5 Gunung Indonesia dengan View Menawan yang Cocok untuk Pemula

Jadi makin semangat kan buat nyobain mendaki?

Gunung Bromo

Kecantikan alam Indonesia sih nggak perlu diragukan lagi. Dari Sabang hingga Marauke, ada saja panorama alam yang kecantikannya membuat kita berdecak kagum. Salah satunya adalah deretan gunung yang menyajikan pemandangan alam yang memanjakan mata.

Selain menjadi tempat favorit untuk memanjakan mata, gunung juga menjadi spot favorit untuk menguji adrenaline dengan melakukan proses pendakian. Diantara banyaknya gunung yang ada di Indonesia, ada beberapa yang cocok untuk didaki oleh pemula. Penasaran apa saja? Yuk tengok daftarnya disini ;

1. Gunung Andong – Magelang

Pemandangan Gunung Andong
Foto via Tribun

Gunung Andong mempunyai ketinggian hanya 1.762 Mdpl sehingga sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar mendaki gunung. Meskipun ketinggiannya tidak terlalu fenomenal, namun gunung ini menyuguhkan pemandangan yang tak kalah cantik dengan gunung- gunung yang lebih tinggi. Selain itu, jalur pendakiannya juga mudah dilalui dan tertaru sehingga tidak membingungkan untuk mencari jalan.

Baca Ini Juga Ya :   Nge-hits Banget.. Trend Selfie Diantara Bunga Tulip & Miniatur Wisata Dunia di Baturraden

Gunung Andong juga mempunyai view sunrise dan samudera awan yang sangat cantik. Selain itu, pendaki juga dapat menikmati pemandangan Gunung Sindoro-Sumbing dan Merapi-Merbabu. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak dari Basecamp kurang lebih 2 jam. Yang lebih asyik lagi, gunung ini juga mempunyai banyak petunjuk arah untuk pemula. Berangkat, yuk?

 

2. Gunung Papandayan – Garut

Gunung Papandayan
Foto via : Viva

Untuk warga Jawa Barat, Gunung Papandayan yang berada di Kawasan Garut ini pasti sangat familiar. Gunung dengan ketinggian hanya 2.265 Mdpl ini juga menjadi pilihan gunung yang menarik untuk didaki oleh pemula. Berani cobain?

Gunung Papandayang terkenal dengan Tegal Alun nya, yaitu padang Edelweis yang luas dan cantik. Selain itu, ada juga Hutan Mati yang instagrammable banget. Spot yang super asyik untuk foto- foto!

Waktu pendakian yang dibutuhkan di Gunung Papandayan ini kurang lebih 4-5 jam. Jalur pendakian yang cukup landau, kemudahan dalam mendapatkan air dan makanan menjadi salah satu alasan buat kamu nggak perlu ragu lagi buat berangkat.

Baca Ini Juga Ya :   7 Tempat Liburan Kekinian di Bandung yang Wajib Banget Kamu Kunjungi

 

3. Gunung Prau – Dieng, Wonosobo

Gunung Prau - Dieng
Foto via Winarni Blog

Gunung dengan ketinggian 2.565 Mdpl ini mempunyai puncak yang luas dengan view sunrise warna merah kekuning-kuningan  yang menakjubkan. Di puncak Gunung Prau, kamu juga bisa menikmati view Gunung Sindoro-Sumbing dan Merapi-Merbabu dengan jelas.

Untuk mencapai puncak Gunung Prau, kamu hanya membutuhkan waktu 3 jam. Untuk mengoptimalkan waktu, kamu bisa memilih jalur tersingkat pendakian, yaitu dari base camp Desa Patak Banteng, Dieng.

 

4. Gunung Cikuray – Garut

Gunung Cikuray, Garut
Foto via Kumparan

Dengan ketinggian 2.821 Mdpl, Gunung Cikuray memegang rekor sebagai gunung tertinggi ke-4 di Jawa Barat. Meski begitu, gunung ini relatif mudah untuk pemulai karena mempunyai trek yang cukup landai.

Baca Ini Juga Ya :   10 Hal ini Biasa Dilakukan di Indonesia, Tapi Dianggap Tidak Sopan Di Luar Negeri. Beberapa Hal Sepele Banget

Dengan waktu tempuh kurang lebih 4.5 jam untuk menuju pos bayangan puncak, perjuanganmu mendaki tak akan sia- sia karena kamu akan disambut dengan samudera awan yang sangat menawan dan sunrise yang menawan.

 

5. Gunung Bromo – Jawa Timur

Gunung Bromo
via Tribun

Gunung dengan ketinggian 2.392 Mdpl adalah salah satu gunung berapi aktif yang ramah untuk didaki pemula. Gunung ini berlokasi di Jawa Timur dan terlentang di 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Meskipun Gunung Bromo mempunyai predikat sebagai gunung berapi aktif, namun gunung ini hampir tak pernah sepi dikunjungi.

Salah satu view paling menakjubkan dari Gunung Semeru adalah saat matahari terbit. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat latar depan dari GUnung Semeru yang akan mengeluarkan asap terlihat dari kejauhan. Benar- benar sebuah pemandangan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Komentar

komentar