Nggak Melulu Soal Angka, Ini Dia Tips Untuk Menjalani Usia mu Dengan Lebih Bijaksana

Apa saja yang sudah kamu lakukan di usiamu saat ini?

Saat kamu bertambah umur

Banyak yang beranggapan bahwa semakin bertambahnya umur seseorang, maka ia akan semakin bijaksana dan dewasa. Namun kenyataannya, usia dan kebijaksanaan adalah dua hal yang berbeda. Tidak sedikit orang yang semakin bertambah umur, namun ia mempunyai jalan pikiran yang tidak bertambah dewasa. Ada juga yang semakin berumur semakin kekanak- kanakan.

Dengan alasan itu, nggak semua tentang pertambahan umur kita rayakan dengan cara yang berlebihan. Bertambah umur nggak melulu soal angka yang kita raih. Sebaliknya, bagaimana jika kita menyikapinya dengan harapan menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih bijaksana. Bagaimana caranya? Coba kompilasi tips berikut ini yuk..

 

  1. Merenungkan Apa yang Sudah Kita Lakukan di Sepanjang Umur Kita

Wanita duduk sendirian, merenung dan memaafkan masa lalu

Moment bertambahnya umur adalah saat yang tepat untuk kita merenungkan kembali hal- hal yang sudah kita lakukan di sepanjang umur kita. Apakah kita sudah cukup melakukan banyak hal yang baik untuk keluarga, agama, dan karir? Atau kita hanya berkutat di mencari jodoh? Atau kita terus memikirkan hal- hal kecil? Atau kita masih terus melakukan kesalahan yang sama berulang kali?

Jika hal- hal tersebut masih terus terjadi di saat usia kita bertambah dari tahun ke tahun, maka ini saatnya untuk membuat resolusi perubahan diri. Coba lah mencatat minimal 5 prioritas sederhana yang bisa membantumu untuk memperbaiki diri. Bukan harus hal- hal yang benar- benar baru. Kamu juga bisa melakukan perubahan pada kebiasaan lama yang tidak produktif dan tidak bermanfaat namun terus kamu lakukan. Apa saja? Cobalah kumpulkan point- point nya terlebih dulu.

Baca Ini Juga Ya :   Di Usia- Usia Ini Lah Kamu Merasa paling Bahagia, Berani dan Kreatif

 

  1. Apa Saja yang Sudah Kamu Lewatkan?
diri sendiri,bahagia
Ilustrasi Gambar: Pixabay

Sepanjang usia kita, mungkin saja ada hal- hal yang kita lewatkan karena kita tidak berani mengambil resiko atau terlanjur berada di zona nyaman. Seringkali hal itu menimbulkan penyesalan di hatimu. Namun, penyesalan ini tak akan ada artinya jika tidak ada perbaikan yang berarti. Lantas, bagaimana cara menyikapinya?

Coba lah dengan mendorong dirimu untuk menjadi pribadi yang lebih berani mencoba hal- hal baru. Tangkis perasaan takutmu dan keluar lah dari zona nyaman. Jangan takut gagal karena hal ini memang kerap terjadi. Yang menarik, dari kegagalan itu lah seringkali kamu belajar untuk melangkah dengan lebih berani dan lebih hebat lagi.

 

  1. Belajar Hal- hal Baru

perempuan,pintar,cantik,rajin

Tidak ada Batasan usia untuk belajar hal- hal baru. Belajar adalah nadinya orang hidup, yang berarti selama kita masih hidup, belajar akan menjadi hal yang mendorong kita untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

Ada banyak hal baru yang bisa kamu pelajari, terutama yang terkait dengan passion. Misalnya saja kamu passion menulis, coba lah untuk membuat blog. Jika passion mu adalah berdagang, coba lah membuka toko online. Awali dengan hal kecil dan lakukan secara konsisten, maka akan ada hal menarik yang kamu temukan.

