Suka Naik Gunung?? Kamu Harus Coba 5 Gunung Terindah di Indonesia Ini

mendaki itu memang seru…

Kamu suka mendaki gunung?? Pasti tahu dong kalau negara tercinta kita ini punya banyak koleksi gunung yang indah dan mengagumkan? Lebih- lebih, Indonesia ini dikenal sebagai negara yang dikelilingi oleh Ring of Fire karena punya banyak primadona gunung berapi yang menakjubkan.

Buat kamu pecinta gunung, berapa banyak sih gunung- gunung cantik yang sudah kamu daki? Kamu pasti cukup jeli ya untuk memilih gunung- gunung dengan ketinggian yang menyentuh awan, memiliki rute pendakian yang unik dan juga memiliki keistimewaan lainnya. Kalau kamu merasa masih ada yang kurang dari petualanganmu dalam mendaki, berarti kamu wajib coba lima gunung terindah di Indonesia ini. Ambil catetan ya guys gunung mana yang belum pernah kamu singgahi ^_^

1. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut. Gunung yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi kecantikannya. Bukan hanya kecantikan alam selama di jalur pendakian, di Gunung Rinjani kamu juga dapat menikmati keindahan Segara Anak yang benar- benar mengagumkan. Yang pasti, matamu akan benar- benar dimanjakan deh dengan mendaki gunung ini.

gunung rinjani,gunung,rinjani
Ilustrasi Gambar: Zona Libur

Jika kamu berencana untuk mendaki Rinjani, kamu bisa memulainya dari desa Sembalun Lawang atau desa Senaru dengan jarak 8 kilometer atau waktu tempuh kurang lebih 7-10 jam berjalan kaki. Memang sih perjalanannya lumayan melelahkan. Tapi yakin deh, lelahmu akan terbayar lunas saat kamu menikmati pemandangan mengagumkan dari puncak Rinjani. Berani coba??

Baca Ini Juga Ya :   Nggak Perlu Sedih Liburan Sendiri, Ternyata Banyak Manfaatnya Buat Kamu

[ Baca Ini Juga : Video Lucu : Koala ini Menangis Tersedu- sedu Karena Kalah Berkelahi ]

2. Gunung Kelimutu
Gunung Kelimutu terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Keindahan gunung ini sangnat fenomenal dan pernah dijadikan sebagai gambar uang di pecahan Rp 5.000 pada tahun 1992. Buat kamu yang lahir di tahun 90-an, pasti kamu masih inget dong dengan gambar Gunung indah dan juga danau berwarna merah biru. Yess…. Itu lah Gunung Kelimutu.
Yang paling fenomal dari Gunung cantik ini adalah adanya 3 buah danau kawah di puncaknya. Tiga buah danau ini memiliki warna yang berbeda- beda dan berubah- ubah. Paling sering, warna yang muncul dari tiga danau unik ini adalah merah, biru dan juga putih.

gunung,kelimutu,wisata,gunung kelimutu
Ilustrasi Gambar: Piknik Dong


Jika kamu pengen banget mencicipi gunung cantik ini, kamu bisa melewati jalur dari Moni ke Kelimutu. Jarak tempuh yang harus kamu lalui adalah 12 kilometer untuk menuju puncak. Disana, kamu bisa menikmati keindahan danau dan panorama cantik dari atas kabupaten Ende. Meski demikian, tidak semua area bisa kamu jelajahi karena ada beberapa area yang dibatasi karena dianggap berbahaya dan mempunyai dataran tanah yang labil. Wahhh.. jadi makin penasaran ya??

3. Gunung Bromo
Kalau gunung yang satu ini sudah pasti familiar banget, kan?? Gunung Bromo adalah salah satu fenomena wisata di provinsi Jawa Timur. Gunung ini membentang di empat wilayah kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan juga Kabupaten Malang.

