Mengharukan, Berniat Khitbah, Pemuda Ini Malah Langsung Diminta Nikah oleh Calon Mertua

Jika agama saja memudahkan, mengapa kita membuatnya rumit?

khitbah,islam,taaruf,akad nikah

Nikah itu MAHAL. Setidaknya itu lah persepsi yang beredar di kalangan masyarakat kita saat ini. Biaya resepsi yang nominalnya lumayan ini juga lah yang kerap membuat para pria mundur teratur saat pasangan mulai membicarakan soal ‘nikah’. Tapi emang harus gitu ya? Nggak juga.. kalau kamu berani untuk menikah yang berbeda dari adat istiadat kebanyakan. Nikah itu yang utama SAH, setuju??

Persis seperti kejadian yang sedang viral di sosial media saat ini. Cerita ini mulai menyebar saat sang kakak menulis sebuah status yang cukup panjang di sosial media . Di dalam status tersebut sangat kakak bercerita pada tanggal 23 Oktober kemarin ia menemani sang adik yang berniat khitbah di Majalengka.

[ Baca Ini Juga Ya : Ini Dia 9 Ciri Istri yang Menjadi Pengundang Rezeki Suami ]

Dua minggu sebelumnya, sang adik yang bernama Ali Amrizal ( Rizal ) ini telah melangsungkan proses ta’aruf. Prosesnya cukup singkat dan entah mengapa mereka merasa bahwa proses baik mereka ini diberi jalan dan dimudahkan. Saat itu sang kakak dan adik juga sempat terlibat sebuah percakapan singkat.

“Sudah Rizal siapkan cincinnya?” tanya saya.
“Sudah, mas,” jawab Rizal.
“Kamu sudah mantap?”
“Insya Allah mantap.”
“Kalau bisa setelah khitbah, jangan terlalu lama. Maksimal tiga bulan saja.”
“Insya Allah, mas.”

Untuk sebuah pernikahan, tiga bulan adalah waktu yang dianggap cukup matang, tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lama. Namun, jika memang hanya mau menikah saja, maka bisa dilaksanakan saat itu juga asal syarat- syarat sahnya sebuah pernikahan sudah terpenuhi, seperti syarat kedua calon mempelai, wali, saksi dan mahar.

Yang mengejutkan, rupanya sang ayah dari perempuan bernama Umi Mukaromah bukan hanya menerima niatan khitbah Rizal dengan baik tapi juga minta agar akad nikah segera dilaksanakan. Menurut sang ayah, jika proses ta’aruf sudah dilaksanakan, maka tidak ada alasan untuk tidak segera melangsungkan pernikahan.

[ Baca Ini Juga Ya : Bukan yang Alay, Seperti Ini Lho Relationship Goal yang Sesungguhnya! ]

“Yang mau menikah keduanya sudah saling mengenal, wali sudah ada, saksi ada, kedua keluarga menyaksikan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak segera melangsungkan akad nikah.”

Sang ayah juga melakukan ini agar kedua pasangan ini terlindung dari perbuatan zina dan juga menghindari fitnah. Apalagi di jaman sekerang ini, tidak ada yang bisa menjamin tidak terjaga dari kemaksiatan. Maka dari itu, langsung sah adalah langkah tepat dan hebat yang dilakukan oleh sang ayah.

Karena sudah mantap juga, Rizal pun langsung mengiyakan. Cincin yang awalnya akan dijadikan sebagai pengikat dalam prosesi khitbah akhirnya dijadikan mahar. Ditambah juga dengan uang tunai tujuh ratus ribu sebagai tambahan mas kawin. Bagi keluarga Rizal, hal ini memang cukup mengejutkan karena sama sekali tidak direncanakan. Namun ternyata dengan cara #Islam yang sebenarnya, urusan menikah sangatlah dimudahkan, bahkan soal urusan mahar. Subhanallah…

[ Baca Ini Juga Ya : Nikah Murah, Mudah dan Berkah dengan Biaya Dibawah 6 Juta ]

Hikmah apa yang bisa kita ambil dari cerita ini? Salah satunya adalah jika kita berani melakukan kebaikan dan menjauhi kemaksiatan, insya Allah urusan kita akan dimudahkan. Dalam Islam, #menikah adalah salah satu ibadah yang pahalanya sangat besar. Jika agama saja memudahkan, mengapa kita membuatnya rumit dengan alasan budaya dan keinginan orang? Setuju?? Bagaimana pendapat kalian??

Komentar

komentar