Ijab Qabul Memang Bikin Gugup, Tapi Bisa Kamu Atasi dengan 8 Tips Ini

Bukan karena sulitnya, tapi karena sakralnya…

ijab qabul,akad nikah,pernikahan

Menikah adalah salah satu moment hidup yang paling ditunggu- tunggu oleh setiap orang. Mulai dari memastikan perayaan terbaik dan menyiapkan semuanya dengan nyaris sempurna, calon mempelai juga dag dig dug menunggu hari H alias Ijab Qabul datang.

Pasti sering banget ya kita nonton adegan ijab qabul di layar TV atau layar lebar. Kayaknya sih gampang ya, tapi pas praktek di acara sendiri, jrenggg…. Jreengg… jrenggg… belum apa- apa udah keringetan duluan, hahaha…
Wait.. daritadi kita ngomongin ijab qabul ini sebenarnya sudah paham makna dari ijab qabul belum sih?? Sebelum kita bahas lebih jauh, yuk kita bahas tentang makna dari ijab qabul ini sendiri.

Ijab berarti pernyataan sang wali perempuan atau yang mewakili: Saya nikahkan anda dst. Sedangkan Qabul adalah jawaban sang suami atau yang mewakili: Saya terima nikahnya dst.

[ Baca Ini Juga Ya : Meski Cinta, Kamu Jangan Sampai Melakukan 5 Hal Bodoh Ini ]

Sesederhana itu sebenarnya ya. Namun karena ini adalah moment yang sangat sacral, wajar sekali kalau banyak orang merasa gugup dalam menjalani prosesi yang satu ini. Buat kamu yang ingin #menikah atau segera menikah, berikut ini adalah tips yang dapat kamu lakukan agar tidak gugup saat melakukan prosesi Ijab Qabul :

#1 Pastikan Lidahmu Sudah Hafal Kalimat Ijab Qabul di Luar Kepala
Sebisa mungkin, sebelum hari H, kamu sudah menghafal kalimat ijab qabul terlebih dahulu. Kamu dapat latihan di depan cermin atau minta bantuan sahabatmu untuk praktek mengucapkan kalimat sakral ini. Semakin banyak berlatih, lidahmu akan menjadi terbiasa melafalkan kalimat ini dan rasa percaya dirimu juga akan meningkat.

Kalau ingin lebih mantap lagi, prakteknya bisa tuh sama calon ayah mertua, hahaha…. Dengan cara ini kamu pasti lebih sudah 100% siap menjalani hari H nanti.

ijab qabul,pernikahan

#2 Lakukan Olahraga Ringan Seminggu Sebelum Hari H
Olahraga ringan sangat baik untuk melancarkan aliran darahmu sehingga tubuhmu akan terasa bugar di hari pernikahanmu. Selain itu, olahraga juga baik untuk menyegarkan hati dan pikiranmu, sehingga kamu akan merasa lebih tenang dan santai saat menjelang hari H. Sering banget kan calon mempelai stress karena memikirkan hari H nya?? Padahal stress menjelang hari H justru bisa membuat kamu merasa tegang dan semakin gugup.

Olahraga ringan yang dapat kamu lakukan antaralain jogging dan main tenis atau bulutangkis. Yahh.. hitung- hitung reunian juga sama sahabat- sahabatmu.

olahraga,lari,jogging
Olahraga ringan via loop.co.id

#3 Saat Mulai Merasa Gugup, Yakinkan lah Dirimu Bahwa Ini Lebih Mudah dari Yang Kamu Kira
Setiap orang punya mantra tersendiri untuk membantu dirinya menjadi lebih rileks dan tenang. Kamu pasti punya deh cara paling ideal versimusendiri yang bisa membantumu untuk menghalau berbagai jenis pikiran negatif. Coba lah yakinkan dirimu sendiri bahwa mengucapkan kata- kata ini benar- benar sangat simple dan kamu pasti bisa melakukannya dengan sangat baik.

ijab qabul,gugup,pernikahan
Yakinkan diri saat mulai gugup via Satujam

#4 Jangan Sampai Kelaparan Pas Kamu Sudah Siap Ijab Qabul
Bener deh… perut yang kosong bisa merusak konsentrasimu. Jadi.. penting banget untuk memastikan perutmu tidak dalam keadaan keroncongan saat penghulu siap memadung proses akad nikah ini.

