisakan makanan di piring.

Biar kamu nggak penasaran, simak yuk beberapa fakta mengejutkan lainnya terkait hal- hal yang biasa dilakukan saat di Indonesia, tapi ternyata dianggap kasar dan tidak sopan di negara- negara tertentu :

1. Memberi ‘tip’ saat makan di café atau restoran memang bukan kewajiban, tapi ini menjadi hal yang umum dilakukan oleh banyak pelanggan. Kalau punya uang lebih ya boleh memberi, kalau enggak juga bukan jadi masalah. Namun jika kamu berada di Jepang, sebaiknya hindari member ‘tip’, karena kamu akan dianggap merendahkan mereka. Waaahhhh… padahal nggak kepikiran sampai kesitu ya?

Baca Ini Juga Ya :   3 Makanan Indonesia Menguasai Daftar Makanan Terenak Dunia. Rendang di Urutan Nomer Satu
Tradisi memberi tips dianggap kasar di Jepang
via: CNBC.com

 

2. Menggunakan tangan kiri untuk beraktifitas memang tidak menjadi hal yang dianjurkan. Namun kalau kepepet atau memang kidal, maka hal ini sangat bisa ditoleransi. Namun di India, hal ini benar- benar dilarang. Mereka beranggapan bahwa tangan kiri itu kotor dan sangat tidak sopan. Meski kepepet, penggunaan tangan kiri sangat dilarang. Ya, kecuali untuk buang air yaa…

Makan dengan tangan kiri dilarang keras di India
via: shutterstock.com

 

3. Terjadi di India lagi, membuka kado di depan si pemberi akan membuatmu mendapat label ‘serakah’. Hmmmm… padahal sih di Indonesia hal ini sah- sah saja, yang penting jangan lupa ucapkan terimakasih kepada si pemberi kado 🙂

Masih di India juga, membuka kado di depan sang pemberi dianggap tidak sopan
via: thedailymeal.com

 

4. Indonesia dikenal dengan masyarakatnya yang ramah dan murah senyum. Ketemu orang di jalan, walaupun nggak kenal, pasti kita berikan senyuman manis dan sedikit kontak mata. Namun, jangan sekali- kali kamu melakukan hal ini di Rusia, ya. Bukannya dianggap ramah, senyuman kepada orang asing di negara ini akan diartikan sebagai senyum palsu dan ada niat jahat terselubung. Haduhhh

Baca Ini Juga Ya :   Di Indonesia Digaji Rendah, 10 Pekerjaan Ini Malah Dibayar Mahal di Luar Negeri
Tradisi beramah tamah di Rusia bisa dianggap punya niat jahat
via: vice.com

 

5. Pasti kamu pernah kan membunyikan klakson di jalan? Hal ini kamu lakukan untuk memperingatkan pengendara lain, atau kadang menjadi kode saat berpapasan dengan pengendara motor yang kamu kenal di jalan. Di Norwegia, membunyikan klakson hanya boleh digunakan dalam keadaan darurat untuk menginformasikan adanya bahaya. Kalau dilarang membunyikan klakson sembarangan karena bisa bikin orang- orang panik.

Membunyikan klakson di Norwegia bisa menimbulkan kepanikan
via: digitaltrends.com

 

6. Kita sudah terbiasa menghabiskan makanan di atas piring hingga tak tersisa. Dan hal ini sah- sah saja dan malah dianjurkan. Namun beda kalau kamu di Tiongkok, karena tindakan ini menyiratkan bahwa kamu merasa kurang dengan makanan yang dihidangkan. Maka dari itu, coba lah untuk menyisakan sedikit di atas piring.

Menyisakan makanan di piring perlu dilakukan saat di Tiongkok
via: Shilpsnutrilife.com

 

7. Di Indonesia, berbicara dengan kedua tangan diletakkan di saku adalah hal yang wajar. Namun ternyata hal ini justru dianggap kasar dan tidak sopan di Jerman. Hmmmm….

Berbicara dengan dua saku di tangan akan dianggap tidak sopan
via: mentalfloss.com

 

8. Kamu bisa membuang ingus dimana saja, asalkan bawa tissue dan membuangnya ke tempat yang benar. Kalau kamu lagi di Prancis, jangan sekali- kali melakukan hal ini. Bagi mereka, sekalipun dibuang di tempat sampah, hal ini tetap terlihat menjijikkan untuk mereka. Lebih baik kamu membuangnya saat berada di kamar mandi ya.

Baca Ini Juga Ya :   Bakal Nyesel Kalau Belum Kesini, Ini Lho 6 Air Terjun Terindah di Indonesia!
Jangan sekali- kali membuang ingus sembarangan di Perancis
via: viralsection.com

 

9. Saat pesan taksi atau angkutan online, biasanya sih kita bakal milih duduk di kursi belakang dibandingkan di dekat supir. Namun di Selandia Baru, Australia, dan Skotlandia, hal bisa dianggap tidak sopan dan melanggar prinsip egaliter (persamaan derajat).

Naik taksi duduk di belakang bisa dianggap sebagai tindakan tidak sopan
via: Shutterstock.com

 

10. Sama halnya dengan menanyakan kesibukan atau profesi seseorang di negeri Kincir Angin. Negara ini menganut sistem kesejahteraan sosial sehingga menanyakan pekerjaan orang yang baru kita kenal akan membuat kamu terlihat diskriminatif.

Jangan sekali- kali menanyakan kesibukan saat berada di negeri Kincir Angin
via: thelily.com

 

Memang sih beberapa point terdengar aneh. Kita mungkin berpikir ‘ya elahhh.. gitu aja’. Tapi balik lagi, setiap negara punya tradisi dan budaya yang berbeda- beda. Kalau kebetulan kita main di negara- negara di atas, wajib hukumnya untuk mengikuti peraturan dan tata kesopanan yang ada di negara tersebut. Setuju??

 

Sumber: Viral Section

Komentar

komentar