Bikin Ngiler, Ini 6 Kuliner Khas Solo yang Dikenal Paling Enak!

rasanya maknyuss dan bikin nagih..

kuliner,solo,surakarta

Solo memang dikenal sebagai salah satu kota ratu #kuliner di Indonesia. Bukan Cuma karena ragam kulinernya yang unik saja ya guys, tapi juga karena setiap makanan khas ini punya sensasi rasa yang super maknyuss.

Masakan khas Solo, seperti umumnya masakan Jawa lainnya, dikenal bercita rasa manis. Gula jawa dan kecap manis adalah dua bahan yang kerap wajib ada untuk meracik masakan khas Solo. Daripada penasaran, langsung intip yuk  kuliner Solo yang terkenal paling enak dan siap- siap bikin kamu pengen berburu makanan saat ini juga!

#1 Serabi Notosuman
Serabi atau yang juga disebut dengan Srabi dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan dimasak diatas arang mirip pannekoek tanpa menggunakan minyak. Karena diproses tanpa minyak, maka ciri khas dari serabi ini biasanya memiliki sedikit tekstur gosong. Tapi jangan salah, justru ini nih yang bikin serabi Solo semakin enak disantap.

Dari beberapa Serabi yang terkenal di Solo, yang menjadi unggulan dan favorit kebanyakan pelancong adalah Serabi Notosuman. Serabi ini dikenal memiliki rasa yang enak dan gurih. Untuk yang penasaran, bisa banget lho mampir ke Solo Kota di Jalan M Yamin 28, Serengan. Dijamin nggak bakal nyesel deh!

serabi notosuman,serabi,srabi,solo
Serabi Notosuman via Katadia

[ Baca Ini Juga Ya : Nggak Perlu Sedih Liburan Sendiri, Ternyata Banyak Manfaatnya Buat Kamu ]

#2 Timlo
Nama Timlo sempet ngehits sebagai salah satu grup band lawak ya. Tapi ini bukan timlo yang itu bukaannn :D. Timlo disini adalah makanan khas Solo yang berupa sup yang dilengkapi dengan telur, kembang tahu dan daging ayam atau sapi sebagai pengisinya. Timlo paling enak disantap saat masih hangat, apalagi kalau cuaca sedang hujan rintik- rintik. Duhhh.. syahdu bener dehh!

timlo,kuliner solo


#3 Nasi Liwet
Perut bisa mendadak lapar lagi kalau sudah lihat yang namanya nasi liwet. Sebenarnya sih nasi liwet ini tidak berbeda jauh dari nasi- nasi lainnya. Yangmembuat nasi ini istimewa tidak lain adalah komposisi sajiannya yang sangat menggugah selera. Dalam satu porsi nasi liwet ini terdapat telur, suwiran ayam, sayur labu siam dan kuah khas nasi liwet yang sering disebut dengan areh.

Cara penyajian nasi liwet ini juga tradisional banget, yaitu dengan menggunakan piring bamboo yang dilapisi dengan daun pisang, yang membuat rasa nasi liwet ini semakin terasa khas.

nasi liwet,kuliner solo
Nasi Liwet Solo via TandaPagar


#4 Tengkleng
Tengkleng ini sering banget bikin para traveller ketagihan. Dalam kuliner yang satu ini, seringkali bahan utama yang digunakan adalah daging kambing, sehingga makanan ini juga dikenal dengan sebutan tengkleng kambing. Dari penampilannya memang sekilas mirip dengan gulai  kambing, tapi sebenarnya beda banget. Gulai kambing identik dengan kuah kentalnya karena menggunakan santan yang cukup banyak. Namun, tengkleng kambing Solo ini dikenal dengan kuahnya yang lebih encer. Selain itu, daging dan tulang kambing juga digunakan sebagai salah satu bahan utama untuk membuat kuliner yang super enak ini. Wahhh.. tiba- tiba langsung kebayang deh seporti tengkleng di meja makan >.<

tengkleng,kuliner solo
Tengkleng via TokoMesin


#5 Selat Segar Solo
Namanya memang sedikit nyentrik, tapi.. lagi- lagi ini adalah kuliner Solo yang super enak. Selat Segar Solo ini sendiri sebenarnya adalah modifikasi dari beefsteak ( atau sering dibaca bistik ) yang dibuat dengan versi bumbu yang lebih kejawen. Sajian utama dari seporti selat Segar Solo adalah daging sapi yang diiris agak tipis ( lebih kurang 6-7mm, seukuran 15cmx7cm ), lalu dimasak dengan cara disemur.

Selain dengan daging sapi, Selat Segar Solo juga disajikan dengan tambahan bahan putih telur rebus, kripik kentang, buncis dan wortel yang sebelumnya ditumis dengan margarin, bawang  merah, tomat potong dna lada serta disiram dengan kuah lezat berwarna kecoklatan yang terasa manis dan gurih.

Agar buncis dan wortel yang dasarnya berasa plain ini memiliki cita rasa, sebelum penyajiannya, ditumis margarine dengan bawang merah, tomat potong dan lada. Kentang yang disajikan sebagai penghasil karbohidrat sengaja diiris tipis agar cepat matang saat digoreng.

selat segar solo,kuliner solo
Selat Segar Solo via RumahSunatan


#6 Sate Kere dan Sate Buntel
Dalam bahasa Indonesia, kere artinya adalah miskin. Tapi bukan berarti sate kere ini artinya sate miskin. Makna dari sate ini adalah sate yagn dijual dengan harga murah. Sate kere dibuat dari potongan tempe gembus yang ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar diatas arang dengan campuran bumbu bacem yang super gurih dan manis.

Last but not least, ada juga sate buntel yang dibuat dari daging kambing cincang yang dilapisi lemak kemudian dibuntel atau dibungkuskan pada tusuk sate sebelum dibakar. Rasanya? Pasti enak!

sate kere,sate buntel,kuliner solo
Sate Kere via PojokSolo


[ Baca Ini Juga Ya : Suka Naik Gunung?? Kamu Harus Coba 5 Gunung Terindah di Indonesia Ini ]

Kapan- kapan main ke Solo, jangan lupa untuk mencicipi menu makanan diatas ya?

 

Komentar

komentar