Sering Nggak Disadari, Ini Dia 6 Kesalahan Paling Sering Orang Indonesia Saat Bicara Bahasa Inggris

Kesalahan yang sering terjadi tapi tidak disadari

Berbicara bersama

Bahasa Inggris sering dianggap sebagai bahasa yang paling penting di dunia. Bukan buat keren- kerenan, tapi memang bahasa Inggris yang paling sering digunakan untuk kebutuhan komunikasi secara internasional.

Di Indonesia, nggak jarang orang melakukan beberapa kesalahan saat berbicara dalam Bahasa Inggris. Sebenarnya kesalahan ini masih tergolong wajar karena Bahasa Inggris bukanlah Bahasa ibu. Namun jika kita memang ingin terdengar seperti native speaker, maka sebaiknya kita lebih teliti untuk menghindari kesalahan- kesalahan berikut ini. Kalau kamu ingin Bahasa Inggrismu lancer seperti Bule, coba lah untuk belajar menghindari kesalahan ini

 

1. Salah Pemilihan Kata
Sama seperti Bahasa lainnya di dunia, Bahasa Inggris juga memiliki ragam kosa kata yang sangat banyak. Biasanya ada sebuah kata yang mempunyai sinonim yang cukup banyak, namun punya fungsi yang berbeda- beda sesuai dengan konteks tertentu. Sebuah kosa kata bisa saja nggak cocok untuk dipakai dalam situasi tertentu. Contohnya saja kata die yang berarti meninggal/ mati secara harfiah. Namun untuk menjelaskan tentang orang, maka kata pass away adalah kata yang lebih tepat.

Baca Ini Juga Ya :   Coba Deh Fokus, Hewan Apa sih Yang Kamu Lihat Pertama kali? Kepribadianmu Bisa Dilihat Dari Sini

2. Penempatan Kata Terbalik
Kesalahan penempatan kata yang terbalik juga sangat umum dilakukan orang Indonesia. Hal ini terjadi lantaran susunan kalimat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris memang berbeda. Misalnya saja untuk mengucapkan “Rumah Baru”, dalam Bahasa Inggris pengucapannya adalah dengan mendahulukan kata sifat terlebih dulu baru diikuti dengan kata benda, yaitu “New Home”.

3. Salah dalam Pelafalan
Pronouncation atau pengucapan kata dalam Bahasa Inggris seringkali menjadi hal yang rumit untuk sebagian orang Indonesia. Terlebih lagi untuk kosa kata yang mempunyai tiga kosa kata atau lebih seperti kata Engineer. Orang Indonesia biasanya akan melafalkan kata ini menjadi “in-jee-near” sementara yang benar adalah “en-juh-near”.

Untuk menghindari kesalahan ini, tentunya kita harus rajin belajar meningkatkan pronouncation kita, baik dengan belajar melalui kursus, atau dengan lagu, film, atau bahkan menggunakan aplikasi cerdas di smartphone kita.

4. Salah dalam Penggunaan Grammar/ Struktur Kalimat
Kesalahan grammar adalah salah satu jenis kesalahan yang paling sering dilakukan. Untuk menghindari kesalahan yang satu ini memang perlu usaha ekstra secara konsisten. Bahkan orang yang sudah belajar Bahasa Inggris selama bertahun- tahun pun sangat mungkin melakukan kesalahan dalam struktur kalimat ini. Tentu saja ini bukan alasan untuk mentolerir keslaahan yang kita buat. Cobalah belajar untuk meningkatkan kemampuan grammer mu dan memperbaiki struktur kalimatmu dalam Bahasa Inggris.

Baca Ini Juga Ya :   Orang yang Kamu Pikir Pemalas itu Ternyata Sangat Cerdas, Ini Dia Alasannya

5. Salah dalam Penekanan Suku Kata
Kesalahan yang satu ini sebenarnya nggak begitu penting sih. Tapi kenyataannya, justru disinilah perbedaan antara yang native speaker dan yang bukan. Orang yang tidak menjadikan Bahasa Inggris sebagai Bahasa utama akan sering melakukan kesalahan dalam menekankan suku kata. Penekanan disini maksudnya adalah suku kata yang diberikan tekanan lebih dibandingkan suku kata yang lain.

Di dalam kamus, kata- kata ini biasanya ditandi dengan tanda petik atas. Contohnya adalah kata EDUCATE, dimana di frasa ini, suku kata E di depan mendapatkan tekanan lebih, dibandingkan dengan suku kata selanjutnya yang diucapkan secara datar. Beda lagi dengan kata EDUCATION dimana yang diberi tekanan adalah pada suku kata ketiga, e-dju-KEI-sien. Mau lihat contoh lainnya? Cobalah dengan membuka- buka kamus Bahasa Inggris- mu.

Baca Ini Juga Ya :   Mau Lebih Pintar? Cobain Deh 5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Ini

6. Kurang PD dan Takut Salah
Nggak jarang orang Indonesia merasa ragu- ragu dan takut dalam mencoba berbicara Bahasa Inggris. Ada rasa takut salah, nggak PD, sekaligus takut dinyinyirin karena dianggap sok pintar dan sok keren. Padahal sih, maksud kita ya mencoba sekaligus sambil belajar. Justru dari kesalahan- kesalahan kecil ini lah kamu bisa meningkatkan Bahasa Inggris mu secara berlahan.

Saat kamu mencoba berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dan lawanmu tidak menangkap dengan bai kapa yang kamu sampaikan, kamu juga bisa mengulangnya lagi. So, nggak ada alasan buat takut mencoba ya. Pada akhirnya kamu juga akan menyadari kok kalau cara terbaik untuk belajar Bahasa Inggris ya dengan mencoba mempraktikannya sesering mungkin.

 

Komentar

komentar