Ini 12 Besar Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia 2016, Kampusmu Adakah??

ini lho daftar perguruan tinggi Indonesia terbaik 2016..

kampus,ITB,perguruan tinggi

Bangga sekali pasti ya kalau kampus tercinta kita masuk ke dalam daftar terbaik dalam peringkat perguruan tinggi Indonesia. Walaupun kita belum lulus- lulus juga, setidaknya berita ini bisa jadi motivasi tambahan buat kamu buat cepet- cepet lulus #kuliah ya, #ehh….

Dalam rangka memperingati hari jadi Indonesia yang ke 71, Kemenristek Dikti ( Kementrian Riset, Teknologi  dan Teknologi Tinggi ) baru saja mengumumkan daftar terbaru pemeringkatan perguruan tinggi untuk tahun 2016 ini, guys.

M. Nasir, Menristek Dikti, mengungkapkan bahwa pemeringkatan perguruan tinggi ini didasarkan pada penilaian dengan kriter- kriter yang sebelumnya telah ditentukan. Yang termasuk dalam kriteria utama yaitu kualitas sumber daya manusia ( dosen 12%, kualitas dosen 18% ). Di kriteria kedua adalah akreditasi dengan presentasi sebesar 30%, dan disusul dengan kualitas kegiatan mahasiswa sebesar 10% yang menjadi bahan pertimbangan dan terakhir adalah dukungan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah sebesar 30%.

Baca Ini Juga Ya :   Perjuangan Meraih Sarjana Sekaligus Menghidupi Seluruh Keluarga

Menurut Menristek Dikti, peringkat ini sebenarnya tidak banyak berubah dari tahun lalu. Hanya beberapa universitas saja yang naik dan turun satu peringkat. Dari daftar ini, seperti sebelum- sebelumnya, Institut Teknologi Bandung ( ITB ) masih menduduki peringkat pertama sebagai pemegang gelar perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Biar nggak penasaran lagi, ini dia daftar 12 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia 2016 dan perubahan posisinya dibandingkan tahun sebelumnya :
12. Universitas Sebelas Maret skor 2,87 (turun 3 peringkat)
11. Universitas Andalas skor 2,88 (naik 2 peringkat)
10. Universitas Padjadjaran skor 2,97 (turun 3 peringkat)
9. Universitas Diponegoro skor 3,04 (naik 1 peringkat)
8. Universitas Hasanuddin skor 3,06 (naik 3 peringkat)
7. Universitas Airlangga skor 3,15 (naik 1 peringkat)
6. ITS skor 3,17 (turun 1 peringkat)
5. Universitas Brawijaya skor 3,24 (naik 1 peringkat)
4. IPB skor 3,54 (turun 1 peringkat)
3. UI skor 3,69 (naik 1 peringkat)
2. UGM skor 3,72 (stabil)
1. ITB skor 3,78 (stabil)

Baca Ini Juga Ya :   16 Jurusan ini Punya Gaji Pertama Paling Tinggi di Dunia

 

Kalau kampusmu yang mana sih? Sudah masuk ke dalam daftar ini belum ya? Sudah atau belum, kamu tetap harus semangat belajar ya, agar cita- cita tinggi yang kamu inginkan lebih mudah tercapai 🙂

Komentar

komentar