Jangan Telan Mentah Gender Stereotype, Pria Sejati Bisa Melakukan Ini Saat Menikah

Menikah itu berbagi suka dan duka, bukan menentukan siapa yang mengerjakan semuanya

pria sejati, gender stereotype,menikah

Pernah dengar tentang gender stereotype? Secara definisi, gender stereotype bisa diartikan sebagai kesan dan keyakinan tentang seperti apa perilaku yang tepat untuk wanita dan pria. Sering banget kan kamu dengar tentang perempuan itu harusnya kalem, pemalu, sensitif, mudah terluka, pinter dandan, pinter masak, dan masih banyak lagi? Kalau stereotype pada laki- laki, mereka digambarkan sebagai makhluk yang kuat, independent, tidak boleh menangis, logis, dominan, aktif, tidak cerewet dan sebagainya.

Nah, gender stereotype ini masih melekat sekali dalam kehidupan kita sehari- hari, khususnya di Indonesia. Lebih melekat saat kamu masuk ke level pernikahan, dimana disini perempuan diharuskan pintar masak, mencuci pakaian dengan bersih, bisa merawat suami, bisa merawat anak, pintar menjaga diri dan masih banyak seabrek keharusan untuk perempuan. Sedangkan dalam rumah tangga, keharusan yang melekat pada laki- laki adalah harus bekerja. Soal urusan pekerjaan rumah, ya itu tanggung jawab istri.

Banyak lho para pria yang waktu single bisa melakukan semuanya sendiri, termasuk masak dan mencuci pakaian. Tapi setelah menikah, membuat teh sendiri pun seolah- olah nggak bisa. Semua skill nya mengurus diri sendiri seolah- olah musnah. Semua harus dikerjakan istri, meskipun istri lagi repot mengurus anak yang rewel. Hmmm… pernah dengar cerita ini?

[ Baca Ini Jugag Ya : Pernikahan Tidak Membuat Hidup Wanita Lebih Bahagia? Benarkah Seperti itu? ]

Untungnya sih.. nggak semua laki- laki berpikir sama. Masih banyak lho di luar sana pria yang mau membantu kerepotan istri dan bekerja sama dengan adil. Banyak laki- laki nggak sungkan untuk masak untuk istri dan bahkan ikut membantu mencuci piring. Nah.. ini baru namanya pria sejati.

Yang namanya pria sejati juga tidak akan menelan mentah yang disebut gender stereotype ini. Lho kenapa? Karena dia tau ada banyak hal yang bisa ia lakukan untuk membuat rumah tangga dan istrinya menjadi lebih nyaman dan bahagia. Selain itu, ini alasan kenapa pria sejati nggak mau menelan mentah- mentah gender stereotype ini :

#1 Rasa Sayang yang Tulus Mendorong Pria Sejati untuk Tidak Ragu Terlibat dalam Urusan Dapur
Kalau seorang pria sudah begitu sayang kepada seorang wanita, ia akan menyadari sangat salah jika ia hanya membiarkan semua beban pekerjaan rumah tangga hanya kepada satu orang saja. Wajah lelah istrinya adalah sebuah peringatan untuknya agar ikut bergerak melakukan pekerjaan rumah tangga. Bagi pria sejati, melakukan pekerjaan rumah tangga bukanlah hal yang memalukan.

pria memasak,menikah
Pria sejati tidak malu terlibat urusan dapur/ via Pixabay

#2 Saat Perempuan Juga Ikut Membantu Bekerja, Ia Tahu itu Tak Adil untuk Perempuan Mengerjakan Semua Pekerjaan Rumah Sendirian
Wanita bekerja di luar untuk membantu rumah tangga kini bukan lagi menjadi hal yang aneh. Sebaliknya, saat pria membantu pekerjaan rumah tangga, maka hal ini sering dianggap sebagai sesuatu yang tak pantas dilakukan. Bersyukurlah saat pria mu menyadari bahwa membantu istri di rumah adalah salah satu hal menyenangkan yang bisa dilakukan oleh seorang pria untuk membahagiakan wanitanya. Sederhana tapi mengena.

