Keren! Mesin Seharga 9 Juta Ini Bisa Melipat dan Menyetrika Pakaian Sendiri

nggak perlu repot nyetrika manual lagi..

Inovasi teknologi memang selalu menciptakan hal baru yang sering membuat kita takjub. Bayangkan betapa dulu kita masih harus repot- repot mengirim surat ke Kantor Pos dan juga mencuci secara manual sampai tangan kita terasa kasar dan iritasi. Sekarang? Komunikasi menjadi mudah, begitu juga urusan mencuci.

Mesin cuci yang membantu kita mencuci dengan mudah sudah cukup lama ada. Tapi bukan itu yang akan menjadi kabar gembira hari ini. Karena sebentar lagi, bukan cuma urusan mencuci saja yang berhasil ditangani teknologi, tapi juga urusan melipat baju dan menyetrika. Wahhhh… keren banget ya pastinya??

Sebuah perusahaan yang berlokasi di Amerika Serikat, FoldiMate, kini telah meluncurkan sebuah robot dengan tinggi kurang lebih satu meter yang dapat membantu manusia untuk menyetrika dan melipat pakaian yang sudah kering setelah dicuci.

[ Baca Juga Ya : Begini Adab Pelajar 1880-an Ketika Melewati Gurunya. Bandingkan dengan Sekarang? ]

Cara kerjanya sangat sederhana. Pertama- tama, robot itu akan ‘menelan’ berbagai jenis pakaian kusut yang dimasukkan ke dalam mesin tersebut. Dalam waktu beberapa saat, mesin itu akan ’memutahkan’ kembali pakaian tersebut dengan keadaan sudah terlipat rapi, halus dan juga harum. Wiihhh… canggih sekali ya??

Dalam menjalankan tugasnya, robot ini mempunyai sederetan nampan yang masing- masing dapat menjepit pakaian yang ada di luar mesin. Setelah menarik pakaian tersebut ke dalam mesin, robot akan mendeteksi jenis pakaian yang masuk. Lalu serangkaian lengan robot akan mulai bertugas untuk melipatnya.

Bukan ahli dalam melipat saja, FoldiMate juga pintar dalam melicinkan kerutan di pakaian dengan cara menguapinya saat pakaian diproses keluar mesin.

foldimate,mesin,menyetrika,melipat
Ilustrasi Gambar: RealityPod

Menurut perusahaan ini, mereka hanya membutuhkan waktu kurang lebih sepuluh detik untuk melipat setiap pakaian dan dapat menyimpan antara 15-20 potong pakaian di waktu bersamaan. Masuk ke proses bagian akhir, pakaian- pakaian yang diproses akan dilepaskan dari mesin dalam satu tumpukan yang rapi.

[ Baca Ini Juga Ya : Gilaa, Akun Pokemon Go Diperjualbelikan hingga Jutaan Rupiah, Kamu Mau? ]

Dalam melakukan tugasnya, FoldiMate memang belum sempurna. Salah satu kekurangannya saat ini, mesin belum bisa melipat beberapa jenis pakaian tertentu, seperti pakaian dalam dan bahan- bahan berukuran besar seperti linen.

FoldiMate ini sendiri pada daasarnya memiliki konsep yang sederhana, dan dikembangkan oleh tim peneliti robot ahli yang sudah memiliki pengalaman selama bertahun- tahun.

Pada tahun 2014 yang lalu, versi komersial dari mesin ini memang sudah ada, namun pre-order untuk versi rumah tangga rencananya baru akan dirilis pada tahun depan.

Menurut prediksi, mesin canggih ini akan dijual di kisaran harga 700 dollar AS dan 850 dollar as atau setara dengan Rp 9,3 juta dan Rp 11,3 juta. Meskipun baru akan dirilis tahun depan, saat ini sudah ada lebih dari 11.000 orang yang mengantri dalam daftar Pre Order. Waaww!

Bagaimana dengan kamu? Mau ikutan ngantri mesin ini juga? 🙂

*Credit: Kompas/ Gambar: RealityPod

Komentar

komentar