Breaking News: Mendikbud Resmi Hapus Ujian Nasional

UN akan digelar kembali saat kualitas pendidikan Indonesia sudah merata

ujian nasional,mendikbud

Yang ditunggu- tunggu akhirnya menemui titik terang juga. Mendikbud Muhadjir Effendy akhirnya memtuskan untuk menghapus Ujian Nasional ( UN ) yang selama ini sering dianggap sebagai antitesis di dunia pendidikan.

“Dimoratorium, di tahun 2017 ditiadakan,” kata Muhadjir saat dihubungi, Jumat (25/11/2016).

Keputusan menghapus ujian nasional ini sudah 99% final dan sudah disetujui oleh Presiden. Hanya tinggal menunggu peresmian resmi via Inpres ( Instruksi Presiden ) saja.

[ Baca Ini Juga Ya : Waspadai Teknik Skimming di ATM! Ini yang Bikin  Ratusan Juta Uang Nasabah BRI Raib ]

“Saya sudah dipanggil Pak Presiden, sebelum jumatan tadi saya dipanggil. Prinsipnya beliau sudah menyetujui, tinggal menunggu inpres,” tutur Muhadjir.

Sebagai ganti Ujian Nasional, Ujian akhir bagi siswa sekolah akan didesentralisasi. Pelaksanaan ujian bagi siswa SMA-SMK dan sederajat akan diserahkan kepada pemerintah tingkat provinsi. Sedangkan untuk level SD dan SMP sederajat akan diserahkan kepada pemerintah tingkat kota/ kabupaten.

Meskipun sudah tidak ada Ujian Nasional, pelaksaan Ujian Akhir ini akan tetap berdasarkan standar nasional yang telah disepakati.

[ Baca Ini Juga Ya : Ajaib Banget! Jepang Hanya Butuh Dua Hari Mengatasi Jalan Ambles 15 meter ]

“Pelaksanaannya tetap standard nasional. Badan Standardisasi Nasional akan mengawal, mengontrol, mengendalikan prosesnya. Jadi tidak ada lagi itu supply-supply soal ke daerah dikawal polisi,” Muhadjir Effendy, seperti dikutip dari Detik.

Selanjutnya, untuk proses kelulusan siswa nantinya akan ditentukan oleh pihak sekolah. Hasil ujian akhir bukan lagi satu- satunya penentu kelulusan, namun sebagai salah satu faktor yang cukup dipertimbangkan.

[ Baca Ini Juga Ya : Ribuan Orang Berpikir Pria ini Gila. Yang Terjadi Sebenarnya Sangat Menyentuh Hati ]

Lalu, apakah ada kemungkinan Ujian Nasional akan diadakan lagi di tahun- tahun yang mendatang? Ya, menurut Muhadjir, UN akan kembali digelar saat level pendidikan di Indonesia sudah merata dari Sabang sampai Marauke. Jadi selama penghapusan UN ini, Kemendikbud mempunyai target untuk pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Wahh.. akhirnya ya apa yang kita inginkan untuk penghapusan UN dan pemerataan pendidikan akan segera diekseskusi ya? Kita doakan semoga pendidikan Indonesia akan semakin maju dengan keputusan ini.

Komentar

komentar