Dipasung Selama 50 tahun, Gajah ini Menangis Saat Dibebaskan

Raju ditangkap dan dipasung oleh pemiliknya selama lebih dari 50 tahun

gajah,raju,dipasung,india

Namanya Raju. Ia adalah seekor gajah yang telah menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk hidup dalam siksaan dan pukulan. Bukan cukup satu tahun atau lima tahun, gajah ini mengalami penyiksaan yang mengerikan selama 50 tahun dalam keadaan kaki terpasung seumur hidupnya. Ketika ia dibebaskan oleh Wildlife SOS, gajah ini merasakan moment yang mengharukan. Ia bahkan terlihat sangat terharu dan menangis.

Wildlife SOS itu sendiri adalah sebuah badan amal yang berbasis di kota London Utara. Dalam aksi penyelamatan ini, Wildlife SOS mengirimkan satu tim untuk membantu gajah ini lepas dari jerat pasung. Tim yang dikirim untuk menyelamatkan Raju mengatakan bahwa ia tampak menitikkan air mata saat dibebaskan. Tubuh Raju terlihat sangat kurus dan penuh dengan luka, terutama di area kaki.

Dari cerita penyelamatan ini diketahui bahwa Raju ditangkap dan dipasung oleh pemiliknya, dan dibiarkan hidup hanya dari belas kasihan para wisatawan yang kebetulan lewat. Namun kini penderitaan gajah ini sudah berakhir. Berkat kerja tim yang hebat, Raju berhasil dibebaskan oleh 10 ahli satwa liar dari Wildlife SOS bersama dengan 20 petugas departemen kehutanan dan enam polisi India yang berusaha merebut Raju dari sang pemilik kejam di wilayah Uttar Pradesh di India.

[ Artikel Terkait: Video Lucu : Koala ini Menangis Tersedu- sedu Karena Kalah Berkelahi ]

Juru bicara Wildlife SOS, Pooja Binepal, menyebutkan bahwa moment penyelamatan gajah malang ini adalah moment yang sangat emosional baginya dan bagi timnya.

“Raju telah menghabiskan hidupnya selama 50 tahun terakhir dalam keadaan terpasung selama 24 jam sehari. Tindakan ini sangat kejam. Dia bahkan hanya bisa bertahan hidup dari koin yang diberikan oleh orang-orang yang melewatinya,” ungkap Pooja seperti dilansir dari Daily Mail.

Penderitaan Raju memang sangat besar. Si pemilik yang menangkapnya bahwa memasungnya dengan rantai paku yang dapat merobek dagingnya ketika bergerak. Kondisi ini lah yang membuat Raju merasa sangat menderita. Ia hanya bisa duduk sambil menahan rasa sakit di kakinya saja.

“Tim kami terkejut ketika melihat air mata menetes di wajahnya (Raju) selama misi penyelamatan itu berlangsung. Itu begitu sangat emosional bagi kami semua. Kami tahu dalam hatinya, Raju sadar bahwa dia sedang dibebaskan,” ungkap Dr Yaduraj Khadpekar, yang merupakan dokter hewan di Wildlife SOS.

Misi penyelamatan ini sendiri tidak lah instant. Tim penyelamat membutuhkan waktu setidaknya waktu satu tahun dengan didukung oleh Department Kehutanan Uttar Pradesh di India. Proses penyitaan ini dilakukan melalui proses hukuum karena sang pemiliki ini ternyata tidak memiliki dokumen kepemilikan gajah.

Setelah berhasil diselamatkan, Raju dibawa dengan truk ke wilayah Konservasi dan Pusat Perawatan Gajah di Mathura. Upaya selanjutnya, Wildlife SOS juga telah meluncurkan kampanya untuk meningkatkan sumbangan untuk Raju, yang dapat digunakan untuk memulai hidup barunya. Setelah itu, Raju akan dibawa untuk bertemu dengan dua gajah lainnya, Rajesh dan Bhola, yang juga mengalami nasib serupa.

gajah,raju,india,wildlife SOS
Ilustrasi Gambar: Press People

[ Artikel Terkait: Ini Dia Alasan Ilmiah Kenapa Panda Makan Bambu ]

Setelah penyelamatan ini, Raju akan memperoleh perawatan medis intensif untuk luka- luka yang dialaminya serta kesempatan untuk mandi dan makan secara teratur. Pooja memastikan bahwa gajah ini akan mendapatkan proses rehabilitasi yang panjang dan timnya akan dengan sabar merawat Raju dan memastikan gajah malang ini tahu bahwa tidak semua akan berlaku jahat kepadanya.

Komentar

komentar