Mau Lebih Pintar? Cobain Deh 5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Ini

Semakin diasah, otak akan semakin cerdas

otak,pintar,kecerdasan

Siapa sih yang nggak pengen menjadi lebih pintar? Tentu saja pada dasarnya semua orang ingin menjadi pribadi yang lebih pintar. Setiap orang mempunyai tolak ukur tersendiri terhadap arti kata pintar. Tidak sedikit orang yang mengartikan pintar dengan ukuran nilai ulangan di sekolah atau IPK semasa kuliah.

Padahal, indeks prestasi sudah terbukti bukan lah faktor utama seseorang disebut pintar. Pintar memiliki definisi yang luas. Salah satu definisi yang paling sering dilontarkan menyatakan bahwa pintar adalah kemampuan seseorang untuk berpikir diatas rata- rata kebanyakan orang dan paham benar cara menggunakan otak untuk berpikir lebih baik dalam banyak hal.

Untuk kamu yang ingin lebih pintar, kamu bisa mencoba lima cara ini untuk membuat otakmu menjadi lebih aktif berpikir dan menjadi lebih cerdas dari waktu ke waktu :

#1 Cukup Tidur
Setiap orang memiiki kebutuhan tidur yang berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Untuk kesehatan, setiap orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur kurang lebih enam hingga delapan jam. Tidur malam yang cukup adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan fungsi otak dan kemampuan untuk fokus.

tidur cukup, kecerdasan,otak
Tidur cukup memaksimalkan performa otak/ via Liputan6

Apa yang terjadi jika kita sampai kekurangan waktu tidur? Selain mudah lelah dan kehilangan fokus, kekurangan tidur ternyata juga dapat menimbulkan beberapa penyakit bagi tubuh, seperti diabetes dan meningkatkan resiko resiko obesitas.

Baca Ini Juga Ya :   Usia 25 an Nggak Melulu Soal Pelaminan, Ini Dia 7 Pencapaian yang Dapat Kamu Pikirkan

Tidur ternyata juga memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan dan kecerdasan manusia, yaitu dapat mengurangi stress, menurunkan berat badan, meningkatkan memori, mempercepat proses penyembuhan, dan mengurangi resiko peradangan yang terjadi pada kanker, jantung dan diabetes.

#2 Lakukan Latihan Otak Secara Rutin
Sama seperti pisau yang perlu diasah agar tetap tajam, otak manusia pun perlu diberi asupan yang mengasah kemampuannya agar tetap tajam kekuatan dan vitalitasnya. Beberapa latihan otak dapat dilakukan dengan cara yang cukup sederhana kok, seperti membangun kebiasaan membaca buku, mengisi teka- teki silang, Sudoku atau permainan asah otak lainnya.
Ingin asah otak yang lebih bersifat akademis? Kamu bisa mencoba untuk memecahkan soal matematika, menyelesaikan kata- ata atau melakukan latihan soal yang mempunyai kaitan spasial dan geometri.

sudoku, asah otak, kecerdasan
Bermain sudoku/ via Smart Traveller

Asah otak juga bisa dilakukan dengan cara- cara yang sedikit ilmiah, seperti melakukan rutinitas kombinasi secara berkelanjutan. Misalnya, lakukanlah menyikat gigi dengan tangan berlawanan atau berjalan dengan cara berbeda untuk memaksa otak bekerja lebih keras dari biasanya.

#3 Konsumsi Bakteri
Konsumsi bakteri? Bukannya itu berbahaya dan membuat tubuh rentan sakit? Jangan berpikir negative dulu, karena bakteri  yang dimaksud disini adalah bakteri khusus yang bekerja membuat otak menjadi lebih cerdas dan trengginas.

Baca Ini Juga Ya :   Memaafkan Memang Tidak Bisa Mengubah Masa Lalu, Namun Bisa Mengobati Luka

Pada Juni 2010 silam, tim peneliti di The Sage Colleges mengungkapkan temuan mereka yang menunjukkan temua unik adanya beberapa jenis bakteri yang biasa ditemukan di kotoran tikus. Bakteri yang bernama Mycobacterium Vaccae yang diberikan pada tikus dan dilakukan dalam tes labirin ini menunjukkan tanda- tanda lebih sedikit kecemasan dan tingkat yang lebih tinggi dari serotonin di otak depan, yang merupakan area yang menangani berpikir tingkat tinggi.

Meski demikian, bakteri ilmiah ini masih jarang diproduksi. Jadi untuk saat ini, tentu saja kamu nggak perlu mencari- cari bakteri ini di kotoran dan mencoba memakannya.

#4 Meditasi
Meditasi sudah lama dikenal sebagai salah satu metode ampuh untuk meningkatkan kesehatan, fokus dan ketenangan. Saat rajin melakukan meditasi, maka orang tersebut akan mudah mencapai keadaan mental yang lebih tenang dan damai.

Bukan itu saja, karena ternyata meditasi juga ada kaitannya dengan aktifitas otak. Scan fMRI ( functional magnetic resonance imaging ) telah membuktikan bahwa melakukan meditasi secara teratur juga akan mempengaruhi struktur dari otak seseorang.

meditasi,ketenangan,kecerdasan
Meditasi mempunyai manfaat untuk kecerdasan juga

Dari hasil scan ini, para peneliti percaya bahwa fungsi memori, rentang perhatian dan fokus salah satunya dihasilkan melalui proses meditasi. Studi yang lain menunjukkan hasil bahwa meditasi setiap hari secara teratur juga dapat meningkatkan ukuran bagian- bagian dari korteks serebral.

Baca Ini Juga Ya :   Buat Kamu yang berstatus pengacara, ini 10 pekerjaan yang bisa kamu lamar tanpa melihat jurusan kuliah

Tidak heran, banyak sekali perusahaan terkemuka di dunia yang menjadikan kelas meditasi sebagai ‘insentif’ untuk meningkatkan kualitas karyawan mereka.

#5 Merawat dan Menjaga  Kondisi Tubuh
Tak bisa dipungkiri, menjaga kondisi tubuh adalah salah satu cara agar organ otak kita juga berfungsi secara optimal. Bukan hanya latihan untuk otak saja yang penting, latihan fisik untuk menjaga kesehatan juga tak kalah penting.

Latihan fisik berfungsi meningkatkan aliran darah yang dapat mendorong oksigen dan glukosa ke dalam otak. Koordinasi yang baik ini sangat dibutuhkan untuk memberikan otak latihan, terutama saat kita akan mencoba sesuatu yang baru.

makanan sehat,nutrisi otak,nutrisi, kecerdasan
Makanan sehat, nutrisi untuk otak cerdas/ via Huffington Post

Selain latihan fisik, asupan nutrisi juga harus menjadi perhatian penting. Sudah sering kita mendengar tentang makanan kaya nutrisi yang dikaitkan dengan kesehatan otak, seperti telur, protein, minyak ikan dan sayuran hijau. Selain makanan itu, teh herbal, teh hijay dan kacang- kacangan juga terkenal baik untuk kesehatan otak.

Dengan mengkombinasikan latihan fisik dan makanan yang sehat, maka otak kita bisa tampil dengan performa maksimal untuk membuat kita menjadi lebih cerdas  dan tangkas.

Komentar

komentar