10 Perusahaan Terbaik dengan Wawancara Kerja Paling Sulit di Indonesia

Wawancara yang sulit berbanding lurus dengan kesejahteraan karyawannya

Perusahaan terbaik di Indonesia dengan wawancara tersulit

Saat berkarir, menikmati pekerjaan di perusahaan terbaik sudah menjadi impian setiap orang. Bagi banyak orang, bekerja di perusahaan besar adalah sebuah pencapaian berharga dan rejeki yang patut disyukuri. Selain prestige, tentu saja benefit yang didapatkan juga sangat sepadan.

Ngomong- ngomong soal perusahaan besar, Jobplanet melakukan riset yang hasilnya mengungkap 10 perusahaan terbaik dengan tingkat kesulitan wawancara kerja paling tinggi di Indonesia.
[ Baca Ini Juga ya : Ditanya Gaji saat Wawancara Kerja, Jawaban Seperti Apa yang Sebenarnya Ideal? ]

Tingkat kesulitan wawancara kerja ini dianggap memiliki korelasi dengan tingkat kepuasan karyawan di sebuah perusahaan. Karena semakin ketat proses rekruitmen karyawan di sebuah perusahaan, maka reputasinya dalam memberikan kesejahteraan untuk para karyawannya juga akan semakin baik.

Dari hasil risetnya, Jobplanet mengelompokkan perusahaan terbaik dengan tingkat kesulitan wawancara paling tinggi berdasarkan jenisnya, yaitu korporasi dan startup. Riset ini sendiri adalah hasil dari survei yang dilakukan Jobplanet.com di sepanjang tahun 2016, yaitu sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2016.

[ Baca Ini Juga Ya : Ini 6 Hal yang Sering Kamu Lakukan, Padahal Nggak Bakal Bikin Kamu Kaya ]

Survei ini melibatkan sebanyak 1090 responden karyawan dan calon karyawan yang pernah mengikuti proses wawancara di salah satu dari 23 perusahaan terbaik, terdiri dari 15 korporasi dan delapan startup di Indonesia. Untuk efektifitas survei, Jobplanet mengelompokkan responded ini berdasarkan posisi yang akan mereka duduki di perusahaan saat mengikuti wawancara kerja, yaitu level manajerial dan level staff.

Hasil dari survei ini, Jobplanet merilis sepuluh perusahaan terbaik dengan tingkat kesulitan wawancara kerja paling tinggi. Untuk kategori korporasi, daftar perusahaan yang masuk adalah :
1. Bank Indonesia (3,46),
2. PT HM Sampoerna Tbk (3,46),
3. PT Chevron Pacific Indonesia (3,42),
4. PT Pamapersada Nusantara (3,27),
5. PT Astra International Tbk (3,22),
6. PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel (3,06),
7. PT Toyota Astra Motor (3,06), dan
8. PT Bank Central Asia Tbk atau BCA (3,04).

Diantara perusahan- perusahaan terbaik ini, Jobplanet mengungkapkan ada dua startup yang memiliki rata- rata tingkat kesulitan wawancara paling tinggi, yaitu PT Traveloka Indonesia (3,71) dan PT Global Digital Niaga atau Blibli.com (3,22).

[ Baca Ini Juga Ya : Kata Pertama yang Kamu Lihat Menggambarkan Kepribadianmu. Coba dan Lihat Hasilnya Disini ]

Untuk perusahaan korporasi, tingkat kesulitan wawancara untuk level manager di kebanyakan perusahaan lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat kesulitan wawancara untuk level staff. Kebalikannya dengan korporasi, di perusahaan startup, tingkat kesulitan wawancara untuk level manajer di dinilai lebih mudah oleh responden.

Komentar

komentar