Ditanya Gaji saat Wawancara Kerja, Jawaban Seperti Apa yang Sebenarnya Ideal?

Pertanyaan soal gaji ini paling suka bikin galau

Ditanya soal gaji saat wawancara kerja, jawabannya apa?

Wawancara kerja sering menjadi moment yang mendebarkan untuk banyak pencari kerja. Wajar sih, buat banyak orang, wawancara ini rasanya seperti kayak ujian akhir atau sidang skripsi. Bawaannya harap- harap cemas dan grogi terus- terusan. Pernah mengalami ini?

Dalam wawancara ini, gaji sih biasanya menjadi salah satu topik yang sering ditanyakan. Seperti dikutip dari CNBC, penulis buku Suzy Welch, menyebut kalau pertanyaan ini sering membuat orang tidak nyaman.

Welch menyatakan kalau cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan sejujurnya. Mungkin ada beberapa perusahaan yang hanya meminta calon pekerjanya dengan membeberkan kisaran, sehingga kita tidak perlu menyebutkan angka sebenarnya.

Baca Ini Juga Ya :   Nggak Melulu Soal Angka, Ini Dia Tips Untuk Menjalani Usia mu Dengan Lebih Bijaksana

Welch sih mengakui kalau menyebutkan jumlah gaji ini cukup beresiko. Maka dari itu, penting untuk mengetahui dua hal sebelum menanggapi pertanyaan seputar gaji saat wawancara kerja ini.

Yang pertama, calon pekerja wajib tahu nilai pasar mereka.
“Cerdaslah dan lakukan riset. Temukan besaran gaji untuk posisi itu dan ketahui seberapa bernilai keahlian Anda dalam pasar tenaga kerja,” ungkap Welch.

Jika calon pekerja ternyata menemukan diri mereka digaji terlalu rendah, ini bisa jadi karena merekasudah bekerja terlalu lama di sebuah perusahaan, atau memang direkrut perusahaan dengan gaji rendah.

Yang kedua, cobalah untuk menjelaskan gaji saat ini secara spesifik. Calon pekerja bisa membandingkan gaji mereka untuk pekerjaan yang sama. Dengan cara ini, calon pekerja bisa menunjukkan kalau diri mereka mempunyai integritas.

Baca Ini Juga Ya :   7 Alasan Penting Kenapa Wanita Harus Punya Penghasilan Sendiri Setelah Menikah

” Gaji saya X, bonus saya biasanya Y, dengan demikian total penghasilan saya hanya Z,” kata Welch memberi contoh.

Gimana dengan kamu? Pengalaman pas wawancara kerja, gimana sih jawaban kamu saat ditanya soal gaji?

Komentar

komentar