10 Cara Ampuh untuk Menaklukkan Dosen Killer

dosen killer bisa ditaklukan asal tau caranya

dosen killer,dosen galak,kuliah,guru

Dosen juga manusia biasa. Adanya beliau ini tidak sesuai dengan gaya kita atau mungkin memiliki karakter yang agak nyentrik dan unik. Yang paling serem tentunya kalau kamu harus bertemu dengan guru yang terkenal dengan label killer alias galak. Kalau seorang dosen sudah mendapatkan gelar kehormatan itu, biasanya banyak mahasiswa akan menjadi super was was kalau harus berhadapan dengan beliau ini. Kalau tidak, alamat bisa berlama- lama di kampus nanti alias nggak lulus –ini yang kategori parah.

Dosen sekiller apa pun, jika mahasiswa pintar menyiasatinya sebenarnya bisa luluh juga kok. Jika kamu berhasil melakukan ini, wah.. ini bisa menjadi kabar baik. Biar bagaimanapun, menjalin hubungan baik dengan #dosen pengajar itu penting. Bukan hanya membuat kita bersemangat dan nyaman di kelas, tapi juga bisa mempermudah langkah kita selama masa kuliah. Tapi, bisakah? Bisa banget!

Dosen Killer itu Bisa Ditaklukkan Lhoo…

Main pintar disini bukan akal- akalan ya, tapi benar- benar melakukan upaya positif untuk menjalin komunikasi dengan beliau- beliau ini. Pernah mendengar istilah tak kenal maka tak sayang? Nah kurang lebih seperti ini. Asal kita mau melakukan pendekatan, intropeksi diri dan menghormati, maka mendekati dosen killer ini bukan lah hal yang mustahil. Coba deh ikuti resep yang dibagi Geet & Aditya kali ini :

1. Selalu Berangkat Tepat Waktu
Beberapa dosen killer ini biasanya cukup strict soal urusan masuk ke kelas. Beliau cenderung tidak memberikan toleransi sedikit pun untuk mahasiswa yang datang telat. Apa pun alasannya, dosen ini tetap tidak menerimanya. Tidak peduli juga berapa menit kamu terlambat. Yang pasti, sekali telat, tetap telat.

Baca Ini Juga Ya :   Ini 12 Besar Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia 2016, Kampusmu Adakah??

Sebagai mahasiswa pun kita juga harus tahu diri, namanya kuliah kan memang sudah ada jadwal yang telah disepakati, jadi ya kita harus bisa disiplin dan mematuhinya semaksimal mungkin. Terlepas dari dosen itu killer atau toleransi, usahakan untuk selalu datang sebelum jam kelas dimulai. Dengan begini, kuliah pun akan terasa aman dan nyaman.

2. Selalu Ramah dan Sopan pada Dosen
Tidak perlu malu atau takut untuk menegur dosen yang kamu anggap killer. Seringkali, kita merasa dosen tersebut killer karena kurang berkomunikasi dengan beliau saja. Selain itu, mungkin kita juga sering mendengar cerita horor dari kakak kelas tentang beliau. Padahal, dimana- mana kalau belum kenal pasti ada yang kurang sreg. Daripada kita menduga- duga dengan pikiran negatif, sesekali tegur dan ajak ngobrol beliau tentang topik yang lagi happening atau tentang tugas yang diberikan di kelas. Jangan lupa untuk banyak tersenyum ke beliau juga ya 🙂

3. Jangan Pernah Menggurui
Saking semangatnya kamu, kadang tidak sadar terlalu over PD, sampai- sampai seolah menggurui dosen yang merupakan  walimu di kampus, “Kok gitu sih, Pak? Yang ini tuh harusnya begini… begini… begini…”

Tidak ada yang salah dengan mengoreksi kekeliruan. Tapi menggurui seorang dosen tentu bukan hal yang bisa diterima dari norma kesopanan. Sampaikan lah pendapatmu setelah dosen menyelesaikan penjelasannya. Angkat tangan dan ungkapkan pendapatmu dalam ringkasan bahasa yang sopan. Dengan begitu dosenmu justru bisa merasa salut terhadapmu.