istri,pekerjaan rumah tangga,lelah
Foto via Housewife Training Course

[ Baca Ini Juga Ya : Banyak Wanita Selingkuh karena Suami Tidak Mau Membantu di Rumah ]
#3 Pekerjaan Rumah Tangga Seharian Bisa Jauh Lebih Melelahkan dari Pekerjaan Kantoran
Berbeda dengan pekerjaan kantoran yang sudah ada takaran jam bekerja dan istirahatnya, pekerjaan rumah tangga tidak pernah mengenal jam istirahat atau batasan bekerja 8-12 jam. Hanya pria sejati yang ikut menyadari bahwa pekerjaan rumah tangga bisa jauh lebih melahkan daripada pekerjaan kantoran.

pekerjaan rumah tangga,ibu rumah tangga, multitasking
Pekerjaan rumah tangga tidak ada habisnya/ via iHei

#4 Pria Sejati Menyadari Peran Istri sebagai seorang Pendamping Hidup, bukan hanya untuk urusan Dapur Ngebul
Tidak sedikir perempuan yang merasa kehidupan rumah tangganya tidak bahagia hanya karena setiap hari ia harus menanggung semua beban pekerjaan rumah tangga sendirian. Rasa cinta kepada pasangan pun bisa berkurang karena hal yang satu ini. Pria sejati menyadari hal ini dan mengerti betul bahwa istri punya peran istimewa dalam rumah tangga. Bukan sekedar menjadi petugas dapur dan kebersihan rumah, tapi sebagai pendidik anak dan sosok yang membuat hati suami menjadi lebih tentram. Maka dari itu, ia tidak sungkan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga bersama- sama dengan istri.

istri,pendamping hidup,bahagia
Pria sejati paham bahwa peran istri lebih dari sekedar pekerjaan rumah tangga/ via : Pixabay

#5 Kalau Menikah hanya untuk Berbagi ‘Tugas’, Maka Sebahagia apa sih Rumah Tangga Kalian?
Berumahtangga lah untuk berbagi banyak suka duka dan banyak hal lainnya, bukan hanya membagi tugas untuk menentukan siapa yang harus bekerja dan siapa yang harus melakukan pekerjaan rumah tangga saja. Jika berumahtangga hanya untuk menentukan siapa yang bekerja dan siapa yang melakukan semua pekerjaan rumah tangga, maka berumahtangga akan terasa seperti memikul beban yang berat.

pasangan,suami istri,tidak bahagia
Berumahtangga bukan untuk menentukan siapa yang bekerja, siap a yang melakukan pekerjaan rumah tangga/ via Stylish Wife

#6 Menikmati Rumah Tangga Bersama Jauh Lebih Nikmat
Penasaran melihat pasangan yang tetep mesra meski sudah lebih dari sepuluh tahun bersama? Pasangan yang tetap mesra meski sudah lama bersama biasanya adalah mereka yang menikmati rumah tangga mereka bersama- sama tanpa terlalu banyak merasakan beban di pundaknya. Mau senang ya sama- sama, mau susah ya sama- sama. Semua dibagi bersama tanpa melupakan kasih sayang diantara mereka.

pasangan,bahagia,menikah
Berumahtanggalah untuk saling membahagiakan satu sama lain/ via Pixabay


[ Baca Ini Juga Ya : Wanita yang kamu bilang pemalas dan cuma bisa dandan ini, suatu saat bisa jadi Ibu yang hebat untuk anak- anakmu ]

Agak panjang ya artikelnya? Hehehe… Semoga menginspirasimu dan calon pasangan halalmu. Jangan lupa bagikan artikel ini ya 🙂

*Featured Image Credit : guizhouzzkj

Komentar

komentar