Demi Ritual Aneh, Orang- Orang ini Rela Melumuri Anaknya dengan Kotoran Sapi

ritual aneh ini untuk melindungi anak dari sial dan penyakit

kotoran sapi,india,tradisi,budaya

Bagi kita mungkin ini aneh dan jorok, tapi untuk sebagaian masyarakat India ini, ritual yang sudah turun- temurun dilakukan ini adalah tradisi yang wajib dilakukan agar anak- anak mereka mendapatkan keberuntungan. Hmmm…. Aneh ya??

Dalam ritual ini, balita dan anak- anak kecil akan dicelupkan ke dalam kubangan kotoran sapi yang sudah ditumpuk menjadi satu. Para orang tua akan melumuri tubuh anak mereka dengan tumpukan kotoran tersebut yang diyakini dapat membawa keberuntungan untuk anak mereka.

[ Baca Ini Juga Ya : Menyapu di Malam Hari Bikin Rezeki Seret, Bener Nggak Sih Mitos Ini? ]

Dalam sebuah reportasi oleh media lokal, tampak anak- anak kecil yang didudukkan oleh orang tua mereka di atas gundukan kotoran sapi. Para ibu- ibu akan berdiri mengelilingi mereka untuk memastikan bocah- bocah yang diharuskan ikut tradisi tersebut tidak melarikan diri. Warga desa India ini percaya bahwa tradisi yang mereka lakukan selama berabad- abad ini dapat membawa manfaat yang baik untuk anak mereka, seperti keberuntungan dan kesehatan.

Tradisi ini yang ‘unik’ ini tentu tidak sepenuhnya disenangi oleh anak- anak. Di setiap ritual selalu dipenuhi dengan teriakan, tangis dan suara marah anak- anak karena mereka tidak suka berada di atas tumpukan yang kotor dan bau itu. Berkali- kali mereka berusaha untuk kabur, namun berkali- kali juga orang tua mereka memaksa untuk mereka terlibat kembali dalam ritual tersebut.

[ Baca Ini Juga Ya : Dikira Produk Luar Negeri, Padahal 8 Brand Ini Asli Indonesia Lho ]

Ritual ini sendiri merupakan tradisi darii warga Betul, Madhya Pradesh di India yang dirayakan sehari setelah Hari Raya Diwali, yang diadakan setiap tahun. Di India, Hari Diwali berarti festival cahaya yang merupakan festival Hindu terbesar di negeri Taj Mahal ini.

Dokter setempat di desa ini memang sudah menyuarakan keprihatian mereka terhadap praktik ritual ini yang dinilai berbahaya untuk kesehatan anak- anak. Sayangnya, warga setempat tetap mengagungkan ritual ini karena faktor kebudayaan dan agama. Mereka takut anak mereka akan tertimpa sial dan terkena penyakit jika melewatkan tradisi ini.

“Bakteri dalam kotoran sapi berbahaya bagi kulit anak yang sensitif. Kalau mereka memiliki cedera atau luka terbuka, sebaiknya tidak melakukan hal tersebut,” UCAP Dr Mangilal Rathore, ahli bedah umum di Rumah Sakit Pooja di Betul, seperti dikutip dari Asia Press, Kamis (03/11/2016).

[ Baca Ini Juga Ya : Hebat! Tukang Las Indonesia Dianggap yang Terbaik dan Paling Dicari di Dunia ]

Di dalam agama Hindu sendiri, sapi memang dikenal sebagai binatang yang suci. Para pemuka agama Hindu sendiri sering menggunakan urin dan kotoran sapi karena dinilai memiliki unsur mengobati. Di negara bagian tertentu di India, pembantaian sapi bisa mendapatkan kecaman keras dari masyarakat setempat.

 

 

Komentar

komentar