Masih Jomblo tapi Suka Boros? Coba deh Jauhi Kebiasaan ini Agar Keuanganmu Aman

Jomblo justru waktu yang pas buat mengatur keuangan

Cowok jomblo

Sering merasa nggak sih kalau saat kita masih jomblo kita merasa bebas untuk melakukan hal apapun karena nggak ada yang menghalang- halangi kita? Happy sih ya menikmati kebebasan keuangan karena kita nggak lagi menghabiskan uang untuk kencan dan pacar.

Yang sering kita lewatkan, kita kadang justru semakin tidak mengontrol pengeluaran kita dengan dalih kebebasan. Saat waktu gajian tiba, mulai deh kita menghambur- hamburkan uang demi kesenangan semu semata.

Sebenarnya memang nggak ada salahnya menghibur diri dengan membeli barang- barang yang kita mau. Toh pakai duit sendiri juga. Namun, jika kita berpikir ke depan, justru menjadi jomblo berarti adalah kesempatan untuk menabung dan mengatur keuangan kita dengan lebih bijaksana. Jangan kebalikannya, menghambur- hamburkan uang hanya karena merasa jomblo dan belum punya tanggung jawab apa- apa.

Baca Ini Juga Ya :   10 Rahasia Hidup Sederhana, dan Bahagia yang Bisa Kamu Terapkan Dalam Hidupmu Saat Ini Juga

 

Hindari Kebiasaan Mubazir agar Keuangan Kamu Aman

Kebiasaan apa saja sih yang perlu kamu tinggalin agar keuanganmu aman? Simak tips berikut ini yaa…

1. Boros tak terkendali

nongkrong bersama teman
Nggak sedikit para jomblo yang justru lebih boros daripada mereka yang sudah menikah. Apalagi kalau mereka menerima gaji pertama. Rasanya sih ke mall pengen banget beli semua isinya, hehehe….

Belum lagi munculnya perasaan hidup rasanya nggak lengkap kalau belum nongkrong bareng teman- teman. Asal nggak sering sih sebenarnya nggak masalah .Tapi yang kerap terjadi, disini biasanya uangmu banyak terbuang dengan percuma.

Bayangkan saja jika setiap akhir pekan kamu nongkrong bareng temanmu di sebuah kafe dengan pengeluaran minimal serratus ribu setiap nongkrong. Kalau sebulan kamu nongkrong 3-5 kali, sudah berapa banyak uang yang kamu keluarkan? Hmmmm… angka yang lumayan, bukan?

Baca Ini Juga Ya :   Kamu Sulit untuk Bahagia? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

2. “Investasi? Nanti dulu dehh…”
Investasi
Padahal, banyak lho jutawan- jutawan muda ini yang sukses karena punya investasi ini dan itu. Buat kamu para jomblo, ini justru kesempatan yang pas buat mulai berinvestasi! Nggak usah muluk- muluk, coba deh mulai dengan investasi emasi atau membeli reksa dana yang harganya mulai dari Rp 100.000.

3. Kamu belum punya tujuan keuangan yang jelas
Rencana keuangan
Orang yang merasa hidupnya masih bebas seringkali menikmati waktu- waktu tanpa tujuan yang jelas. Termasuk dalam hal keuangan. Apa kamu pernah merasakan hal ini juga??

Justru dari jomblo ini kamu harus mulai mempersiapkan rencana mau digunakan untuk apa kalian. Jangan sampai karena merasa nggak ada tanggungjawab, kamu pun jadi nggak puinya tujuan keuangan yang jelas.

Misalnya kamu punya keinginan untuk beli rumah atau mobil, maka kamu akan lebih menghemat demi mempersiapkan dirimu untuk bisa meraih keinginan itu. Jadi, yuk pastikan dirimu punya tujuan atau rencana keuangan yang jelas agar uangmu nggak habis untuk hal yang nggak perlu.

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Sedih Kalau Masih Jomblo, Mungkin Saja Jodohmu Beda Benua. Kayak Cowok asal Lombok yang Dapat Bule Cantik Ini

4. Kamu mengabaikan pentingnya Tabungan
Tabungan
Jomblo mah bebas.
Hmmm… iya sekarang jomblo, tapi ada saatnya nanti kamu akan punya pasangan dan memikirkan pernikahan dan rumah tangga. Jadi, menabunglah dari sekarang! Bukan hanya demi mempersiapkan masa depan saja, tapi tabungan jug akan membantumu menangani kebutuhan mendesak dengan baik.

 

Jadilah jomblo yang cerdas. Meskipun masih sendiri, tapi kamu sudah mengaturnya untuk mempersiapkan dirimu dengan tanggung jawab yang besar. Pada akhirnya semua akan kembali ke kamu dalam bentuk keuntungan yang kamu syukuri. Setuju?

 

 

Komentar

komentar