Hebat! Gadis Kecil Penjual Kartu Pos di Bali Kuasai 23 Bahasa

Rista sudah mengenal bahasa asing sejak usia lima tahun

Rista, gadis kecil menguasai 23 bahasa

Seorang gadis kecil yang tengah duduk di bangku kelas IV SD mendadak namanya terkenal. Perempuan yang bernama Ni Putu Rista ini menjadi topik pembicaraan di medsos lantaran keahliannya dalam menguasai banyak bahasa asing.

Gadis kecil asal Banjar Kidulung Kreteg, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem ini bisa berbicara dalam 21 bahasa asing berbeda. Yang lebih keren lagi, Rista ternyata nggak hanya terkenal di lingkup nasional saja, tapi juga dikenal banyak wisatawan luar.

[ Baca Ini Juga Ya : Bocah dari Aceh Sulap Pohon Kedondong Menjadi Sumber Listrik dengan Cara Ajaib ]

Sehari- hari, Rista mempunyai kegiatan menjual kartu pos. Saat menawarkan kartu pos nya, Rista menggunakan bahasa sesuai asal negara wisatawan tersebut. Menurut pengakuannya sih, wisatawan yang ditawari kartu pos pun banyak yang heran dengan kemampuannya yang nggak biasa ini.

Hingga kini, Rista mengaku mengerti Bahasa Belanda, Denmark, Hongaria, Polandia, Slovakia, Luxemburg, Inggris, Jepang, Macedonia, Norwegia, Spanyol, Jerman, Portugis, Perancis, Italia, Rusia, Thailand, Korea, Rumania, Slovenia, dan Ceko.

[ Baca Ini Juga Ya : Ini Keren Banget! Pasangan Ini Berani Menikah Tanpa Pesta. Sebagai Gantinya, Mereka Jalan- Jalan ke Eropa ]

“Tambah Bahasa Bali dan Indonesia, jadinya 23,” jelas Rista.

Dari 21 bahasa yang ia mengerti, setidaknya ada empat bahasa yang benar- benar ia kuasai, yaitu Bahasa Perancis, Jerman, Belanda dan Inggris. Setiap harinya, empat bahasa ini lah yang sering digunakan untuk menawarkan kartu pos kepada wisatawan.

Sedangkan selain empat bahasa itu, Rista mengaku masih belum lihai mengucapkannya meskipun bahasa Spanyol dan Jepang sudah mulai fasih diucapkan.

“Jika disuruh menawarkan post card atau kenalan dengan 21 bahasa, saya bisa. Kalau sudah bahas hal lain enggak bisa, tapi ngerti maksudnya,” jelasnya.

[ Baca Ini Juga Ya : Tak Pernah Sekolah Formal, Izzan Lulus SBMPTN ITB di Usia 14 Tahun ]

Gimana ceritanya sih Rista bisa banyak bahasa asing? Menurut ceritanya, ia mulai mengenal bahasa asing sejak usianya lima tahun. Saat itu Rista sudah berjualan bersama ibunya. Di usia 7 tahun, ia sudah mahir menggunakan bahasa Perancis, Jerman, Belanda dan Inggris.

Komentar

komentar