Punya Teman yang Dikit- Dikit Suka Ngutang? Kalau Udah Parah Banget, Coba Deh Halau Pakai Cara Ini

Biar pun teman, kamu memang perlu sedikit lebih tegas

Punya Teman yang Dikit- Dikit Suka Ngutang? Kalau Udah Parah Banget, Coba Deh Halau Pakai Cara Ini

Teman yang suka ngutang itu fix suka bikin galau diri sendiri. Kita sih pengennya bantuin teman kalau mereka memang membutuhkan. Tapi ada kalanya, kita ketemu jenis teman yang udah dikasih hati, eh dia minta jantung. Kadang belum tentu kitanya punya uang berlebih, eh dia dengan seenaknya sendiri pinjam uang terus sambil bawa- bawa nama pertemanan. Tuh kan… bikin galau abiss!

Padahal, yang namanya pertemanan, kalau udah ngomongin uang, masalahnya bisa kemana- mana. Oke kita pinjemin lagi, tapi kalau terus- terusan dan dia suka amnesia buat bayarnya, kita juga kan yang repot. Giliran nagih atau nggak minjemin lagi, ehhh… dibilang nggak setia kawan. Kezel kan kalau udah gitu?

Dan jujur aja, kalau udah bawa- bawa pertemanan, ngobrolin hutan ini bakal jadi susah banget. Tapi ada lho, tips tok cer buat kamu menghalau teman kamu yang dikit- dikit ngutang ke kamu. Simak yaaa….
1. Kalau temanmu yang hobi ngutang itu selalu pakai alasan ‘lupa bawa dompet’, selalu ingetin dia sebelum ketemuan agar nggak lupa bawa dompetnya
1. Kalau temanmu yang hobi ngutang itu selalu pakai alasan ‘lupa bawa dompet’, selalu ingetin dia sebelum ketemuan agar nggak lupa bawa dompetnya
Kamu pasti pernah kan punya teman yang pas udah kelar makan, tiba- tiba dia bilang dompetnya ketinggalan? Kalau sekali sih oke ya, tapi kalau berulang kali dan dia sering amnesia setelahnya? Amsyonngg dong!

Baca Ini Juga Ya :   Tanpa Kamu Sadari, 7 Hal Sepele yang Kamu Lakukan Ini Membuat Orang Tua Sakit Hati

Kalau kamu punya teman yang kayak gini, coba deh sebelum kalian pergi bareng, ingetin dia biar nggak lupa bawa dompetnya. Nah pas udah ketemuan, pastikan lagi dia bawa dompet atau nggak sebelum kalian masuk ke food court atau spot belanja. Kalau ternyata dia tetep lupa, mending batalin aja deh acara makan atau belanjanya, hahaha…. Kalian tetep bisa have fun tanpa perasaan nggak enak karena dia pinjem uang lagi dan lagi.

2. Kalau dia memang hobi banget ngutang, pastikan kamu bawa teman lagi pas makan atau jalan- jalan bareng dia
2. Kalau dia memang hobi banget ngutang, pastikan kamu bawa teman lagi pas makan atau jalan- jalan bareng dia
Teman yang hobi banget ngutang ini patut diwaspadain gerak- geriknya,hahahaha… Salah satunya, pas dia ngajak ketemuan, jangan di-iya kan begitu saja. Coba deh pastikan kalau kamu bukan satu- satunya orang yang diajak jalan.

Kalau bareng sama teman lainnya, kamu bisa pakai alasan lain buat nolak pinjeman dia. Kamu bisa berkilah kalau uang yang kamu bawa pas- pasan agar temanmu yang lain bisa meminjamkan uang padanya, hehehe… Jadi, nggak kamu melulu yang terus dihutangin.

Baca Ini Juga Ya :   Hati- Hati, Ini Lho Sikap Cowok yang Bisa Bikin Kamu Super Baper!

3. Dia hobi ngutang, tapi gaya hitungnya ala sosialita? Sindir halus dehh…
3. Dia hobi ngutang, tapi gaya hitungnya ala sosialita? Sindir halus dehh…
Ada lho jenis teman yang maunya ngutang melulu, padahal gaya hidupnya serba wah dan barang- barangnya selalu bermerek. Nahh… ini bisa kamu jadiin senjata buat nyindir dia secara halus.

“Yakin kamu mau pinjem uang ke aku? Aku mah apa atuh, beli sepatu bermerek kayak kamu aja nggak mampu. Masa’ sih mau tega minjem duit ke aku? Menghina apa gimana sih?”

Sambil cengengesan, tips ini sering banget manjur buat diterapin ke teman. Ujung- ujungnya dia bakal tengsin pas dibilangin gitu,hehehe…

4. Jangan ragu buat tunjukin tampang galak dan kasih sedikit ancaman biar dia nggak memanfaatkan pertemanan kalian
4. Jangan ragu buat tunjukin tampang galak dan kasih sedikit ancaman biar dia nggak memanfaatkan pertemanan kalian
Berteman sih berteman, tapi kalau udah memanfaatkan pertemanan sih wajib disentil. Kamu bisa melakukannya dengan memasang wajah galak pas dia mulai suka ngutang. Kalau wajahmu nggak bisa galak, coba deh pakai sedikit ancaman atau pakai ucapan yang sedikit nylekit.

Baca Ini Juga Ya :   Meski Bersahabat, Kamu Tidak Harus Menyesuaikan Gaya Hidupmu dengan Gaya Hidup Sahabatmu. Ini Alasannya!

“Yang ini jangan sampai lupa atau telat bayar lagi lho. Nanti gue nggak bakal deh pinjemin duit lagi. Dikira gue nggak butuh, gue butuh banget kali sama duit ini…”

5. Udah capek dihutangin terus dan di-PHP-in tanggal bayar? Langsung aja bilang “NO”
5. Udah capek dihutangin terus dan di-PHP-in tanggal bayar? Langsung aja bilang “NO”
Di situasi tertentu mungkin kamu merasa hal ini sulit buat dilakukan, tapi ini wajib banget lho. Kadang kamu memang harus tegas sama teman sendiri. Kalau nggak, kamu bakal terus- terusan dimanfaatin dan jadi korban.

Kalau dia udah terbukti suka lari dari kewajiban bayar hutang, langsung aja tolak rayuannya pinjam uang. Ini bisa jadi pelajaran buat dia juga biar lebih mandiri dan bijak dalam mengatur keuangan, dan tentunya menjadikan bayar hutang sebagai prioritas sebelum berfoya- foya. Jangan sampe kamu jadi korban terus- terusan.

Berani kan menerapkan tips ini? Dengan bersikap tegas pada temanmu, itu artinya kamu juga menolong temanmu agar nggak terjebak jadi si tukang ngutang terus- terusan. Setuju??

 

Sumber: Wolipop

Komentar

komentar