Di Usia 30-an, Perempuan Harus Sudah Mengetahui 20 Hal Ini

Usia 30-an dianggap sebagai usia yang sudah cukup matang untuk perempuan

wanita, usia 30, perempuan

Berbeda dengan usia belasan atau 20-an, angka 30 identik dengan tahap kedewasaan yang mulai dicapai oleh setiap perempuan. Di angka ini, ada banyak hal yang perlu dievaluasi agar hidup bisa menjadi lebih baik lagi. Selain itu, perempuan juga harus mengetahui banyak hal di usia ini. Bukan hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga guntuk orang- orang di sekitarnya.

#1 Menjadi Diri Sendiri Bukan Sekedar Penting, tapi Sangat Penting
Berpura- pura menjadi orang lain agar diterima? Well, itu nggak ada gunanya, ladies. Jadilah dirimu sendiri agar kamu mengenal jati dirimu dan tahu caranya untuk berkembang menjadi lebih baik lagi. Berpura- pura menjadi orang lain justru membuat kamu tersiksa secara bathin.

[ Baca Ini Juga Ya : Pernikahan Tidak Membuat Hidup Wanita Lebih Bahagia? Benarkah Seperti itu? ]

#2 Jangan Sampai Kamu Terlalu Banyak Berkompromi
Berkompromi mungkin menjadi bagian tak terpisahkan dalam hidup. Tapi, terlalu banyak berkompromi justru bisa merugikan diri sendiri dan membuang banyak energimu untuk hal yang percuma. Penting sekali untuk kamu belajar mengambil keputusan atas dasar keinginanmu sendiri, bukan selalu berkompromi sesuai harapan orang lain.

#3 Jangan Terlalu Tinggi Berharap, Bertindaklah Sesuai Realita
Berandai- andai tidak pernah menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi. Daripada berandai- andai, membayangkan atau menyesali sesuatu, bertindak dan berupayalah sesuai dengan realita yang kamu hadapi saat ini. Semakin matang usia kita, kita harus semakin jeli melihat permasalahan dari sudut pandang yang lebih baik lagi.

#4 Pancinglah Diri untuk Mengetahui Apa yang Bisa Kamu Lakukan
Penting sekali untuk menjadi pribadi yang selalu ingin tahu banyak hal. Berikan dorongan kepada dirimu untuk selalu ingin mencari hal baru yang bisa kamu lakukan untuk meng- upgrade kualitas diri. Cobalah juga untuk melakukan aktifitas kreatif yang bisa menjadi bekal berharga untuk mendidik anak- anakmu kelak.

#5 Hidup untuk Bekerja, Bukan Bekerja untuk Hidup
Manfaatkan hidupmu dengan sebaik mungkin. Jangan pernah menyia- nyiakan waktu yang Tuhan berikan untukmu. Kurangi mengeluh dan lakukan apa yang seharusnya kamu lakukan untuk membuat hidupmu semakin baik.

#6 Kamu Selalu Bisa Mendapatkan Dukungan dari Orang- Orang Terdekat
Kita kerap merasa tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain. Yang sebenarnya, kita memang selalu membutuhkan orang lain, disamping selalu berusaha tegar dan mandiri. Saat sedih, stress dan jenuh dengan situasi, perempuan kerap lupa bahwa selalu ada orang- orang terdekat yang siap untuk menguatkan mereka kapanpun juga.

[ Baca Ini Juga Ya : Bukan Nikung! Saat Sahabatmu Menikah dengan Mantanmu, Itu Artinya Tuhan Mentakdirkan Mereka untuk Bersama ]

#7 Menabung itu Penting
Jangan pernah anggap remeh manfaat menabung di masa depan. Di usia 30, penting untuk lebih selektif dalam membelanjakan uang. Jangan sampai kita terus bekerja, tapi tidak tahu uang kita perginya kemana saja.

#8 Hiduplah untuk Dirimu Sendiri, Jangan Bergantung pada Orang Lain
Hanya kamu yang paling memahami kebahagiaanmu sendiri. Apa yang kamu alami dan kamu rasakan belum tentu dirasakan oleh orang lain juga. Jadi, jangan bergantung pada apa yang orang lain lakukan. Hiduplah untuk dirimu sendiri.

