Hati- hati, Cium Bayi Sembarangan Ternyata Bisa Tularkan Penyakit Berbahaya Ini

Lebih baik mencegah daripada mengobati, betul??

Mencium bayi bisa tularkan penyakit berbahaya

Siapa sih yang gemas melihat bayi? Melihat sosoknya yang mungil dan lucu, rasanya hampir setiap orang gemas ingin menggendongnya dan menciumnya. Kira- kira, kamu termasuk orang yang suka banget ngelakuin ini nggak sih?

Eitsss… tunggu dulu. Jika memang selama ini kamu serng melakukan hal ini, sebaiknya mulai sekarang belajar lah untuk menahan diri. Memang sih kesannya sepele banget, tapi hal ini ternyata bisa berakibat fatal untuk si dedek bayi. Bayi yang mungil ini mempunyai daya tahan tubuh yang masih rendah sehingga ia sangat gampang tertular virus dan kuman yang ditularkan saat orang- orang menciumnya.

[ Baca Ini Juga Ya : Kamu Wajib Tahu, Buah Kersen yang Nggak Dianggap Ini Ternyata Banyak Manfaatnya Lho! ]

Kalau kamu berada di posisi sebagai orang tua, kamu berhak lho untuk menegur siapapun yang mencoba menciumi bayimu, baik itu keluarga, kerabat atau sahabat dekat sekalipun. Memang sih kadang ada perasaan sungkan, tapi lebih baik hal ini dilakukan untuk mencegah hal- hal yang tidak kamu inginkan, bukan? Biar bagaimanapun, mencegah itu lebih baik daripada mengobatai. Setuju??

Biar kamu lebih tahu, Geet & Aditya juga sudah merangkum deretan jenis penyakit yang bisa ditularkan kepada bayi lewat ciuman. Yuk dibaca dulu biar kamu juga lebih waspada!

#1 Batuk Rejan atau Pertusis
Batuk rejan adalah infeksi bakteri paru- paru yang gampang menular, terutama pada anak- anak. Media penularan paling sering adalah lewat udara dan ciuman. Jenis batu rejan ini dikenal sangat berbahaya dan bahkan mematikan jika diderita oleh bayi yang baru lahir karena daya tahan tubuhnya sangat rendah.

#2 Diare

Diare juga dikenal sebagai penyakit berbahaya untuk untuk bayi. Di saat asupan nutrisinya harusnya menjadi perhatian utama, energinya akan dikuras habis karena diare. Mulai dari sakit perut, lemas buang air berkali- kali, hingga kulit pantatnya yang lecet akibat dibersihkan secara terus menerus. Di saat diare seperti ini, bayi akan semakin cepat dehidrasi karena kehilangan banyak cairan. Meskipun kasihan, seorang ibu harus tega membiarkan si mungil ini ditusuk selang infus untuk masa penyembuhan.

[ Baca Ini Juga Ya : Minum Kopi di Pagi Hari Cukup 30 Menit, Tapi Manfaatnya Luar Biasa! ]

#3 Sistem Imun Menjadi Semakin Lemah
Dibawah usia tiga bulan, bayi memiliki sistem imun yang belum terbentu secara sempurna. Disini meskipun suplai ASI dari ibu membantu si kecil untuk memperkuat daya tahan tubuhnya, namun kenyataannya ia masih cenderung rentan terkena berbagai virus.  Berbagai virus seperti flu, batuk, pilek dan demam yang dibawa orang dewasa dapat dengan menular pada buah hati lewat ciuman.

Maka dari itu, jika kita merasa kurang sehat, sebaiknya kita menghindari niat untuk mengunjungi sang bayi. Jangan lupa juga untuk selalu cuci tangan terlebih dahulu sebelum berinteraksi dengan bayi ya.

#4 Gigi Berlubang
Para dokter gigi memperingatkan bahwa air liur yang tersisa dari ciuman orang lain dapat mambawa bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Saat mencium bayi, orang dewasa bisa saja menularkan kuman streptococcus yang menyebabkan terbentuknya lubang padagigi si kecil. Dan ternyata hal yang sama juga berlaku saat orang tua berbagi makanan dengan si kecil lho.

#5 Kanker
Tidak sedikit make up yang terbuat dari bahan kimia yang memiliki dampak kurang baik untuk kesehatan, seperti mengandung pewarna buatan, formaldehida dan juga paraben. Sayangnya, tidak sedikit orang dewasa yang memiliki kesadaran untuk memilih kosmetik sehat. Banyak perempuan yang menciumi bayi saat masih menggunakan lipstick atau make up lainnya. Padahal, kosmetik yang menempel dan tersisa pada kulit bayi ini bisa menimbulkan virus berbahaya, termasuk kanker.

#6 RSV (Respiratory Syncytial Virus)
Dalam istilah umum, RSV lebih dikenal dengan istilah infeksi paru- paru dan saluran pernafasan. Penyakit ini berbahaya karena bisa menyebabkan kesulitan bernafas dan mempengaruhi paru- paru. Jika RSV ini diderita oleh bayi, maka bisa berkembang menjadi pneumonia yang dapat mengancam nyawanya. Nahhh… satu alasan penting lagi nih kenapa orang tua sebaiknya ekstra hati- hati menjaga bayi mereka dari orang yang suka mencium sembarangan.

[ Baca Ini Juga ya : 5 Jenis Makanan Ibu Hamil Ini Ampuh Membuat Bayi Terlahir Putih Bersih dan Cerdas ]

#7 Herpes
Beberapa waktu lalu sempat heboh kasus meninggalnya bayi bernama Mariana akibat terkena virus Herpes. Ternyata bayi mungil ini tertular virus herpes dari ciuman yang didaratkan oleh salah satu kerabat atau teman yang mengunjunginya. Beberapa saat setelah terkena virus ini Mariana mengalami gejala kejang dan demam. Malangnya, malaikat kecil ini hanya mampu bertahan hidup selama 12 hari setelah mendapatkan perawatan intensif -.- .

Jadi, yakin masih mau sembarangan mengijinkan orang untuk mencium bayi? Mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi penting banget ya untuk para ibu selalu berhati- hati. Lebih baik kita menegur dengan sopan kepada mereka yang mencium buah hati sembarangan daripada nanti kita menyesal kemudian.

Komentar

komentar