Usia 25 an Nggak Melulu Soal Pelaminan, Ini Dia 7 Pencapaian yang Dapat Kamu Pikirkan

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di usia ini..

Wanita cantik tersenyum usia 25 an

Banyak yang mengidentikan usia 25 sebagai usia yang matang untuk menikah. Nggak heran, mereka yagn sudah memasuki tahapan usia ini dan belum menikah, biasanya akan dicerca dengan pertanyaan yang membosankan ini, “kapan nikah?”

Realitanya, usia 25 nggak melulu soal pernikahan. Kamu juga nggak perlu memaksakan diri untuk menikah di usia 20 an. Kalau memang jodoh belum menghampirimu, memikirkan hal ini terus menerus juga dapat membuatmu merasa tertekan dan tidak nyaman. Bagaimana kalau memikirkan hal yang lain?

Karena faktanya, ada banyak hal menarik yang bisa kamu capai di usia 25 an. Dan deretan pencapaian ini jauh lebih penting dibandingkan kegalauanmu menjawab pertanyaan “kapan nikah?”. Dengan memikirkan hal ini hidupmu juga akan jauh lebih bahagia, dan produktif.

1. Berkarir seperti apa yang kamu impikan, mulai dari posisi idaman di kantormu saat ini, hingga punya pengalaman segudang di usia yang relatif masih muda

manajemen trainee,MT,pekerjaan,karir

Salah satu tantangan setelah lulus kuliah adalah mengembangkan karir atau melanjutkan kuliah lagi. Apapun rencanamu, pastikan kamu menikmati karir itu dan memberikan kontribusi terbaik. Dengan sendirinya hal ini akan memperkaya pengalamanmu, dan meningkatkan pertemananmu.

Baca Ini Juga Ya :   Gambar Matahari Mana yang Paling Kamu Suka? Pilihanmu Ternyata Mengungkap Fakta Mengejutkan Tentang Dirimu!

 

2. Kamu meraih kemerdekaan finansial di usia sangat muda

diskusi,tim,
Ilustrasi Gambar: Pixabay

Selain menikmati karirmu, salah satu hal membanggakan lainnya adalah kamu bisa meraih kemerdekaan di usia semuda mungkin. Kamu nggak lagi menjadi sosok yang terus- menerus bergantung pada orangtua. Sebaliknya, kamu juga sering menyisihkan sebagian uangmu untuk memberi orangtua. Kamu bahkan ikut menyumbang untuk kebutuhan sekolah adik- adikmu. Wahhhh… bangga banget pokoknya!

 

3. Kamu melek investasi dan punya tabungan untuk masa depan

kebiasaan,keuangan,menabung,investasi

Di saat teman- temanmu selalu kehabisan uang di pertengahan bulan, kamu sudah paham pentingnya menabung dan investasi kecil- kecilan. Memang sih, mengatur keuangan itu susah- susah gampang. Jadi kamu patut berbangga diri saat sudah mencapai level ini.

 

4. Jalan- jalan ke banyak tempat untuk memperkaya pengetahuan dan pengalamanmu

Travelling

Kalau punya penghasilan besar yang setiap bulan kita sisihkan, nggak ada salahnya sesekali kita gunakan buat jalan- jalan ke luar kota atau luar negeri. Yang Namanya jalan- jalan bukan hanya membuat kamu bersenang- senang, tapi membuat kamu lebih kaya pengalaman dan pengetahuan.

Baca Ini Juga Ya :   Viral : Nikah Mewah di Gedung Megah, Tinggal di Kontrakan Sampai Anak SD karena Terus Bayar Hutang Bank

Dengan melihat hal- hal baru yang kamu temui, kamu akan menyadari bahwa hidup itu nggak melulu soal ngomongin asmara atau keharusan menikah saat banyak temanmu sudah melakukannya.

 

5. Membuat hidupmu lebih bermanfaat bagi banyak orang dengan melakukan kegiatan sosial

3. Berikan Pujian dan Bantu Orang Lain Akan Membuatmu Semakin Bahagia dan Berkualitas

Hidup nggak melulu tentang diri kita sendiri. Salah satu tujuan hidup adalah membuatnya bermanfaat untuk orang- orang di sekitarmu, terutama mereka yang membutuhkan uluran tanganmu.

Misalnya saja kamu berinisiatif untuk menjadi relawan korban bencana alam, relawan untuk mengajar di daerah terpencil, atau apa pun itu. Saat kamu melakukannya, maka kamu akan merasa hidup bermanfaat untuk orang lain adalah kebahagiaan yang sesungguhnya.

 

6. Proses menuju dewasa memang masih panjang, namun di usia seperempat abad ini sudah ada beberapa hal dalam dirimu yang mulai dibenahi

landscape,sabar,tenang,belajar
Ilustrasi Gambar: Pixabay

Pembenahan bukan hanya dilakukan sekali, melainkan seterusnya selama kita hidup. Seringkali kita juga sulit melihat kekurangan diri dibandingkan melihat kekurangan orang lain. Maka dari itu, manfaatkan lah waktu itu untuk melakukan beberapa pembenahan diri. Nggak usah muluk-muluk mau menikah di usia 25 jika kita belum mengetahui apa saja hal yang perlu dibenahi dari diri kita sendiri.

Baca Ini Juga Ya :   Gembok Mana yang Menurutmu Paling Aman? Jawabanmu Menunjukkan Kepribadianmu

 

7. Menjadikan orangtua dan keluarga sebagai prioritas. Selama orangtua masih ada, manfaatkan kesempatan sebaik- baiknya untuk membuat mereka bangga

keluarga,family,orang tua
Ilustrasi Gambar: Pixabay

Orangtua memang tidak pernah minta secara langsung untuk dibahagikan oleh anak- anaknya. Namun sebagai anak, sudah semestinya kita membalas jasa dan kebaikan beliau dengan cara membahagiakan kedua orangtua kita. Dan saat paling tepat untuk melakukan hal ini adalah saat kita masih single. Seringkali saat sudah menikah, intensitas kita bersama orangtua akan semakin berkurang karena kita ada keharusan untuk mengurus keluarga sendiri juga. Jadi buatlah usia 25 mu menjadi usia yang menyenangkan dengan membahagiakan orang- orang di sekitarmu.

 

Dari sekarang, yuk kita atur mau berapa point di atas yang ingin segera kita capai?

 

Komentar

komentar