Diremehkan dan Dianggap Tak Punya Potensi oleh Guru Sendiri, Prestasi Bocah Autis Ini Bikin Takjub

Keterbatasan bukan halangan untuk membuat seseorang meraih prestasinya, setuju??

Delwin Cheah, bocah autis dengan karya yang bikin takjub

Banyak orang punya pandangan yang berbeda tentang anak autis meski pada dasarnya mereka nggak jauh berbeda dengan anak normal. Tumbuh sebagai anak dengan kebutuhan khusus, mereka memiliki potensi dan keistimewaan tersendiri. Sayangnya, nggak sedikit masyarakat yang memandanga anak autis ini sebagai sosok yang kekurangan sehingga kerap diremehkan kualitas dan kemampuannya.

Kenyataan pahit ini juga pernah dialami oleh Delwin Cheah. Delwin yang berusia 14 tahun ini pernah diremehkan oleh guru seninya sendiri dengan memberinya label sebagai “seniman yang buruk”. Bahkan sang guru dengan kejamnya menyatakan kalau Delwin nggak punya potensi apapun hanya karena dia seorang penyandang autis.

[ Baca Ini Juga Ya : Hebat! Ditolak 11 Kali di Indonesia, Siswa asal Yogya ini Malah Diundang Google ]

Penghinaan ini tidak membuat Delwin berkecil hati. Ia bahkan justru dinobatkan sebagai seniman autisme pertama di Malaysia yang karyanya patut diperhitungkan. Yang lebih hebat lagi, sosoknya juga mendapatkan surat pengakuan dari Queen Elizabeth dan Barrack Obama sebagai apresiasi atas bakatnya ini.

Kisah Perjalanan Delwin Cheah

Lantas bagaimana perjalanan Delwin hingga bisa “membalas” guru yang telah meremehkannya itu? Simak kisahnya berikut ini :
Sejak usianya menginjak lima tahun, Delwin Cheah Wien Loong didiagnosis menderita sindrom Asperger’s yang merupakan salah satu bentuk autisme. Hal ini membuat Delwin sulit bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain.

Sejak usianya menginjak lima tahun, Delwin Cheah Wien Loong didiagnosis menderita sindrom Asperger’s

Delwin tidak bisa berbicara pada orang lain hingga ia berusia 8 tahun. Hal ini tak membuat sang ayah, Lawrence Cheah, berkecil hati. Ia justru melihat sebuah bakat lain yang ada dalam diri putranya. Sang ayah mengamati putranya yang senang menghabiskan waktu berjam- jam untuk menggambar.  Bersama sang istri, ia pun memutuskan untuk memasukkan Delwin ke kelas seni.

[ Baca Ini Juga Ya : Tak Pernah Sekolah Formal, Izzan Lulus SBMPTN ITB di Usia 14 Tahun ]

Meskipun melihat jiwa seni Delwin, namun kedua orangtuanya tidak terlalu berharap kalau seni bisa merubah hidup Delwin. Apalagi gurunya sendiri meremehkannya di hari pertama ia masuk seni. Dengan kejam guru nya justru menyebut Delwin sebagai orang yang tak punya potensi di dunia seni. Mendengar itu, Lawrence marah karena sang guru sama sekali tidak memberi kesempatan yang adil untuk putranya.

Hasil karya Delwin Cheah yang menakjubkan

Sang ayah pun akhirnya mencarikan guru seni yang baru untuknya. Dari sinilah bakat Delwin perlahan- lahan mulai terlihat. Ia mulai menghasilkan karya- karya yang diperhitungkan oleh banyak orang. Bahkan salah satu seniman kawakan Malaysia, Teng Yin Teik, ikut mengapresiasi lukisan Delwin dengan menyebut lukisannya sangat hidup dan seperti mempunyai jiwa.

Delwin akhirnya menggelar pameran tunggal pertamanya di tahun 2013

Bukan hanya Teng Yin Teik, Delwin pun berhasil bertemu dengan founder One East Museum, Ch’ng Huck Theng. Dengan bantuannya, Delwin akhirnya menggelar pameran tunggal pertamanya di tahun 2013. Namanya lalu masuk ke dalam Malaysia Book of Records sebagai sosok seniman termuda yang menggelar pameran dengan lebih dari 70 buah karya lukisan.

Semangat pantang menyerah Delwin berhasil memupus stigma yang menyatakan anak autis ditak bisa apa- apa. Queen Elizabeth dan Barrack Obama pun mengacungi jempol atas keberanian Delwin dalam terus- terusan mengejar mimpinya di tengah keterbatasan. Menurut mereka, Delwin adalah contoh luar biasa bagi anak muda seusianya.

Queen Elizabeth dan Barrack Obama pun mengapresiasi hasil karyanya

Sejak bakatnya semakin popular, Delwin semakin berani berinteraksi dengan banyak orang. Ia bahkan juga berteman dengan selebriti ternama Michelle Yeoh sejak pertemuan mereka di tahun 2015.

Delwin Cheah pun mendapatkan apresiasi dari Michelle Yeoh

Lukisan Delwin Cheah di beranda Michelle Yeoh

[ Baca Ini Juga Ya : 21 Gambar ilustrasi ini menggambarkan keadaan dunia saat ini, bisakah kamu mengartikannya satu per satu? ]

Kedepannya nanti, Delwin juga nggak akan membatasi dirinya hanya untuk karya seni berupa gambar atau lukisan saja. Dia akan mencoba karya seni lainnya seperti seni patung.

Prestasi mengagumkan lainnya, karya Delwin juga digunakan sebagai backdrop untuk acara TV populer “Chef Nic” yang dipandu oleh Nicholas Tse.

Delwin Cheah di acara Chef Nic bersama Nicholas Tse

Bagaimana menurutmu? Keren ya? Delwin adalah salah satu pengingat buat kita kalau yang namanya keterbatasan itu pada dasarnya nggak benar- benar ada. Selama kita mau berusaha, keterbatasan yang kita miliki ini bisa kita libas dengan kerja keras, ketekunan, dan kreatifitas.

Hasil karya Delwin Cheah makin dikenal

Masih suka mengeluh sama masalah yang kamu miliki? Belajarlah dari Delwin  Cheah. Ubah masalah mu menjadi hal keren yang membuat orang lain takjub. Berkaryalah, karena mengeluh nggak bikin kamu keluar dari masalah.

[ Baca Ini Juga Ya : 10 Potret Perjuangan Abang Ojek Online ini Bikin Kamu Stop Keluhkan Hidup ]

Komentar

komentar