Duhhh… Tinggal Bersama Mertua Ternyata Beresiko Merusak Kesehatan Wanita

terlebih saat ibu mertua terlalu banyak mengatur

wanita,kesehatan,stress,sedih,pasangan,mertua

Banyak memang ya yang menyarankan agar setelah menikah pasangan sebaiknya tinggal terpisah dari orang tua. Alasannya macam- macam, mulai dari keinginan untuk lebih mandiri dan agar merasa luwes atau nyaman.

Selain alasan yang lumrah ini, ternyata ada alasan penting lainnya terkait kesehatan, yaitu agar wanita terhindar dari resiko stress. Yaps, ternyata alasan ini juga sudah dilandasi penelitian oleh menurut ahli kesehatan Profesor Horoyasu Iso dari Jepang, yang menyebutkan bahwa hidup bersama ibu mertua dalam satu atap berdampak buruk bagi kesehatan wanita. Seperti dikutip dari Daily Mail, wanita yang tinggal satu rumah dengan keluarga suamijuga  tiga kali lebih rentan mengalami penyakit jantung serius.

Baca Ini Juga Ya :   Banyak Wanita Selingkuh karena Suami Tidak Mau Membantu di Rumah

Tingkat stress yang tinggi ini salah satunya diakibatkan karena wanita harus menjalani tiga peran sekaligus dalam kondisi yang kurang nyaman, yaitu menjadi istri, ibu dan sekaligus anak mantu. Dalam jangka panjang, perempuan cenderung merasa peran tambahan sebagai anak mantu sebagai beban dan tekanan, yang menyebabkan tekanan darah tinggi, diabetes dan bahkan beresiko pada kerusakan jantung, khususnya saat hubungan dengan mertua kurang harmonis.

Penelitian ini sendiri mengambil sampel dari pengaturan hidup sehari- hari pada 91.000 pria dan wanita paruh baya di  Jepang selama lebih dari 14 tahun. Dari data ini, 671 orang didiagnosis dengan penyakit arteri koroner, 339 orang meninggal karena penyakit jantung dan 6255 orang meninggal karena penyebab lainnya

Baca Ini Juga Ya :   Diselingkuhi karena Bertubuh Besar Sampai Dipanggil ‘Sapi’ oleh Suami dan Selingkuhannya, Wanita ini Beri Balasan yang Menohok

Wanita yang tinggal bersama orang tua dari pasangannya sekaligus bersama dengan anak- anaknya beresiko tiga kali lebih mungkin didiagnosis dengan penyakit jantung, dibandingkan dengan wanita yang hanya tinggal bersama pasangannya.

Kerentannya stress ini biasanya cenderung terjadi karena saat tinggal bersama mertua, perempuan cenderung tidak bebas dalam mengatur keluarganya. Tidak jarang orangtua pasangan terlalu memaksakan agar wanita bisa sesuai dengan caranya mendidik anaknya dulu dan menerapkan peraturan- peraturan tradisional yang sudah tidak relevan dengan cara mendidik masa kini. Selanjutnya, wanita akan merasakan keterbatasan dan tekanan yang berakibat munculnya rasa tidak nyaman dan juga resiko kesehatan.

Hal seperti ini sebenarnya tidak selalu terjadi. Ada juga wanita yang tinggal bersama mertua tapi tetap bisa menikmati perannya dan hidupnya selama tidak ada campur tangan yang terlalu banyak dari mertua.

Baca Ini Juga Ya :   Tanpa Kamu Sadari, 7 Hal Sepele yang Kamu Lakukan Ini Membuat Orang Tua Sakit Hati

 

Komentar

komentar