Serunya Jalan- Jalan ke Kota “Anti Copet”, Mau??

aman & nyaman sampai ke gang tersempit di kota

melbourne, kota anti copet, jalan- jalan

Super aman dan nyaman. Beginilah gambaran umum yang didapatkan oleh kebanyakan warga kota Melbourne, Australia. Di kota ini, wisatawan asing dapat menikmati jalan- jalan seru di sepanjang jalan kota tanpa ada rasa cemas kehilangan dompet gara- gara copet atau penjambret. Kok gitu? Memang seberapa aman sih??

Selama enam tahun berturut- turut hingga 2016 ini, The Economist menobatkan Melbourne sebagai kota paling nyaman huni di seluruh dunia. Melbourne masuk kriteria ini karena dinilai cukup sejahtera dan memiliki kepadatan penduduk yang relative cukup rendah. Selain itu, dalam laporan ini juga disebutkan bahwa kegiatan hiburan disini dapat berkembang dengan baik tanpa meningkatkan kemungkinan tindakan kejahatan atau membebani infrastruktur kota.

Dalam menikmati tur wisatanya, para turis tidak akan ragu untuk menjelajah bahkan hingga ke gang- gang tersempit Melbourne. Faktanya, menyusuri gang- gang sempit nan berliku ini justru memberikan mereka sensasi wisata yang sepenuhnya dan juga membuat mereka merasa ketagihan.

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Sampai Kurang Piknik, Ini Lho Manfaatnya Buat Kamu!

Sepanjang lorong antar gedung tinggi yang berjarak kurang lebih 4-6 meter ini kerap ditemui restoran, kafe dan toko dengan desain yang unik. Beberapa bagian dari dinding toko memiliki warna cat yang berbeda dan ada juga tembok yang ditutupi oleh stiker warna- warni. Tidak jarang dinding gedung juga dijadikan sebagai ruang untuk mengekspresikan seni graffiti, seperti tembok- tembok bangunan sepanjang Hosier Lane dan Union Lane.

seni grafiti,kreatifitas,melbourne
Seni grafiti di jalan mungil kota Melbourne/ via abc.net.au

Lebih unik lagi, gambar graffiti di dinding ini dapat berubah sewaktu- waktu. Pengunjung kerap memanfaatkan moment ini untuk mengabadikan diri mereka bersama graffiti yang mereka sukai sebelum akhirnya gambar tersebut menghilang ditimpa gambar lain.

Sambil menyusuri jalan, pelancong juga dapat mencuci mata dengan deretan dagangan dalam etalases kaca toko. Atap sebagian bangunan dihiasi oleh kanopi yang didominasi warna hijau, cokelat atau hitam.

Baca Ini Juga Ya :   Pria Buncit Sedang Berjemur. Bentuknya Mirip Seperti Pulau di Seberangnya

Di jam- jam makan, wisatawan akan disuguhi deretan kursi dan meja di depan restoran atau kafe yang seringkali sudah penuh dengan pengunjung. Faktanya, hamper setiap hari jalan ini disesaki oleh wisatawan dan juga warga setempat. Keren ya?

Salah satu restoran yang cukup terkenal di sepanjang Degraves Street dan Center Place misalnya, kerap menjadi tempat nongkrong favorit sambil menyeruput kopi dan wisata kuliner. Ragam menu yang siap menggoda pun beragam, mulai dari Italian Food, Asian Food dan bahkan American Food.

Bukan hanya di siang hari saja, di malam hari, wisatawan juga tetap dapat menyusuri wisata kota ini dengan rasa aman. Di Meyers Place, kedai- kedai kuno bergaya era 1920-an ramai pengunjung hingga dini hari sambil menyediakan beragam makanan ringan dan minuman, diiringi dengan lantungan musik jazz.

Baca Ini Juga Ya :   Bakal Nyesel Kalau Belum Kesini, Ini Lho 6 Air Terjun Terindah di Indonesia!
rooftop,melbourne,cafe,resto
Sensasi makan dan nongkrong yang berbeda di Rooftop Bar/ via Visit Victoria

Setelah puas menyusuri gang- gang sempit, disini, turis jgua dapat mencoba mendaki hingga ke atap gedung untuk mencicipi makanan di restoran dengan style rooftop. Masa terbaik untuk menikmati liburan disini adalah pada malam hari musim panas, yaitu sekitar bulan Desember – Januari, dengan menikmati santapan di rooftop sambil menikmati festival musik.

Di Melbourne Star Observation Wheel, sebuah wahana berbentuk kincir angin raksasa, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan kota yang terlihat menakjubkan. Di wahana ini, pengunjung bisa duduk manis atau berdiri dalam kapsul yang menempel pada kincir setinggi hampir 120 meter. Dinding kaca yang kokoh dan cantik membuat pemandangan kota, pegunungan Dandenok dan juga teluk Port Philip terlihat begitu jelas dari ketinggian wahana, terutama di siang hari.

Melbourne Star Observation Wheel,melbourne
Megahnya Melbourne Star Observation Wheel dari jauh/ via Visit Melbourne

Wahhhh… benar- benar bikin takjub ya? Semoga kesampaian ya suatu saat buat mampir kesini ^_^

Komentar

komentar