Jika Ingin Anakmu Kelak Membumi dan Hebat, Membiarkan Dia Merantau adalah Cara Paling Tepat

maudy ayunda,merantau

Merantau. Tidak semua orang tua senang dengan satu kata ini. Bagi mereka, merantau adalah keputusan yang harus ditimbang puluhan kali. Bukan opsi terbaik, begitu kata mereka. Kalau ada yang dekat, kenapa harus yang jauh??

Nyatanya, merantau, baik itu untuk sekolah atau bekerja, entah itu ke luar kota atau bahkan hingga ke luar negeri, bisa memberikan dampak yang luar biasa untuk seorang anak. Ada banyak pengalaman berharga yang diperoleh seorang ‘perantau’ yang tidak diperoleh oleh mereka yang hanya bekerja di sekitar tempat tinggal mereka.

Sayangnya, keinginan anak untuk merantau sering berbenturan dengan keputusan orang tua mereka.  Kebanyakan orang tua akan khawatir jika anaknya harus menempuh pendidikan atau karir di tempat yang jauh dari jangkauan mereka. Jarak dan keamanan adalah alasan yang paling sering diutarakan oleh orang tua.

[ Baca Ini Juga Ya : Ingin Meraih Sukses? Kamu Bisa Meniru 12 Kebiasaan Orang Sukses Ini ]
Padahal, di sisi lain, membiarkan anak merantau akan membentuk anak itu sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri, open-minded, kreatif dan tangguh.

Anak yang Merantau Lebih Mandiri dan Tangguh

Berbeda dengan di rumah, saat merantau, anak dituntut untuk mengatasi permasalahannya sendiri tanpa campur tangan orang tuanya. Tentu saja, ia bisa minta tolong pada teman atau berdiskusi dengan orang tua via telepon, tapi dalam banyak hal, anak akan menyadari bahwa cara terbaik untuk mengatasi masalah adalah dengan belajar mengatasinya sendiri, bukan menunggu bantuan orang lain.

maudy ayunda,merantau,budaya, tangguh
Merantau mendidik kita untuk menjadi tangguh/ via Instagram Maudy Ayunda

Selain belajar mengatasi masalahnya sendiri, anak juga akan menjadi lebih mandiri dan tangguh. Ia akan belajar cara mengatur hidupnya, menjaga diri, mengatur keuangan dan juga agar tidak ketergantungan terhadap orang lain.

Merantau Meningkatkan Kreatifitas dan Soft Skill Seseorang
Semakin jago bertahan mengatasi kesulitan yang dihadapinya, maka seseorang akan semakin kreatif dan terlatif soft skill nya. Soft skill ini memang didapat dari pengalaman dan belajar, sulit untuk langsung diajarkan. Dalam hidup, soft skill ini mempunyai peranan yang sangat penting karena setiap waktu kita sering dihadapkan dengan berbagai bentuk interaksi dan situasi berhadap dengan orang lain.

Soft skill juga penting lho ternyata dalam menentukan keberhasilan karir seseorang. Soft skill seseorang akan semakin optimal saat anak dibiarkan merantau karena dalam moment ini anak akan dihadapkan dengan lingkungan dan budaya baru yang berbeda dengan kehidupannya sehari- hari.

maudy ayunda,merantau
Maudy Ayunda / via Instagram

[ Baca Ini Juga Ya : 10 Cara Keren Miliarder Dunia Menghabiskan Uang Mereka ]

Merantau Membantu Anak Mempunyai Kemampuan Berpikir yang Hebat

Menurut sebuah studi yagn dilakukan oleh William Maddux dari Perancis, mereka yang pernah sekolah di luar negeri atau yang pernah terlibat dalam lingkungan multi-kultural atau lintas budaya, ternyata memiliki kemampuan berpikir yang lebih hebat. Mereka cenderung lebih fleksibel, open-minded, kreatif dan dapat menyelesaikan masalah dengan perspektif yang baik.

Merantau Membuat Anak Mahir Bahasa Asing

Entah itu merantau ke luar negeri atau sekedar ke daerah lain, menguasai bahasa baru adalah salah satu skill yang membanggakan. Mempelajari bahasa asing bukan hanya mampu menambah wawasan dan meningkatkan pemahaman kita terhadap budaya orang lain, tapi juga meningkatkan kecerdasan kita secara keseluruhan.

Seperti yang kita ketahui, seorang anak yang mempunyai kemampuan bilingual mempunyai performa yang lebih baik dalam melaksanakan tugas, serta memiliki fungsi memori jangka pendek yang lebih baik. Dari segi kesehatan, mempelajari bahasa asing dapat meminimalisir resiko terkena penyakit Alzheimer.

Dengan Merantau, Anak akan Semakin Membumi dan Mempunyai Karakter yang Hebat

Sukses dalam mendidik anak bukan hanya soal pencapaian angka dan target saja, tapi juga menjadikan anak bermental tangguh, berkarakter hebat dan membumi. Anak yang merantau akan dapat melihat budaya orang lain dari perspektif yang lebih baik. Ini membuat anak tersebut dapat dengan baik menerima perbedaan dan tetap rendah hati. Di saat dunia dipenuhi dengan orang- orang yang mudah terprovokasi SARA, kita tentu saja membutuhkan lebih banyak orang yang dapat melihat dan menghargai budaya orang lain dari kacamata yang berbeda.

maudy ayunda,merantau,budaya
Merantau membantu kita memahami budaya orang lain/ via Instagram Maudy Ayunda

[ Baca Ini Juga Ya : 6 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Menikah, Jangan Sampai Nggak, Kamu Nanti Akan Menyesalinya ]

Para orang tua tentu saja punya kekhawatiran tersendiri mengapa tidak memperbolehkan anaknya merantau. Meski demikian, semoga artikel ini cukup menginspirasi para orang tua untuk lebih bersemangat lagi untuk mengirim anak mereka agar ditempa di negeri rantau. Dengan segudang manfaat positif, nggak ada salahnya kan untuk mencoba?

Komentar

komentar