Melamun Nggak Melulu Negatif. Ini Dia 5 Manfaat Melamun yang Tidak Disangka- sangka

Kata siapa melamun nggak ada gunanya?

Cowok melamun

Melamun seringkali disebut sebagai salah satu aktifitas mubazir karena dianggap tidak mempunyai manfaat dan buang- buang waktu percuma. Apalagi saat melamun kita sering dikagetkan dengan teguran, “woy, ngapain sih ngelamun”. Teguran yang semakin menafsihkan bahwa melamun adalah kegiatan yang sia- sia.

Padahal, nyaris tidak ada hal di dunia ini yang tidak membawa manfaat. Dan melamun adalah salah satu hal tersebut. Sering dianggap sebagai kegiatan buang- buang waktu percuma, namun ternyata melamun ini mempunyai banyak manfaat tak terduga.

Biar kamu nggak penasaran lagil, yuk langsung saja kita simak apa saja manfaat dari melamun yang selama ini kita abaikan :

Baca Ini Juga Ya :   16 Jurusan ini Punya Gaji Pertama Paling Tinggi di Dunia

1. Melamun mengaktifkan sekaligus mengistirahatkan otak

Tahu nggak sih, melamun dapat mengaktifkan sekaligus mengistirahatkan otak. Dengan melamun, setidaknya ada dua bagian otang yang berfungsi untuk pengambilan keputusan dan bagian yang berfungsi untuk merasakan empati. Saat melamun, keduanya dapat secara aktif melakukan tugasnya bergantian.

tidur cukup, kecerdasan,otak
via Liputan6

Dengan begitu, melamun dapat melatih kamu agar semakin cerdik dalam mengambil keputusan. Saat melamun, tubuhmu hampir mirip seperti tidur dimana otak mendapatkan manfaat istirahat. Namun bedanya, sambal beristirahat, otak juga masih dapat melakukan tugasnya dalam berpikir.

 

2. Membangkitkan kreatifitas

piknik,kreatifitas,kreatif
Ilustrasi Gambar: Pixabay

Tanpa disadari, melamun dapat melahirkan banyak karya- karya hebat yang tak pernah dipikirkan oleh banyak orang,. Melamun membuat imajinasi dan kreatifitas kamu terasah sehingga mendorongmu menciptakan karya- karya baru. Bahkan seniman terkenal seperti JK Rowling dan Woody Allen mengaku mendapatkan inspirasi karya- karya mereka lewat lamunan.

Baca Ini Juga Ya :   Ini Lho 6 Hal yang Anti Banget Diposting Cewek Smart. Biar Kadar Kerenmu Meningkat

3. Sebagai kegiatan latihan otak

otak,pintar,kecerdasan

Melamun dengan sendirinya merupakan latihan asah otak. Saat melamun kita membayangkan berbagai jenis skenario ini dan itu, entah itu nyata atau tidak. Dengan begitunya, latihan otak sama artinya dengan kegiatan mengasah otak agar otak kita menjadi semakin tajam.

 

4. Meningkatkan memori jangka pendek

Selain mengasah otak, melamun juga meningkatkan memori jangka pendek. Melamun membangkitkan kemampuan otak dalam menyimpan dan memanggil kembali informasi saat pikiran mengalami distraksi. Bisa dibilang, melamun juga menjadi latihan supaya kamu nggak jadi orang yang pelupa.

 

5. Ternyata melamun juga menyehatkan tubuh

Siapa sangka, melamun juga menyehatkan tubuhmu. Lho, kok bisa? Jadi saat melamun, level stress seseorang akan cenderung mengalami penurunan dan hal ini berdampak secara fisiologis pada kesehatan seluruh tubuh. Melamun akan membuatmu merasa lebih rileks dan sehat.

Komentar

komentar