10 Foto Ilusi Optik Terbaik yang Terbukti Bisa Membuat Kacau Pikiranmu

Dan kamu merasa takjub berkali- kali

Ilusi Optik Terbaik

Foto ilusi optik memang selalu menarik buat menguji ketajaman mata dan pikiran kita. Baik itu yang alami atau pun buatan, ilusi optik kerap membuat kita tertipu berkali- kali. Buat kamu yang ingin menguji ketajaman mata dan kejelian pikiranmu, 10 ilusi optik terbaik ini siap membuat kamu takjub berkali- kali.

[ Baca Ini Juga Ya : Wahh…. 7 Film Hollywood ini Ternyata Lokasi Syutingnya di Indonesia! ]

10. Mana lingkaran warna orange yang lebih besar?

Nggak ada yang lebih besar atau lebih kecil, alias ukurannya sama.

Ilusi Ebbinghaus ini mengeksploitasi persepsi terhadap ukuran relatif. Saat sebuah obyek dikelilingi oleh benda yang lebih besar, obyek itu jadi kelihatan jauh lebih kecil.

9. Wajah cantinya bakal terlihat berwarna
Coba pandangi hidung cewek ini selama 10 detik, lalu berkediplah dengan cepat sambil melihat permukaan yang terang atau putih. Jika ini dilakukan dengan benar, maka wajah cantiknya akan terlihat berwarna.

Sama seperti yang diatas, coba pandangi tanda plus hitam di tengah selama 10 detik, lalu lihat apa yang terjadi.

Lingkaran ungunya akan segera menghilang! Saat kita terpaku pada satu titik, meski hanya sesaat, maka obyek tak bergerak dan jauh dari titik fokus kita akan menghilang.

8. Dengan menumpuk beberapa gambar di atas satu sama lain, para fotografer jenius bisa membuat foto dua sisi wajah ini

7. Pandangi putaran ini selama 30 detik


lalu lihat gambar inception di bawahnya

Kalau kamu melihat gambar putaran di atas, maka matamu terasa capek, jadi gambar yang ngak bergerak pun akhirnya jadi bergerak selagi matamu beristirahat.

6. Dua balok ini kelihatan maju bergantian, nggak sih?

Tapi saat garis hitam putihnya dihilangkan, kamu bakal melihat kalau sebenarnya mereka selalu berjalan beriringan. Garis hitam lah yang membuat persepsi otakmu jadi kacau terhadap gerakan.
[ Baca Ini Juga Ya : 13 Ilustrasi Ini Nyess Banget Buat Kamu yang Suka Mengeluh Capeknya Hidup. Setelah Membacanya Kamu Akan Berpikir Lebih Positif dan Menjadi Lebih Bersyukur ]

5. Ke arah mana keretanya bergerak? Coba lihat agak lama, lalu kedipkan matamu dan otakmu pun bakal langsung merubah lajunya

Yang ini disebut dengan “wagon-wheel” effect. Menutup mata selama sedetik lalu membukanya atau membayangkan arah laju keretanya, bisa mengubah aruh laju kereta ini sesuai imajinasimu. Hal ini juga berlaku lho untuk gambar ilusi di bawah.

4. Penari di tengah ini berputar searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam?

Dengan melihat ke penari yang ada di kiri atau kanan, kamu bisa mengubah arah putaran penari yang ada di tengah.

3. Semua titik yang ada di gambar ini berwarna putih, tapi beberapa titik di gambar ini berwarna hitam

Sekeras apa pun kamu mencoba, kamu nggak bakal bisa melihat titik hitam secara langsung yang muncul di lingkarannya. Kenapa ya ilusi ini bisa ada? Hmmm… misteri belum terpecahkan.

2. Akiyoshi Kitaoka menggunakan bentuk geometri, brightness dan warna untuk membuat ilusi gerak. Gambar ini bukan gambar animasi lho, tapi otak manusia lah yang bisa membuatnya bergerak.

Dengan konsep yang sama, ilusi ini pun bisa diciptakan.

1. Pandangi bagian tengah foto (titik hitam), maka gambarnya berubah

Yang sebenarnya, foto ini adalah foto hitam putih! Otak manusia lah yang akan mengisi warna di foto ini, berdasarkan warna oranye dan biru dari foto sebelumnya. Coba kedipkan matamu dan kamu akan bisa melihatnya kembali menjadi hitam putih.

[ Baca Ini Juga Ya : Kata Pertama yang Kamu Lihat Menggambarkan Kepribadianmu. Coba dan Lihat Hasilnya Disini ]

Gimana, berapa banyak dari list gambar ilusi optik di atas yang sudah berhasil menipumu?

Sumber : Orzzzz.com

Komentar

komentar