Baca Ini Juga Ya :   Duhhh… Orang Indonesia Ternyata Dikenal Paling Malas Jalan Kaki

Gunung Bromo ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger dengan ketinggian mencapai 2.329 meter di atas permukaan laut. Salah satu yang terindah dari Bromo ini adalah bentuk tubuh gunung yang bertautan satu sama lain antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sepuluh kilometer persegi.

gunung bromo,gunung,bromo,wisata,jawa timur
Ilustrasi Gambar: Viva.co.id

Kaldera ini lah yang kerap menjadi salah satu pemandangan favorit para pelancong. Meskipun penuh debu, namun pemandangan alam ini terlihat sangat menakjubkan. Momen melihat sunset dan sunrise adalah salah satu yang kerap ditunggu oleh para pendaki. Yang pasti, Gunung Bromo adalah salah satu #gunung mendaki yang selalu bikin kita kangen dan pengen kesana lagi dan lagi. Iya kan??

4. Gunung Jaya
Gunung Jaya bisa dibilang merupakan gunung terunik di Indonesia. Karena di tempat ini lah, kamu bisa menikmati keindahan salju di daerah tropis. Sesuatu yang sangat langka terjadi, ya?

Gunung Jaya atau Puncak Jaya atau juga Puncakaj Jayawijaya adalah satu- satunya gunung di Indonesia yang memiliki salju abadi. Gunung ini memiliki ketinggian kurang lebih 4.884 meter di atas permukaan laut sehingga memang sangat memungkinkan untuk memiliki salju abadi.

gunung jaya,puncak jayawijaya,jayawijaya,wisata,papua
Ilustrasi Gambar: Maiga-Travel


Gunung Jaya ini juga dikenal dengan Cartensz Pyramid yang diambil dari nama petualang dari negeri Belanda, Jan Cartensz. Sosoknya adalah orang pertama yang melihat gunung bersalju ini melalui pengamatannya pada tahun 1623 dari kapal laut. Buat kamu yang penasaran ingin mendaki gunung ini, jangan lupa untuk mempersiapkan bekal selimut dan jaket tebal ya. Kamu pasti akan mendapatkan pengalaman yang super berbeda di gunung ini.

Baca Ini Juga Ya :   Hebat! Video Paduan Suara Anak Indonesia Ini Menggemparkan Eropa

5. Gunung Semeru
Gunung yang membentang di pulau Jawa bagian timur ini dikenal dengan puncaknya Mahameru. Buat kamu yang moviegoers, pasti familiar banget dong dengan gunung ini waktu nonton film berjudul 5cm? Yappss.. setting film ini memang mengambil lokasi gunung ini dalam petualangan Fedi Nuril dan teman- temannya.

Gunung Semeru ini sendiri dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut. Jika kamu berhasil mendaki sampai ke puncak, kamu bisa menemukan kawah Jonggring Saloko yang cantik dan menyegarkan.

gunung semeru,gunung,semeru,mahameru,wisata,
Ilustrasi Gambar: Aneka Tempat Wisata


Jika kamu dan sahabatmu berencana untuk mendaki gunung ini, setidaknya luangkan lah waktu selama 4 hari untuk pulang dan pergi. Saat kamu sudah mencapai pos Ranu Pani, kamu akan bertemu dengan dua buah danau, yaitu danau Rani Pani dan Ranu Regulo yang terletak di ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut.

Bukan itu saja, selama jalur pendakian kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan indah yang luar biasa. Salah satunya, kamu akan menikmati hamparan bunga edelweiss dan juga batu terjal yagn sangat cantik di Watu Rejeng. Pemandangan yang sangat indah kea rah lembah dan bukit- bukit yang ditumbuhi dengan hutan pinus dan hutan cemara juga siap membuatmu terpukau dengan kemegahan alam.

Bagaimana, sudah siap buat muncak lagi? Semoga lima referensi gunung terindah ini cukup menginspirasimu ya 🙂

Komentar

komentar