Lakukan 5 Kebiasaan Kecil Ini Secara Teratur JIka Kamu Ingin Sukses

kebiasaan kecil, tapi bisa membangunmu menjadi pribadi tangguh

kebiasaan kecil,sukses

Ada banyak cara untuk meraih kesuksesan. Ada yang belajar sampai ke luar negeri. Ada yang berjuang dari nol da nada juga yang memupuknya melalui kebiasaan- kebiasaan kecil. Seringnya sih kebiasaan kecil ini diremehkan, tanpa kita sadari, justru dari kebiasaan ini lah kita menjadi pribadi yang tangguh dan lebih siap menjemput sukses.

Sama seperti kebiasaan yang sudah lama diterapkan oleh mereka yang sudah duluan meraih #sukses dan Berjaya di masanya, lima kebiasaan ini juga bisa kamu tiru agar semakin mudah untuk meraih suksesmu. Coba yuk..

[ Baca Ini Juga Ya : 8 Filosofil Hidup yang Bisa Kita Pelajari dari Bermain Layang- Layang ]

#1 Awali dengan Manajemen Waktu yang Baik
Disiplin adalah salah satu kiat terpenting meraih kesuksesan. Untuk menegakkan disiplin, tentu saja kita membutuhkan manajemen waktu yang baik.  Dengan mengelola waktu kita dengan baik, kita bisa memaksimalkan energi dan pikiran kita seperti seharusnya.

manajemen waktu,time management
Manajamen waktu membantu mengelola energi dan pikiran dengan cerdas

#2 Hindarilah Menunda Pekerjaan
Menunda pekerjaan hanya akan menciptakan masalah tambahan untuk kita. Percaya atau tidak, menunda pekerjaan kita adalah salah satu cara paling mudah untuk menciptakan rasa malas yang lebih besar yang menggiring kita ke pintu kegagalan. Jika pekerjaan atau tugas yang kita tangani saat itu relatif sulit, kita harus lebih terpacu lagi untuk segera menyelesaikannya, sehingga kita punya banyak waktu untuk mengejar target- target kita yang lain.

menunda pekerjaan,menunda
menunda pekerjaan = menambah pekerjaan

#3 Tentukan Daftar Prioritas
Tahu nggak sih mana list yang palng penting atau urutan target yang ingin kamu capai? Kalau belum tahu, wajib banget buat kamu menentukan daftar prioritas. Daftar prioritas ini nggak harus sesuatu yang serius banget kok. Kamu bisa mulai menentukannya sesaat setelah bangun pagia tau malam menjelang tidur. Buat lah daftar prioritas tugas yang harus dikerjakan, mulai dari yang terpenting, hingga yang palng tidak penting. Setelah daftar selesai dibuat, jangan lupa untuk mengeksekusi sesuai urutan yang telah dibuat.

[ Baca Ini Juga Ya : Jika Ingin Anakmu Kelak Membumi dan Hebat, Membiarkan Dia Merantau adalah Cara Paling Tepat ]

Jika dalam daftar itu ternyata ada beberapa tugas besar yang proses pengerjaannya membutuhkan beberapa langkah, maka pecah kembali tugas tersebut ke dalam beberapa point, lalu buat prioritaskan kembali point tersebut dalam sebuah urutan sehingga semakin mudah dikerjakan.

Ribet?? Nggak juga sebenarnya. Kamu hanya perlu untuk membiasakan diri untuk bermain dengan daftar prioritas ini. Setelah itu, baru deh mulai terasa manfaatnya kalau menyusun prioritas ini membuatmu semakin efektif dan efisien dalam mengerjakan tugas.

prioritas,check list, to do list
Susun prioritass dan laksanakan

#4 Kuasai dan Kontrol Pikiranmu
Apa yang kita pikirkan bisa sangat memperharuhi pola hidup, sikap dan karakter kita. Maka dari itu penting banget buat bisa menguasai dan mengontrol pikiranmu. Jangan mudah terbawa arus, dan jangan mudah juga dipengaruhi oleh siapapun, meskipun itu sahabat sendiri atau juga sosok idolamu.

Pikiran memang dikenal memiliki peranan penting dalam hidup kita. Latihlah agar otakmu memiliki mindset yang optimis, percaya diri, cukup ambisius dan pantang menyerah untuk meraih apa yang kamu inginkan. Ingat juga bahwa kamu juga mungkin gagal, tapi rasa optimisdan keyakinanmu akan membawamu bangkit kembali dan siap mencoba lagi dan lagi. Ingat ya, orang sukses juga sering gagal berkali- kali kan? Tapi mereka selalu bangkit dan mencoba kembali.

pikiran,mindset
Kuasai dan kontrol pikiranmu/ via Collaboration for Impact

#5 Miliki lah Rasa Empati
Untuk meraih sukses yang hakiki, tidak cukup hanya mengandalkan kecerdsaan otak, atau gelar sarjana dengan atribut cum laude. Semua yang kamu miliki ini akan menjadi tidak berarti jika kamu tidak memiliki empati terhadap lingkungan sekitarmu, baik itu kantor, kelas atau bahkan lingkungan rumahmu. Setiap hari kamu hanya sibuk memikirkan diri sendiri, tanpa ada keinginan untuk bersosialisasi dan belajar dari orang lain.

Jadi, selain sibuk mengejar target- targetmu, luangkanlah waktu untuk berbagi dan belajar dari lingkunganmu. Milikilah rasa empati dan jalinlah lebih banyak persahabatan dengan orang di luar sana.

empati,ramah tamah,persahabatan
Tingkatkan empati terhadap lingkungan sekitarmu/ via VideoGranth

[ Baca Ini Juga Ya : Kalau Kamu Ingin Membuat Semua Orang Bahagia, Kamu akan Kecewa ] Terkesan sepele tapi sulit dipraktekkan ya? Yaps, tapi bukan berarti tidak bisa. Yuk praktekkan kebiasaaan- kebiasaan kecil ini agar sukses juga semakin mudah kita raih.

Komentar

komentar