Pendaki ‘Ndeso’ Memetik Edelweiss di Rinjani Panen Kecaman Netizen

Pendaki sejati di Rinjani tahu kalau petik Edelweiss itu haram hukumnya

pendaki,rinjani,edelweiss

Pada umumnya komunitas pendaki terdiri dari anak muda dan dewasa yang mengaku sebagai seorang pecinta alam. Sayangnya, tidak semua pendaki menjadi seorang pecinta alam yang sesungguhnya. Seperti kejadian yang viral baru- baru ini dimana seorang pendaki ‘ndeso’ di Gunung Rinjani panen kecaman dari netizen.

Para pendaki ini dengan sengaja memetik bunga edelweiss dan bahkan membawanya pulang. Seperti dikutip dari akun Instagram @rinjanitrekker yang mengunggah aksi para pendaki ‘ndeso’ itu, para pendaki ini dengan bangga berpose dengan bunga edelweiss petikannya di Puncak Anjani, Rinjani, juga di sekitar danau Segara Anak.

Dalam postingan tersebut terlihat dua pasang muda- madi yang terlihat sedang kasmaran sambil memamerkan bunga edelweiss diantara dua tangan mereka. Postingan ini kontan menuai banyak komentar negatif dari netizen.

Baca Ini Juga Ya :   Kamu Setuju Nggak Sih Kalau Harga Rokok Dinaikkan Jadi Rp 50.000 per Bungkus?

Tindakan ini tentu sangat disayangkan karena pihak TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani) mengharamkan pengambilan bunga yang kerap disebut sebagai symbol keabadian ini.

#saveEdelweis #rinjani 😞 Photo source : Rinjani Trekking Group http://www.facebook.com/groups/rinjanitrekker

A post shared by RINJANI TREKKER (@rinjanitrekker) on

Namun sayangnya pendaki ‘ndeso’ ini sepertinya lupa dengan prinsip pendaki sejati saat berada di alam bebas. Yang pertama, jangan membunuh apapun kecuali waktu. Kedua, jangan meninggalkan apapun kecuali jejak. Dan yang ketiga, jangan mengambil apapun kecuali foto.

Komentar

komentar