Wahhh.. 10 Makanan Ini Masih Bisa Dimakan Meski Tanggal Best-Before nya sudah Lewat

lain kali jangan asal dibuang ya makanannya…

makanan,kadaluarsa,best before

Apa sih yang paling sering dijadikan acuan untuk memastikan makanan layak makan? Salah satunya adalah tanggal kadaluarsanya. Kita sih sudah sering banget mendengar kalau makanan yang sudah lewat tanggal kadalursanya wajib untuk dibuang karena sudah tidak bisa dimakan lagi. Nyatanya, sebenarnya kita mengenal dua jenis tanggal kadaluarsa pada produk makanan lho. Dan dua hal ini lah yang paling berpengaruh pada tingkat aman atau tidaknya suatu makanan jika dikonsumsi setelah tanggal kadaluarsanya.

Seperti dilansir dari DailyMail, ternyata ada makanan- makanan tertentu yang tetap aman dikonsumsi bahkan setelah beberapa hari dari tanggal kadaluarsanya. Kebiasaan orang dulu untuk membedakan makanan tersebut aman atau tidak untuk dikonsumsi lewat bau yang tercium juga patut dicontoh. Tindakan ini juga salah  satu cara alami yang paling ampuh untuk menghindarkan kita dari membuang- buang makanan dengan percuma.

Selain dengan cara tradisional tadi, ada cara mudah untuk mengetahui tingkat keamanan makanan dilihat dari tanggal kadaluarsanya. Di industry makanan dan minuman, tanggal kadaluarsa ini terbadi menjadi dua, yaitu “shel-life” atau “best-before” dan “use by” atau “expiration date”.

Shel-life atau best beforeini adalah batas tanggal terakhir sebuah makan dalam kondisi terbaik. Artinya, setelah lewat dari tanggal tersebut, makanan masih aman untuk dikonsumsi, tapi dengan kualitas yang sudah menurun. Biasanya sih tanggal best before ini akan ditulis 1-2 hari lebih awal daripada batas yang sebenarnya. Biasanya tanggal ini kerap muncul di jenis makanan dengan cakupan yang luas, seperti makanan beku, makanan kaleng, makanan kering dan sejenisnya.

Berbeda dengan “best before”, kalimat “use by” atau “expiration date” adalah batas tanggal terakhir makanan tersebut aman untuk dikonsumsi. Artinya, lewat dari tanggal tersebut, keamanan makanan untuk dikonsumsi manusia sudah benar- benar diragukan. Ada potensi keracunan bila kita nekat untuk mengonsumsinya. “Expiration date” atau “used by” ini biasanya tertera pada makanan  yang cepat busuk atau rusak, seperti daging asap, salad siap makan atau produk olahan daging.

Selain dua hal ini, kita juga wajib untuk memperhatikan petunjuk penyimpanan makanan, seperti “keep in a refrigerator” atau simpan dalam lemari es. Jika kita mengabaikan hal ini, besar kemungkinan kita telah merusak kualitas makanan dengan lebih cepat. Sekali saja makanan dengan label “use by” terbuka misalnya, kita harus mengikuti petunjuk selanjutnya, seperti makanlah dalam 3 hari sesudah kemasan dibuka.

10 Makanan yang Tetap Bisa Dimakan Meski Tangagl Kadaluarsa Sudah Lewat

Kabar baiknya, ada lho 10 makanan yang tetap bisa dimakan meskipun tanggal best-before nya sudah lewat. Apa saja? Baca penjelasannya :
#1 Susu dan Yogurt
Susu yang telah dipasteurisasi dapat bertahan lebih lama sebanyak 50% ijika disimpan dalam temperature yang cukup rendah. Untuk menyimpannya, disarankan bukan di pintu, melainkan di bagian paling belakang lemari pendingin. Jika susu mulai terasa asam, bisa dimanfaatkan sebagai campuran pancake. Namun jika susu tidak mulai berbau dan mengental, maka susu ini dalam kondisi baik- baik saja.

Yogurt juga bisa dikonsumsi meski telah lewat tanggal kadaluarsanya. Yang perlu dicatat, yogur dengan tutup terbuka akan lebih mudah basi dibandingkan dengan yogurt tertutup. Maka dari itu, simpanlah Yogurt di lemari es dalam kemasan tertutup agar dapat bertahan lama dari tanggal kadaluarsanya.

yogurt,susu,makanan
Yogurt/ via Pixabay

#2 Telur
Seorang ilmuwan makanan bernama Dana Gunders pernah menyatakan bahwa telur dapat bertahan selama 3-5 minggu  jika disimpan dalam temperature di bawah 5 derajat Celcius atau 41 derajat Farenheit dimana dalam suhu ini bakteri Salmonella enteritidis dapat terhambat pertumbuhannya.