Untuk mencegah ini, cobalah sarapan dengan sepotong roti atau buah pisang atau apel agar perutmu sedikit terisi. Ingat ya… tujuanmu mengisi perut adalah untuk mencegah keroncongan di prosesi akad nikah, jadi jangan sampai juga kekenyangan yang justru membuat kamu merasa tidak nyaman.

roti,sarapan
Jangan lupa sarapan via cabotcheese.coop


[ Baca Ini Juga Ya : Bukan yang Alay, Seperti Ini Lho Relationship Goal yang Sesungguhnya! ]
#5 Mengobrol lah Sesaat Sebelum Akad Nikah
Mengobrol, meskipun hanya sesaat, bisa mengurangi keteganganmu. Mungkin kamu bisa berbasa- basi dengan saudara atau calon istri dengan obrolan yang ringan. Misalnya gini deh :
“Tadi mbaknya yang bantu rias cantik ya?”
“Ehhh… sempet- sempetnya ya…”
“Enggakkk.. becanda doang sayangg…” –padahal lagi nahan grogi 😀

Obrolan ringan yang diselingi dengan canda dan tawa bisa mencairkan suasana dan membuatmu menyadari bahwa akad nikah yang sakral ini akan kamu lalui dengan sangat baik.

mengobrol,pengantin,menikah
Saling mengobrol via KlikBalikpapan.co

#6 Jangan Percaya pada Mitos Seputar Pernikahan
Yes… negara kita ini memang terkenal dengan mitos ini dan itu. Termasuk mitos seputar pernikahan. Kamu nggak harus percaya mitos ini kok, karena yang namanya mitos ini seringkali turun temurun tanpa pernah bisa dibuktikan kebenarannya.

Daripada kamu percaya dengan mitos- mitos yang bisa bikin galau dan nyalimu ciut, fokus saja pada hal positif. Percaya aja deh pada Tuhan.

mitos,pernikahan, ijab qabul
Jangan percaya mitos pernikahan via wedlite

#7 Ijab Qabul Harus Dilakukan Dalam Satu Tarikan Nafas?? Nggak Juga!
Yaaa… lagi- lagi mitos yang nggak jelas asal usulnya. Dan kita juga familiar banget ya dengan kabar yang mengatakan bahwa ijab qabul harus dilakukan dalam satu kali tarikan nafas. Jika nafas terputus, konon ijab ini dianggap tidak sah. Nahhh… menurut Jumhur Ulama juga, ijab qabul ini boleh dilakukan dengan beberapa tarikan nafas kok. Seperti dikutip dari Majalah Sakinah :
“Ijab dan qabul antara wali dan calon mempelai pria harus jelas beruntun dan tidak berselang waktu. Inilah yang dimaksud dalam syarat ijab qabul yang disampaikan dan dijelaskan sebelumnya. Sehingga, bukan yang difahami salah oleh sebagian orang yang mewajibkan harus satu nafas. Yang sesuai dengan syariat adalah yang bersambung dalam satu majelis dan tidak ada jeda panjang yang menunjukkan ketidaksetujuan salah satu pihak yang terkait “

Nahhhh… nyesel kan asal percaya mitos ini dan itu??

#8 Jangan Lupa untuk Berdoa
Untuk melakukan aktifitas apa pun, awali lah selalu dengan doa, apalagi sesuatu yang sangat baik seperti akad nikah. Dengan berdoa, maka kamu akan semakin mantap dalam menjalani proses ijab qabul ini. Salah satu doa yang dapat kamu ucapkan adalah doa yang juga diucapkan oleh Nabi Musa :
Robis shrohli shodri wa ya shirli amri wah lul uqdatam mil lissani yah khohu khouli
Ya Tuhanku lapangkanlah dadaku, dan lancarkanlah lidahku serta mudahkanlah urusanku (QS. Thoha: 25-28)

berdoa,tangan,memohon
Berdoa via islamforeveryone1

[ Baca Ini Juga Ya : Ini Dia 9 Ciri Istri yang Menjadi Pengundang Rezeki Suami ]

Well
, sekarang sudah merasa lebih mantap kan untuk menjalani prosesi akad nikah ini? Semoga bermanfaat!

Komentar

komentar