Suami Istri Seumuran, Resiko Bercerai Lebih Kecil

Faktor usia salah satu yang paling berpengaruh dalam pernikahan

Pasangan suami istri seumuran, resiko bercerai lebih kecil

Ada banyak faktor yang mempengaruhi sebuah hubungan yang langgeng dalam pernikahan. Perceraian tentu saja akan menjadi hal yang mati- matian ingin dihindari setiap pasangan. Ada banyak cara yang dilakukan pasangan untuk bisa mempertahankan sebuah hubungan.

[ Baca Ini Juga Ya : Ini Lho 10 Kisah Cinta Tragis Paling Legendaris yang Bikin Kamu Nangis ]

Faktor perbedaan usia sering menjadi salah satu kunci keharmonisan pernikahan. Seperti yang dilansir dari theatlantic.com, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 3000 orang mengungkapkan kalau suami istri yang seumuran ternyata mempunyai resiko bercerai yang lebih kecil. Pernikahannya akan cenderung lebih awet dan langgeng dalam waktu yang sangat lama.

Dalam penelitian ini, Randy Olson, seorang ilmuwan data menyimpulkan kalau pasangan dengan selisih perbedaan usia satu tahun mempunyai resiko bercerai sebanyak 3 persen lebih besar daripada pasangan yang seumuran. Sementara itu, pasangan dengan beda usia lima tahun mempunyai resiko bercerai sebesar 18 persen. Sedangkan yang beda usianya 10 tahun atau lebih mempunyai persentase resiko bercerai sebanyak 39 persen.

[ Baca Ini Juga Ya : Pernikahan Tidak Membuat Hidup Wanita Lebih Bahagia? Benarkah Seperti itu? ]

Semakin besar perbedaan usia pasangan, perbedaan latar belakang budayanya juga semakin besar. Apalagi jika sudah beda generasi, perbedaannya akan semakin besar dan mengarah pada resiko perceraian yang lebih tinggi. Jika kedua pihak tidak mampu mengakomodir perbedaan ini, maka resiko konflik dan perpisahan akan semakin tinggi.

Meskipun resiko bercerai pasangan yang beda usianya terpaut jauh lebih besar, bukan berarti pasangan harus khawatir berlebihan ya. Karena ada banyak hal lain yang mempengaruhi keharmonisan dan kelanggengan sebuah hubungan, seperti karakter masing- masing pihak, finansial dan faktor lainnya.

[ Baca Ini Juga Ya : Jangan Telan Mentah Gender Stereotype, Pria Sejati Bisa Melakukan Ini Saat Menikah ]

Yang pasti, setiap pasangan selalu mempunyai cara untuk mempertahankan sebuah hubungan agar terhindar dari perceraian. Dibutuhkan usaha dan komitmen yang kuat untuk membangun dan mempertahankan ikatan pernikahan.

Featured Image Credit: sheknows.com

Komentar

komentar