4. Mengkritik di Depan Umum Bisa Membuat Dosen Naik Darah
Bukan berarti beliau itu anti-kritik, bukan.. tapi kritik yang tepat harus disampaikan juga di moment yang tepat. Mahasiswa yang kritis pun bagus, tapi ingat hobi mengkritik itu juga harus pas. Mengkritik dosen killer di depan umum itu sama saja bunuh diri. Jika beliau merasa tersinggung, bisa saja nilaimu ikut- ikutan terpengaruh. Sebisa mungkin, jika ada kritik yang ingin disampaikan, kritiklah secara pribadi dengan menemuinya langsung atau berkomunikasi via telepon. Hal itu akan membuat dosenmu merasa lebih dihargai.

Baca Ini Juga Ya :   16 Jurusan ini Punya Gaji Pertama Paling Tinggi di Dunia

5. Rajin Berangkat ke Kampus
Dari diri sendiri juga jangan jadi mahasiswa yang pemalas ya. Jangan dosen killermu, orang tua pun pasti kesel setengah mati kalau kamu malas berangkat kuliah. Dan salah satu kebiasaan dosen killer ini adalah mereka suka mengingat mahasiswa- mahasiswa yang jarang berangkat di mata kuliahnya. Di lain kesempatan, kamu akan disuruh maju dan ditanyai habis- habisan. Kamu bisa saja disuruh ngajar di depan kelas, berdiri di depan kelas atau malah berdiri di lapangan, hehehe.. Kamu sih merasa udah pintar!

6. Selalu Selesaikan Tugas dari Dosen dengan Baik
Cobalah untuk selalu menyelesaikan tugas dari dosen dengan baik. Jangan sampai teman- temanmu sudah mengumpulkan semua tugas tapi kamunya masih melempem. Padahal, tugas adalah salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh seorang #mahasiswa. Pastikan juga kamu jangan cuma copy paste punya teman ya, karena kalau ketahuan, efeknya bisa panjang nanti, hehehe…

7. Aktif di Kelas
Aktif di kelas bisa membuat dosenmu merasa terkesan. Bila yang terkesan padamu ini adalah dosen yang dikenal killer, biasanya sikapnya akan cenderung berubah menjadi lembut padamu. Jadi kalau sewaktu- waktu dosen melempat pertanyaan ke kelas, coba lah untuk menjadi salah satu yang suka untuk mengangkat tangan dan memberikan jawaban. Pada awalnya mungkin kamu nervous dan berkata secara terbata- bata, tapi lambat laun, kamu pasti akan terbiasa.

Baca Ini Juga Ya :   Tak Pernah Sekolah Formal, Izzan Lulus SBMPTN ITB di Usia 14 Tahun

8. Penting Banget: Jangan Tidur di Kelas
Ngantuk ini manusiawi, tapi jangan di kelas juga kali. Sekali kamu tertidur di kelas, dosen killer akan selalu mengingat namamu. Kamu bisa menjadi salah satu tokoh utama yang akan terus diperhatikan sepanjang semester. Pasti nggak mau kan seperti ini? Maka dari itu, hindarilah rasa ngantuk di kelas dengan manajemen waktu yang lebih baik lagi. Siap??

9. Jangan Ngobrol di Kelas
Dosen sedang semangat- semangatnya mengajar di kelas, eh kamu malah asyik nggosipin kakak kelas yang ganteng, dosen mana coba yang nggak kesel?? Nah, daripada kena masalah, sebaiknya simpan dulu obrolanmu untuk lain waktu. Ada banyak waktu untuk ngobrol, tapi nggak di jam kuliah juga. Pastikan juga kamu nggak sedang sibuk dengan ponsel pintarmu ya.

10. Santai Saja
Seringkali kamu men-cap dosen tertentu killer hanya karena mendengar cerita dari kakak kelas. Padahal bisa jadi dosen tersebut sebenarnya baik dan biasa saja. Maka dari itu, sebaiknya dari awal kamu mencoba santai dalam menghadapi dosenmu. Memperlakukan dosenmu sebagai dosen killer justru membuatmu gugup dan secara tidak sadar sering melakukan tindakan konyol hanya karena berusaha untuk menghindari kemarahannya. Chill, bro!

Kesimpulannya, dosen yang benar- benar killer itu sebenarny tidak pernah ada.. selama kita berusaha yang terbaik untuk menjadi mahasiswa seperti yang seharusnya. Kalau kita disiplin dan menghargai dosen kita sebagai pengajar di dalam kelas, pasti deh masa kuliahmu menjadi seru dan lebih nyaman. Setuju??

 

 

 

 

Komentar

komentar