Jangan Langsung Tidur Setelah Makan, Ini Bahayanya buat Kesehatan

bukan sekedar mitos, tapi terbukti secara medis

makan,tidur,obesitas

Jangan tidur setelah makan. Begitu kata orang tua menasehati anak- anaknya. Tidak jarang kita menganggap himbauan ini sebagai mitos belaka. Memang sih ya, perut yang kenyang paling enak untuk berleha- leha dan akhirnya ketiduran. Padahal, nasehat untuk tidak tidur setelah makan ini ternyata memang ada kaitannya dengan kesehatan. Nah lho!

Setiap harinya tubuhnya kita membutuhkan cukup banyak nutrisi penting untuk beraktifitas. Nutrisi ini pada umumnya terkandung di makanan yang kita konsumsi sehari- hari. Dengan nutrisi harian yang terpenuhi, maka seseorang dapat menjalankan aktifitasnya dengan lancar tanpa hambatan. Sesuai dengan manfaatnya, sudah sepantasnya nutrisi ini digunakan untuk mendukung aktifitas- aktifitas yang kita lakukan, selain juga menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar.

[ Baca Ini Juga Ya : Bikin Ngiri, Banyak Makan Tapi Tetap Kurus?? Ini Penjelasan Medisnya.. ]

Bahaya Tidur Setelah Makan

Lantas apa yang terjadi jika nutrisi yang harusnya kita gunakan untuuk mendukung kita beraktifitas ternyata tidak kita gunakan sama sekali?? Nah.. misalnya habis makan langsung tidur seperti yang sedang kita bahas kali ini? Dikutip dari Livestrong, ternyata ini lho akibatnya bila setelah makan langsung tidur  :
#1 Meningkatkan Potensi Obesitas
Obesitas atau kegemukan yang luar biasa ini adalah salah satu bahaya yang paling sering mengintai mereka yang suka langsung tidur setelah makan. Obesitas juga akan lebih cepat terjadi pada mereka yang suka mengonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur. Jika sering dilakukan, berat badan akan naik secara drastis tanpa terkendali.

Saat asupan kalori masuk ke dalam tubuh kita dan kita tidak melakukan aktifitas lain, maka kalori itu tidak terbakar dan justru menjadi lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Dalam kebiasaan yang berulang, lemak ini akan semakin banyak menumpuk dan akhirnya tanda- tanda obesitas mulai terlihat. Jangan nunggu sampai obesitas untuk menyadari bahaya ini ya?

obesitas,kegemukan,tidur
Obesitas paling mudah menyerang mereka yang langsung tidur setelah makan

#2 Asam Lambung Meningkat
Setelah kita selesai makan, biasanya makanan belum tercerna secara sempurna. Membutuhkan waktu beberapa saat untuk akhirnya makanan turun sepenuhnya. Yang terjadi saat kamu langsung tidur setelah makan, terjadi gravitasi yang menyebabkan proses terbaliknya dari lambung ke kerongkongan. Hal ini mengakibatkan asam lambung naik dan berpotensi melukai kerongkongan, dan akan menciptakan sensasi luka yang terasa panas atau perih, serta membuat mulut terasa pahit.

asam lambung,sakit perut
Asam lambut meningkat bisa membuat perut merasa perih dan mual

#3 Serangan Jantung
What??? Tidur setelah makan bisa mengakibatkan serangan jantung?? Menurut ilmu medis, serangan jantung dapat terjadi sewaktu- waktu akibat adanya lemak yang menumpuk dan beresiko menyumbat bagian- bagian pembuluh darah. Hal ini lah yang bisa meningkatkan resiko seseorang dalam mengalami serangan jantung. Penumpukan lemak ini sendiri dapat terjadi karena kebiasaan buruk dalam makan sesaat sebelum tidur yang membuat lemak dan kalori tidak terbakar. Ngeri ya??

serangan jantung
Resiko serangan jantung juga semakin meningkat

[ Baca Ini Juga Ya : Kamu Wajib Tahu, Buah Kersen yang Nggak Dianggap Ini Ternyata Banyak Manfaatnya Lho! ]

#4 Meningkatkan Resiko Penyakit Stroke
Banyak penelitian mengungkapkan hasil yang sama antara kaitan tidur setelah makan dan resiko terkena penyakit stroke. Mereka yang memiliki resiko terendah mengalami stroke adalah mereka yang menunggu waktu paling lama antara jeda tidur dan waktu makan. Stroke ini sendiri kerap terjadi karena kerasnya kerja sistem pencernaan kita yang berdampak pada meningkatnya kolesterol dan tekanan darah yang juga bisa memicu terjadinya stroke itu sendiri.

stroke
Resiko stroke juga meningkat/ via Flint Rehabilitation Devices

#5 Meningkatkan Resiko Diabetes
Diabetes juga merupakan salah satu resiko yang palng sering dialami oleh mereka yang sering langsung tidur setelah makan. Penyakit yang satu ini meruppakan efek domino akibat terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh dan kegemukan yang disebabkan oleh kebiasaan tidur setelah makan. Mulai hari ini dan seterusnya, hindarilah kebiasaan tidak sehat ini.

diabetes,tes diabetes
Diabetes, salah satu penyakit yang berbahaya di dunia/ via e medicine health

#6 Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan sangat mungkin terjadi pada mereka yang sering langsung tidur setelah makan. Ini terjadi lantaran proses pencernaan belum selesai sepenuhnya. Jika makanan yang dicerna saat itu kebetelan pedas dan menggandung kolesterol tinggi, maka efek tambahan yang langsung dirasakan adalah sembelit dan sakit perut.

gangguan pencernaan,sakit perut
Gangguan pencernaan sering terjadi akibat langsung tidur setelah makan

[ Baca Ini Juga Ya : Sebelum Jadi Kebiasaan, Baca Dulu Bahaya dan Manfaat Mandi Malam Ini ]

Sekarang sudah yakin kan kalau anjuran jagnan tidur setelah makan itu bukan mitos belaka? Daripada memendam resiko kesehatan untuk diri sendiri, yuk uat gaya hidup kita menjadi lebih sehat lagi. Bukankah tidak ada harta yang lebih berharga dibandingkan dengan kesehatan?? Share juga artikel ini biar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya 🙂

Featured Image Credit: New York Magazine

 

Komentar

komentar