Secara umum, telur sendiri memang aman dimakan setelah lewat tanggal best-before asalkan dimasak dengan tepat, yaitu hingga kuning dan putih telurnya mengeras atau dimasak menjadi campuran bahan kue atau makanan lain yang membutuhkan pemanasan sangat tinggi. Bila telur dimasak dengan tepat, maka bakteri dalam telur sudah terbunuh sehingga aman untuk dikonsumsi, terutama oleh bayi, anak- anak, orang tua, awnita hamil dan orang- orang yang sedang tidak enak badan.

telur,makanan,nutrisi
Telur/ via Pixabay

#3 Makanan Bergula
Makanan yang mengandung gula seperti selai, madu dan cokelat punya kecenderungan untuk selalu aman untuk dimakan. Madu ( alami ) tidak memiliki tanggal kadaluarsa walaupun sudah menjadi Kristal. Makanan ini aman dimakan sejak mulai dari dibuat. Sedangkan untuk cokelat, jika disimpan di tempat yang sejuk dengan suhu 21 derajat celcius atau di bawahnya, akan bisa bertahan lebih lama dari tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasan.

madu,makanan,nutrisi
Madu/ via Pixabay

#4 Kimchi dan German Sauerkraut
Kimchi adalah jenis makanan yang bersal dari Korea yang mengalami proses fermentasi sebelumnya. Sama halnya dengan German sauerkraut. Dua jenis makanan ini telah melewati proses pengawetan, penggaraman dan pengeringan sehingga aman untuk dimakan, bahkan setelah lewat masa best-before nya.

kimchi,makanan korea
Kimchi/ via Maangchi

#5 Keripik
Keripik tetap dapat dimakan meskipun sudah lembek karena sudah melalui proses penggaraman dengan jumlah banyak. Rata- rata keripik dapat dimakan hingga 3  minggu setelah tanggal best before.

keripik,makanan renyah
Keripik/ via Pixabay

#6 Biskuit
Sama seperti keripik, biscuit juga telah mengalami proses pengeringan yang cukup tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi lebih lama dari tanggal kadaluarsanya. Apabila biscuit ini menjadi lembek dan berair, kita dapat mengakalinya dengan membakar ke dalam oven hingga menjadi kering kembali. Biskuit bahkan bisa dimakan hingga dua bulan setelah tanggal best-before.

biskuit,makanan renyah
Biskuit/ via Pixabay

#7 Roti
Dengan disimpan di freezer, roti bisa dimakan kapan saja. Dalam banyak kejadian, bahkan roti yang sudah tampak berjamur masih bisa dimakan asalkan tidak lupa memotong bagian roti yang berjamur. Jamur roti ini kerap berwarna hitam atau putih.

roti,makanan sehat
Roti/ via Pixabay

#8 Pasta Kering
Pasta kering yang belum dimasak dapat bertahan lama tanpa batas asalkan disimpan dalam container kedap udara. Pasta kering ini pada umumnya memang dapat bertahan lebih lama dari tanggal kadaluarsa karena tidak mengandung air.  Selamat disimpan di tempat yang kering dan sejuk, pasta kering ini dapat bertahan setahun sejak tanggal kadaluarsanya. Selain itu, pasta segar yang tidak mengandung air masih bisa digunakan dua sampai tiga minggu sejak tanggal kadaluarsanya selama tidak memiliki bau basi tercium.

pasta kering,makanan
Pasta Kering/ via Pixabay

#9 Keju
Keju keras seperti cheddar ternyata sangat aman untuk digunakan hingga lewat dari tanggal best before-nya. Saat keju terlihat mulai tumbuh jamur di luar, kita tinggal memotongnya dan mengonsumsi bagian dalamnya kembali.

keju,makanan,nutrisi
Keju/ via Tes.com

#10 Daging
Selama daging di simpan di suhu yang tepat, daging dapat dimakan hingga dua hari setelah tanggal best-before nya. Daging juga bisa dimakan selamat idak menimbulkan baud an daging tersebut telah mengalami proses pengeringan selama kurang lebih 120 hari dan tidak mengandung air.

daging,nutrisi,makanan
Daging/ via Pixabay

Selain makanan di atas, ada juga makanan kaleng dan paket salad yang juga aman untuk dikonsumsi selama belum berjamur. Makanan kaleng wajib berada di tempat dingin dan gelap ya agar terus dapat dikonsumsi.

Komentar

komentar