Baca Ini Juga Ya :   Bisa Terlihat Dari Sekarang, Ini Dia 7 Tanda Kelak Kamu Jadi Orang Sukses

 

  1. Mengapresiasi Orang- Orang di Sekitarmu

anak muda, indonesia, bahagia, remaja

Bagaimana hubunganmu dengan orang- orang di sekitarmu? Apakah kamu hanya menganggap mereka lewat begitu saja? Mulai sekarang, coba lah membuat kehadiranmu lebih terlihat melalui hal- hal sederhana yang membuat mereka lebih bahagia.

Contoh sederhana, jika biasanya kamu jarang menyapa mereka karena malu atau merasa tidak begitu kenal, coba lah beri sapaan dan menanyakan bagaimana kabar mereka. Hal- hal kecil seperti ini bisa membuat orang lain merasa lebih diperhatikan dan membuat hari mereka terasa lebih ringan.

 

  1. Berpikir Sebelum Bertindak
bahagia,sedih,semu
Ilustrasi Gambar: Pixabay

Jika selama ini kamu sering bertindak sebelum berpikir dan mencari tahu, itu artinya kamu belum cukup dewasa, berapa pun umurmu. Coba lah membiasakan diri untuk berpikir dan mencari tahu terlebih dulu sebelum mengambil tindakan. Dengan begitu, apa pun keputusan yang kamu ambil, akan menjadi keputusan yang lebih matang dan tidak merugikan diri sendiri atau orang lain.

 

  1. Belajar Lebih Sabar dan Tidak Reaktif
kesabaran,sabar,tenang,bahagia
Ilustrasi Gambar: Puckermob

Jangan mudah terpancing emosi hanya karena teman- temanmu atau orang- orang di sekitarmu melakukan hal itu. Belajar mengontrol diri adalah salah satu point penting yang perlu kamu pelajari seiring dengan bertambahnya usia. Bukan hal mudah karena buktinya banyak orang yang berusia ‘matang’ namun tidak mempunyai kemampuan emosional yang matang.

Kemampuan emosional ini bisa kamu latih dengan belajar lebih bersabar dalam menghadapi setiap masalah. Belajar lah untuk menenangkan diri terlebih dulu dan tidak terpancing emosi saat ada masalah. Untuk membantumu, kamu juga bisa mendengarkan musik- musik rohani atau musik yang menenangkan hati.

Baca Ini Juga Ya :   Mengintip Kehidupan Tokoh Sukses Dunia Saat Masih Remaja. Bukti Kalau Sukses Memang Nggak Instant!

 

  1. Belajar Tidak Menyalahkan Orang Lain, Tapi Mencari Solusi
bedakan,prioritas,puzel
Gambar: ValiantSystem

Saat ada masalah, baik itu yang berkaitan dengan hal pribadi atau dalam tim kerja, belajar lah untuk tidak langsung mencari siapa yang salah. Coba lah menjadi seorang problem solver yang baik dengan cara mencari jalan keluar terbaik tanpa menyudutkan orang lain terlebih dahulu. Jika memang pada akhirnya kamu menemukan hal ini murni terjadi karena kelalaian seseorang, coba lah memberi teguran secara personal kepada yang bersangkutan. Hal ini akan lebih baik dibandingkan kamu langsung menyudutkan seseorang dan membuat semuanya menjadi runyam.

 

  1. Lebih Bahagia dan Bersyukur

Orang Sukses dan Bahagia

Bertambah umur berarti bertambah rasa syukur kita terhadap semua hal yang Tuhan berikan kepada kita selama ini. Saat kita semakin mudah bersyukur kepada Tuhan, terutama untuk hal- hal kecil di sekitar kita, maka secara otomatis akan semakin mudah bagi kita untuk bahagia luar dalam. Bahagia ‘dalam’ ini lah yang mendorong kita untuk melakukan lebih banyak hal baik dan bermanfaat untuk orang- orang di sekitar kita.

 

 

Jadi, apa kabar dengan pertambahan usiamu? Apakah hanya bertambah angka? Semoga kamu juga menjadi sosok yang semakin bijaksana, lebih baik, dan lebih bahagia yaa…

Komentar

komentar