Miris.. Kornea mata gadis ini robek akibat pakai lensa kontak 10 jam non-stop

Duhhhh… ambil pelajaran dari ini ya..

kontak lensa,soft lensa,kornea mata,mata sakit

Siapa sih yang nggak kenal dengan Lensa Kontak alias Soft Lens? Bukan buat gaya- gayaan, tapi soft lense ini juga dibutuhkan sebagai solusi praktis buat mereka yang nggak suka pakai kacamata. Pakai lensa kontak sih sebenarnya nggak masalah, asal kita tahu resikonya dan menggunakannya dengan cara yang tepat.

Lensa kontak emang ada resikonya?? Ada banget… justru kamu bisa membahayakan dirimu sendiri juga kalau kamu nggak memhami resiko dan bahaya penggunaan lensa kontak ini. Bisa- bisa kamu mengalami nasib nahas serupa dengan Meabh McHugh-Hill, gadis berusia 23 tahun yang nyaris mengalami kebutaan akibat penggunaan lensa kontak.

[ Baca Ini Juga Ya : Kakek Usia 95 Tahun Berjualan Tahu hingga Dini Hari, Jika Habis Untung Hanya  Rp 16.000  ]

Kejadian mengerikan ini terjadi saat Meabh memakai kontak lensa selama 10 jam non stop. Seperti dikutip dari The Mirror, ( 31/10 ), Meabh mengaku lupa melepas lensa kotaknya usai menonton film bersama sang pacar. Karena lelah, ia pun langsung tertidur begitu tiba di rumah. Yang terjadi kemudian, kornea mata gadis asal Belfast, Inggris, ini robek lantaran lensa lengket dan tidak bisa dicopot dari matanya.

Saat Meabh terbangun, ia telah memakai lensa kontak selama total 12 jam lebih. Tentu saja durasi ini jauh diatas batas penggunaan lensa kontak yang diperbolehkan, yaitu hanya maksimal 8 jam sekali pakai. Ia pun panik saat lensa kontak tidak mau lepas, sehingga ia menarik paksa lensa itu dan membuat kornea matanya robek.

Akibat kerobekan korena ini, Meabh dilarikan ke rumah sakit. Dr David Allamby yang menangani operasi gadis muda ini kemudian mengatakan bahwa meabh tidak akan diperbolehkan untuk menggunakan lensa kontak lagi.

[ Baca Ini Juga Ya : Ajaib Banget! Jepang Hanya Butuh Dua Hari Mengatasi Jalan Ambles 15 meter ]

“Aku merasakan sakit di mataku selama seminggu. Penglihatanku membaik namun mataku masih sangat sensitif. Aku sangat beruntung. Aku bisa saja menjadi buta akibat memakai lensa kontak,”  lanjutnya.

Meabh sendiri mengatakan bahwa dirinya memang sering ‘bandel’ soal urusan melepas soft lense ini, bahkan sejak berusia 16 tahun.

“Aku memakai kacamata siang hari dan lensa kontak saat jalan-jalan di malam hari,”  ucapnya.

Saat mulai masuk ke Universitas, kebiasaan bandel ini semakin menjadi- jadi. Ia mulai terbiasa untuk menggunakan kontak lensa ini sepanjang hari. Kebiasaan buruk ini lambat laun membuat matanya semakin kering dan kerap mengalami infeksi.

“Aku memasangnya saat pagi. Kemudian melepasnya saat sore hari selama 15 menit. Lalu memasangnya lagi. Aku bangun keesokan harinya, mataku sakit dan tidak bisa dibuka sama sekali,” pungkas Meabh dengan penuh penyesalan.

[ Baca Ini Juga Ya : Banyak Wanita Terlihat Paling Cantik di Usia 30 an? Ini Alasannya ]

Pengalaman Meabh ini semoga menjadi pembelajaran untuk kita semua agar lebih berhati- hati dalam menggunakan lensa kontak. Ingat ya, semua ada porsinya masing- masing. Lensa kontak memang sangat membantu kita, tapi jika penggunaannya salah, kita justru bisa menjadi korban bahayanya.

 

 

Komentar

komentar