Tips Puasa Sehat yang Bisa Membantu Puasamu Terasa Lebih Ringan

Selama puasa Ramadan, fisik tetap harus bugar

Puasa Sehat

Tak terasa, ibadah Ramadan yang kita nanti- nanti akhirnya datang juga. Ya, kita semua memang akan menyambut ibadah puasa dengan penuh suka cita. Selain mempersiapkan diri secara bathin, penting juga untuk mempersiapkan diri kita secara fisik. Dengan tubuh yang sehat, maka ibadah puasa pun akan menjadi lancar.

Untuk mempersiapkan dirimu secara maksimal di Ramadan kali ini, yuk ikuti tips puasa sehat berikut ini :

[ Baca Ini Juga Ya : Kamu Wajib Tahu, Buah Kersen yang Nggak Dianggap Ini Ternyata Banyak Manfaatnya Lho! ]

1. Pentingnya memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi
Makanan sehat kalori tinggi
Agar tubuhmu fit selama bulan Ramadan, pastikan kebutuhan kalori dan nutrisi dalam tubuhmu terpenuhi. Sehari- hari, tubuh kita memerlukan setidaknya 2000 kkal. Sedangkan di bulan puasa tubuh cenderung hanya membutuhkan kalori sebanyak 1000-1500 kkal. Meskipun jumlahnya cenderung menurun, bukan berarti kamu mengabaikan kebutuhan kalorimu. Justru kamu wajib memastikan kebutuhan kalori dan nutrisimu terpenuhi agar kamu dapat beraktifitas secara optimal.

2. Penuhi kebutuhan air sesuai rekomendasi
Minum Air
Saat berpuasa, secara otomatis waktu yang kita miliki untuk mengonsumsi air menjadi lebih terbatas. Meski begitu, kita tetap harus minum air minimal delapan gelas sehari agar kebutuhan cairan terpenuhi. Caranya adalah dengan membagi jatah minum airmu ke dalam beberapa sesi waktu, yaitu dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dua gelas setelah tarawih, dan dua gelas sebelum tidur.

[ Baca Ini Juga Ya : Bau Mulut Memang Mengganggu, Tapi Kamu Bisa Mengatasinya dengan Cara Ini ]

3. Lakukan aktifitas fisik ringan
Sehat dengan melakukan aktifitas fisik ringan dan olahraga
Puasa bukan alasan untuk menghentikan aktifitas kita sehari- hari. Sebaliknya, kaktifitas fisik ringan sudah seharusnya menjadi bagian dari kegiatan kita sehari- hari agar menjaga stamina kita selama berpuasa. Aktifitas fisik ringan yang bisa dicoba antara lain jogging atau olahraga ringan lainya.

4. Istirahat yang cukup juga penting!

tidur cukup, kecerdasan,otak


Tidak sedikit orang yang mengeluhkan kurang tidur karena adanya ritual sahur yang harus mereka lakukan pada saat dini hari menjelang subuh. Padahal, istirahat yang kurang akan membuat kita kurang prima saat menghadapi aktifitas sehari- hari. Untuk mengatasi ini, pastikan kamu tidur lebih awal dibandingkan hari biasanya. Jadi, kebutuhan tidur 7-9 jam setiap hari akan dapat terpenuhi.

[ Baca Ini Juga Ya : Bikin Ngiri, Banyak Makan Tapi Tetap Kurus?? Ini Penjelasan Medisnya.. ]

Jadi, sudah siap untuk menyambut bulan Ramadan ini dengan penuh suka cita, kan? Dengan fisik yang sehat dan prima, puasa dan ibadah akan lancar dan semakin optimal. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan!

Komentar

komentar