Heboh Uang Pecahan Rp 200.000, Benar atau Hoax Sih?

Sebelum percaya, cari tahu dulu kebenarannya…

uang pecahan, 200000,bank indonesia,hoax

Sejak beberapa waktu lalu sempat heboh berita akan beredarnya uang pecahan Rp 200.000 an. Beritanya sih sempat tenggelam karena tidak jelas klarifikasinya. Tapi ternyata, tidak lama dari itu, berita ini muncul lagi dan bikin masyarakat bingung. Sebenarnya berita ini beneran atau bohong sih?? Itu yang akan kita cari tahu disini.

Kenapa sih kabar beredarnya uang pecahan Rp 200.000 ini kayak seru banget. Yang pertama, siapa sih yang nggak tertarik dengan uang. Dan yang kedua, dan yang paling bikin kita bertanya- tanya, waduhh apa nggak kegedhean tuh Rp 200.000?? Sekali uangnya hilang bisa bikin meringis ya. Nah lhoo…

Baca Ini Juga Ya :   Ini Tanda- Tandanya Kalau Kamu Gampang Dikadalin Berita Hoax

Sebelum percaya langsung dengan berita yang belum jelas awal sumbernya dari mana ini, yuk be smart reader. Jangan langsung percaya kalau nggak ada bukti valid -nya. Nah, saking hebohnya berita ini beredar di masyarakat, BI atau Bank Indonesia baru- baru ini memberikan klarifikasinya.

Tirta Segara, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, menegaskan bahwa Bank Indonesia sampai saat ini hanya mengeluarkan dan mengatur pecahan rupiah paling besar Rp 100.000.

“Terkait informasi yang beredar di medsos mengenai uang pecahan Rp 200.000, Bank Indonesia menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar,” ucap Tirta, seperti dilansir dari Tribunnews di Jakarta.

Kalau dari Bank Indonesia sendiri tidak menerbitkan uang Rp 200.000, lantas yang kemarin- kemarin beredar gambar uang baru tersebut di media sosial, darimana asalnya ya? Menurut Pak Tirta sendiri sih itu bukan dari Bank Indonesia.

Baca Ini Juga Ya :   Begini Adab Pelajar 1880-an Ketika Melewati Guru Mereka. Bandingkan dengan Sekarang?

Adanya pecahan uang kertas dengan nominal Rp 200.000 yang sempat viral di media sosial ini dilakukan oleh pihak- pihak yang kurang bertanggung jawab. Selama ini, jika BI ingin mengeluarkan pecahan baru dari mata uang rupiah, maka BI harus tunduk pada peraturan yang berlaku. Salah satunya adalah dengan merilis pernyataan resmi di media massa dan di website resmi Bank Indonesia www.bi.go.id.

“Untuk tiap uang pecahan baru yang dikeluarkan, Bank Indonesia akan mengeluarkan pernyataan resmi di media massa dan website http://www.bi.go.id,” ungkap Tirta.

Beberapa waktu lalu, dari sumber awal yang tidak diketahui, uang Rp 200.000 yang beredar di jejering sosial memiliki penampakan berupa tokoh yang menaiki kuda dengan perpaduan warna ungu, kuning dan putih.

Baca Ini Juga Ya :   Kaget Banget, ya? Ini Dia 20 Foto Before vs After Transgender yang Paling Bikin Gempar

Tapi sekarang sudah jelas ya kalau informasi bahwa Bank Indonesia akan mengeluarkan uang baru pecahan Rp 200.000 ini hanyalah HOAX semata. Jika memang nanti Bank Indonesia akan merilis uang pecahan baru, pasti kita akan mendapatkan informasinya langsung di website resmi BI dan juga di media massa yang kredibel.

Komentar

komentar