Duhhh… Orang Indonesia Ternyata Dikenal Paling Malas Jalan Kaki

Dan di saat bersamaan kita paling getol mengeluh jalanan makin macet

jalan kaki,berjalan kaki

Jalan kaki itu sehat. Semua sih sudah melek dengan fakta ini ya? Jadi, sedikit sedih pas penelitian dari Stanford University ini dipublikasikan.  Penelitian ini sendiri dilakukan untuk melihat bagaimana sebetulnya tingkat aktifitas fisiki orang- orang di seluruh dunia. Dan hasilnyaaaa…. Penelitian ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan rata- rata langkah kaki paling rendah dibandingkan negara- negara lain.

Sederhananya, penelitian ini membuktikan kalau Indonesia adalah negara yang masyarakatnya paling malas jalan kaki. Tapi, bener nggak sih kalau orang Indonesia paling malas jalan kaki? Hmmmm… dr Michael Triangto, SpKo, seorang dokter spesialis kedokteran olahraga sih berpendapat sebaiknya jangan terlalu dini untuk melabeli masyarakat Indonesia sebagai kelompok masyarakat yang malas jalan kaki. Menurutnya, ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi.

Baca Ini Juga Ya :   Cocok Dijadikan Pasangan, 3 Zodiak Ini Tidak Banyak Menuntut Dalam Hubungan

“Banyak faktor yang belum bisa teratasi jadinya membuat orang malas gerak,” begitu paparnya saat diwawancara oleh Detik.

Menurut dr Michael, faktor- faktor yang turut mempengaruhi ini antara lain adalah faktor keamanan. Misalnya seperti di kota metropolitan Jakarta yang tingkat keamanannya masih kurang, sehingga orang malas untuk jalan kaki.

“Dulu saya juga pakai kendaraan umum, naik bus, metromini, kopaja. Tapi beberapa kali juga saya kecopetan. Apakah saya akan nyuruh anak saya naik kendaraan umum? Tentu tidak. Akhirnya beralih ke kendaraan pribadi,” ujar dokter yang praktik di RS Mitra Kemayoran itu.

Tingkat kriminalitas yang tinggi konon merupakan salah satu faktor utama mengapa orang memilih kendaraan pribadi daripada berjalan kaki dan menggunakan kendaraan umum. Selain itu, keamanan berlalu lintas juga perlu dipertimbangkan. Kenyataannya, tingkat kesadaran aman berlalu lintas di Indonesia masih cukup rendah. Saat ada di jalan, seringkali ada motor yang melanggar lalu lintas dengan tiba- tiba lewat tanpa mengindahkan ada orang di trotoar dan lampu lalu lintas.

Baca Ini Juga Ya :   Bikin Takjub Abis! 8 Karya ini Hanya Dibuat Dari Kertas Koran Bekas!

Faktor lainnya, kebersihan lingkungan dan cuaca juga dinilai mempengaruhi. Sebab kesehatan udara di perkotaan Indonesia relatif rendah karena banyaknya kendaraan bermotor ataupun pabrik dan panas matahari. Akibatnya, orang tidak betah untuk berlama- lama di luar untuk sekedar olahraga atau jalan kaki.

Apapun alasannya, hasil penelitian ini adalah sebuah pengingat untuk masyarakat Indonesia agar lebih aktif berjalan kaki. Biar bagaimanapun, berjalan kaki itu sehat. Apalagi saat ini banyak kota- kota besar di Indonesia yang semakin macet karena padatnya kendaraan pribadi di rumah.

Nggak jarang, di lingkungan perumahan saja kita malas untuk berjalan kaki untuk sekedar ke warung atau masjid, betul?? Kalau iya, saatnya merubah pola kebiasaan manja dan tidak sehat ini menjadi kebiasaan yang lebih sehat untuk tubuh kita. Mulai dari diri sendiri dan mulai saat ini juga.

Komentar

komentar