Di Indonesia Digaji Rendah, 10 Pekerjaan Ini Malah Dibayar Mahal di Luar Negeri

seandainya saja gaji di Indonesia juga…. ah sudahlah…

pekerjaan,gaji,indonesia

Hidup memang kadang kejam dan tidak adil. Misalnya saja soal pekerjaan. Ada beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan effort luar biasa tapi ternyata gajinya tidak seberapa. Tapi ada juga pekerjaan yang terlihat simple tapi gajinya ternyata sangat wah.

Memang benar gaji bukan segalanya. Tapi tidak bisa dipungkiri juga kalau faktor yang satu ini cukup sensitif dan vital untuk banyak orang. Nggak heran deh, demi gaji yang besar, banyak orang rela kabur ke luar negeri dan menjadi pahlawan devisa Negara atau TKI. Di Indonesia sendiri, ternyata ada 10 pekerjaan yang digaji sangat rendah padahal di luar negeri gajinya bisa sangat tinggi sekali. Wahhh.. mau tahu apa saja? Lihat daftarnya yaa…

#1 ART/ PRT ( Pembantu Rumah Tangga )
Di Indonesia, pembantu rumah tangga adalah salah satu jenis pekerjaan yang sangat diremehkan. Bahkan di kota tertentu ada gaji pembantu rumah tangga yang sangat jauh dari kata layak, seperti hanya Rp 500.000 per bulan. Tapi coba deh kita intip di luar negeri, seperti di Kanada yang rata- rata memberi gaji untuk pekerjaan ini hingga Rp 100.000 per jam. PER JAM lhoo inii… per jammmm…. coba kalikan saja dengan jam kerjanya. Bekerja delapan jam saja PRT bisa mendapatkan gaji Rp 800.000 per hari. Waahhhh!

Baca Ini Juga Ya :   Demi Ritual Aneh, Orang- Orang ini Rela Melumuri Anaknya dengan Kotoran Sapi
pembantu rumah tangga,prt,art
Ilustrasi gambar: oembantu.com


#2 Perawat Lansia
Di Indonesia, gaji perawat lansia kurang lebih sekitar dua juta rupiah, meskipun banyak juga perawat lansia yang menerima gaji kurang dari nominal itu. Beda lagi dengan di Kanada atau di Jepang, dimana perawat lansia rata- rata bisa mendapatkan #gaji sekitar 10-17 juta rupiah.

perawat lansia,pekerjaan,sosial
Ilustrasi Gambar: pembantu.com


#3 Tukang Cuci Piring
Di negeri Paman Sam, seseorang yang berprofesi sebagai tukang cuci piring bisa hidup dengan layak asal mau bekerja keras. Coba bayangkan saja, per jam mereka bisa mendapatkan gaji kurang lebih 11 dolar AS atau kurang lebih 100 ribu rupiah. Nggak heran deh banyak remaja di sana yang mau bekerja paruh waktu sebagai tukang cuci piring. Kalau di Indonesia sih biasanya pekerjaannya sudah jadi satu paket dengan membersihkan ini itu  dan melayani pelanggan. Gajinya juga nggak jarang cuma dibawah UMR.

cuci piring,pekerjaan
Ilustrasi Gambar: Pixabay


#4 Tukang Ledeng
Boleh percaya boleh nggak, tapi bener deh di Amerika Serikat, seorang tukang ledeng bisa mendapatkan gaji hingga Rp 500 juta per tahun! Gila banget kan? Bisa nambah beli rumah kalau kayak aja..

Baca Ini Juga Ya :   Menakjubkan! Ini Dia Deretan Foto Tol Salatiga yang Sangat Memanjakan Mata
tukang ledeng,pekerjaan,teknisi
Ilustrasi Gambar: Pixabay


#5  Tukang Sampah
Harus diakui, tukang sampah adalah profesi yang sangat kurang dihargai di Indonesia. Kebalikannya, di Inggris tukang sampah justru mendapatkan penghargaan karena merupakan profesi yang membuat lingkungan menjadi bersih, sehat dan nyaman. Di negeri Pangeran William ini, seorang tukang sampah bisa mendapatkan gaji hingga lebih dari 25 juta rupiah per bulan lho!

tukang sampah, sampah
Ilustrasi Gambar: Kaskus

#6 Sipir Penjara
Sipir penjara adalah salah satu pekerjaan yang palng mengandung resiko. Nggak heran deh kalau pemerintah AS berani membayar hingga 100 ribu dollar AS per tahun untuk profesi ini. Di Indonesia sendiri, gaji sipir penjara hanya berkisar kurang lebih dua juta rupiah saja.

sipir penjara,penjara,pekerjaan,
Ilustrasi Gambar: Okezone


#7 Suster
Mengingat besarnya tanggung jawab profesi ini terhadap pasien dan juga janji profesi, maka pekerjaan suster cukup mendapatkan apresiasi di Indonesia. Meski demikian, gaji yang diterima suster juga tidak terlalu besar dan hanya berkisar sekitar 3-4 juta rupiah per bulan. Di Belanda dan Spanyol bisa lain ceritanya karena suster bisa mendapatkan gaji hingga Rp 250.000 per jam.

perawat,suster,pekerjaan,profesi
Ilustrasi Gambar: Idntimes


#8 Petugas Pemadam Kebakaran
Di Indonesia, gaji seorang pemadam kebakaran berkisar antara 5-6 juta rupiah per bulan. Padahal.. di Amerika Serika, profesi ini bisa mendapatkan gaji nyaris tujuh kali lipat lebih tinggi, yaitu kurang lebih 400 juta rupiah per tahun! Wahhh… mantap ya??

Baca Ini Juga Ya :   10 Pekerjaan Unik Ini Menawarkan Gaji yang Sangat Besar, Kamu Berani Coba?
pekerjaan,pemadam kebakaran
Ilustrasi Gambar: Pemadam Kebakaran


#9 Polisi dan Tentara
Di Indonesia, aparat keamanan mendaparkan gaji kurang lebih 5-6 juta rupiah per bulan. Sudah cukup tinggikah menurutmu?? Well, nggak juga kalau dibandingkan dengan gaji rata- rata aparat keamanan luar negeri yang bisa mencapai 300 juta rupiah per tahunnya.

polisi,pekerjaan,profesi
Ilustrasi Gambar: Bintang


#10 Wartawan
Profesi wartawan dituntut untuk cekatan dan cermat dalam menyajikan berita dan fakta di lapangan. Kenyataannya, gaji rata- rata wartawan di Indonesia yang hanya tiga juta rupiah saja sangat tidak sebanding dengan kerja keras mereka. Padahal, di luar negeri, rata- rata wartawan bisa mendapatkan gaji lebih dari 300 juta rupiah per tahun!

wartawan,jurnalis,pers,pekerjaan
Ilustrasi Gambar: Mezora

 

Memang benar beda Negara sudah pasti beda budaya dan penghitungan gajinya. Tapi baper juga ya kadang melihat ketimpangan yang cukup besar ini? Ya sudah lah, seorang warga negara yang cinta tanah air, mari kita selalu berdoa agar suatu saat di Indonesia, ketimpangan gaji yang lumayan ini bisa diperbaiki. Let’s hope and wish ya 🙂

Komentar

komentar