Tidak Perlu Cemburu, Ini Sebaiknya Cara Suami Bersikap Saat Penghasilan Istri Lebih Besar

Tidak peduli gaji siapa yang lebih besar, suami istri punya tujuan yang sama dalam rumah tangga

Pasangan suami istri

Di era modern, bukan hal yang aneh lagi melihat banyak wanita bekerja. Bukan untuk menyaingi pria, kehadiran wanita bekerja justru seringkali untuk membantu pasangannya dalam menopang kebutuhan rumah tangga. Dengan suami istri bekerja, kebutuhan finansial keluarga pun dirasa menjadi lebih seimbang.

Yang unik, karena sama- sama bekerja, tidak jarang banyak kaum wanita yang mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari yang pasangannya dapatkan. Lambat laun fenomena ini pun dianggap wajar di tengah- tengah masyarakat.

Sayangnya, kondisi seperti ini tidak jarang juga memicu adanya pertengkaran di dalam rumah tangga. Terutama melekatnya stereotype di kalangan masyarakat dimana kaum pria digadang- gadang sebagai pemimpin rumah tangga dan pencari nafkah utama. Tentu saja perbedaan penghasilan ini bisa membuat hubungan di dalam rumah tangga menjadi penuh kecemburuan dan berkurang keharmonisannya.

 

Menyikap Istri yang Berpenghasilan Lebih Besar Dibandingkan Suami

Gaji istri yang lebih besar dari suami tidak seharusnya menjadi polemik dalam berumahtangga. Keduabelah pihak perlu menyadari bahwa mereka mempunyai tujuan yang sama, yaitu bekerja untuk kebutuhan dan masa depan keluarga. Suami tak perlu berkecil hati, dan istri tak perlu jumawa.

Baca Ini Juga Ya :   Satu- satunya Pembuktian dari Cinta adalah Pernikahan, Bukan Pacaran. Setuju?

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membantu suami bersikap saat sang istri mendapatkan gaji yang lebih besar :

1. Jangan Merasa Rendah Diri
pasangan,suami istri,tidak bahagia
Sebagai pemimpin keluarga, tidak perlu merasa rendah diri saat penghasilan lebih kecil dari istri. Justru sebaliknya, bergembiralah karena sang istri mempunyai karir yang menggembirakan. Dari sudut pandang finansial keluarga, tidak masalah gaji siapa yang lebih tinggi. Keduanya sama- sama mempunyai kontribusi yang penting untuk masa depan keluarga.

 

2. Buang Stereotype Kalau Wanita Tidak Boleh Bekerja

bekerja,dating,cuople,kantor,jodoh
Ilustrasi Gambar: PackPoll

Kita hidup di era dimana kamu wanita sangat mungkin menikmati pekerjaan yang diinginkannya seperti kaum laki- laki. Banyak wanita yang menempuh Pendidikan tinggi demi karir dan keluarganya. Mereka bukan melakukannya demi ego semata, tapi benar- benar untuk membantu keuangan keluarga.

Jadi, buang lah stereotype lama dimana wanita hanya duduk diam di rumah dan menunggu jatah bulanan dari suami. Jika memang istri punya niat tulus untuk membantu keuangan keluarga dengan bekerja, mengapa tidak?

 

3. Pentingnya Sikap Saling Menghormati Dalam Keluarga

Baca Ini Juga Ya :   Mantanmu Tiba- Tiba Bertingkah Kayak Gini? Itu Tandanya Dia Lagi Kangen Sama Kamu!
destinasi wisata,bulan madu,wisata romantis.cinta,pasangan,love,heart
Ilustrasi Gambar: Pixabay

Membangun komunikasi yang baik dan sikap saling menghormati sangat penting untuk keharmonisan keluarga. Sebagai suami, tidak ada salahnya untuk mendukung karir istri dan mendukung kegiatan- kegiatan positif yang istri lakukan. Buat lah istri merasa kerja kerjasnya mendatkan apreasiasi dari pasangan.

 

4. Selalu Jujur soal Keuangan

Pasangan cowok cewek
Keterbukaan adalah hal yang penting dalam keluarga. Tidak jarang pasangna cek cok hanya karena satu sama lain tidak jujur terhadap penghasilan masing- masing. Maka dari itu, tanam kan lah keterbukaan terhadap pasangan, termasuk dalam hal keuangan. Tidak perlu minder saat istri tahu kalau penghasilan suami lebih kecil.

 

5. Saling Memahami Tanggung Jawab Masing- masing

bekerja,komputer,laptop,karir
Ilustrasi Gambar: Freepik

Masing- masing pihak harus memahami tanggung jawab masing- masing dalam keluarga. Meskipun gaji istri lebih besar, suami tetap mempunyai peranan sebagai pemimpin keluarga. Gaji yang besar tidak menjadi istri semena- mena terhadap suami, dan begitu juga sebaliknya.

 

6. Keputusan Rumah Tangga Diambil Bersama- sama

pasangan,couple,bergandengan tangan,nyaman
Ilustrasi Gambar: Pixabay

Jangan merasa ciut untuk mengambil keputusan rumah tangga hanya karena mempunyai penghasilan yang lebih kecil dibandingkan dengan istri. Sebaliknya, dari awal, selalu ajak istri untuk berdiskusi bersama- sama untuk setiap keputusan rumah tangga. Hal ini akan membantu keduabelah pihak untuk terbiasa mencari jalan keluar terbaik tanpa ada yang merasa jumawa dan berkecil hati.

Baca Ini Juga Ya :   Nggak Perlu Galau, Untuk Perempuan, Menikah di Usia 30 an itu Jauh Lebih Baik

 

7. Buat Kesepakatan untuk Alokasi Keuangan
Pasangan cowok cewek
Sudah bukan jamannya membuat salah satu pihak dalam rumah tangga merasa tertekan karena menanggung semua biaya rumah tangga. Coba lah untuk membuat alokasi keuangan yang baik dari penggabungan gaji suami dan istri. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyisihkan penghasilan untuk tabungan dan investasi keluarga. Pembagian keuangan yang baik, terbuka, dan transparan akan membantu keluarga untuk saling percaya satu sama lain dan mempunyai anggaran finansial yang baik.

 

Persoalan Pengaturan Keuangan adalah Hal Wajar Dalam Rumah Tangga

Keuangan dalam rumah tangga adalah hal yang memang lumrah terjadi. Selalu ada jalan keluar saat suami dan istri punya itikad baik untuk saling membantu dan mendukung satu sama lain. Daripada cek cok karena masalah gaji, bukankah lebih baik mengaturnya secara efisien untuk kepentingan keluarga?

 

Komentar

komentar