#9 Hindari Membuang Waktu untuk Orang yang Tidak Penting
Bisa jadi banyak orang yang bersamamu hanya untuk memanfaatkanmu atau demi kepentingan mereka lainnya. Daripada menghabiskan energy dan waktumu untuk orang- orang seperti itu, lebih baik fokuslah untuk berbahagia dengan dirimu sendiri.

#10 Berhentilah Membanding- Bandingkan
Membanding- bandingkan diri kita dalam segala hal hanya membuktikan bahwa kita adalah orang yang tidak bahagia dan penuh dengan rasa cemburu. Hal yang seperti ini nggak bakal ada habisnya. Jadi, kenapa sih nggak bahagia dengan apa yang kita miliki? Membandingkan diri kita dengan orang lain tidak ada gunanya. Lebih baik kita manfaatkan waktu kita dengan produktif untuk membuat diri kita melangkah lebih maju. Setuju??

#11 Jangan Sepelekan Hal- Hal Kecil di Sekitarmu
Aktifitas sehari- hari yang padat dan merepotkan kerap membuat kita tidak memperhatikan hal- hal kecil di sekitar kita. Padahal, bisa jadi hal- hal kecil ini adalah hal- hal yang sangat berharga untuk hidupmu.

#12 Kapan Terakhir Kali Kamu Travelling?
Di usia 30 an, kita kerap menghabiskan uang untuk membeli barang kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan lainnya. Meluangkan waktu dan biaya untuk travelling seolah- olah menjadi pilihan nomer sekian. Padahal, travelling bisa membuat kamu merasa bahagia, lebih muda dan kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru. Ayo ingatkan diri sendiri untuk travelling!

[ Baca Ini Juga Ya : Duhhh… Tinggal Bersama Mertua Ternyata Beresiko Merusak Kesehatan Wanita ]
#13 Lakukan lah Apa yang Dapat Kamu Lakukan untuk Lingkungan di Sekitarmu
Di usia ini, menjadi lebih aktif untuk lingkungan di sekitarmu akan membuatmu merasa menjadi sosok yang lebih bermanfaat. Gunakan pengetahuan yang kamu miliki selama ini untuk membantu orang- orang disekitarmu.

#14 Berpikirlah dengan Matang Sebelum Membuat Keputusan
Kamu sudah banyak belajar di usia 30 –an ini. Maka, sudah sewajarnya kamu tidak sembarangan dalam memutuskan sesuatu. Pikirkanlah dampaknya setiap kamu akan membuat sebuah keputusan.

#15 Kurangi Rasa Khawatir yang Kerap Mengganggumu
Tidak jarang kita memelihara rasa khawatir dalam diri kita. Memang benar, melepaskan rasa khawatir secara keseluruhan dari hidup kita memang tidak mudah. Namun, rasa khawatir yagn terlalu banyak bisa membuat hidupmu tidak tenang dan mengurangi kebahagiaanmu. Nikmatilah hidup dan siaplah dengan berbagai resiko yang ada dalam hidup kita dan kemungkinan bahwa hal buruk memang mungkin datang.

#16 Berhentilah untuk Peduli Apa yang Orang Pikirkan Terhadapmu
Kita tidak bisa membuat semua orang memikirkan hal yang sama seperti apa yang kita pikirkan. Daripada menguras energy dan perasaan, nikmatilah hidup sebagai dirimu sendiri. Berhenti memikirkan apa yang orang pikirkan tentang dirimu. Jadilah produktif dan lebih bermanfaat untuk keluargamu dan orang- orang terdekatmu.

#17 Belajarlah untuk Memaafkan Diri Sendiri  dan Juga Orang Lain
Menjadi sosok yang pemaaf memang tidak mudah. Tapi, menyimpan bara dendam dan membenci apa yang terjadi di masa lalu justru semakin menyakiti dirimu sendiri. Belajar memaafkan kesalahan diri sendiri dan juga orang lain bisa membantumu memiliki kehidupan yang lebih tenang dan bahagia.

#18 Tentang Mencintai Diri Sendiri dan Menerima Kekurangan Diri Sendiri
Perempuan harus tahu betapa pentingnya mencintai dan menerima diri sendiri. Dengan ini, ia akan belajar untuk tidak menyakiti dan tidak membuat dirinya rendah di mata orang lain. Selain itu, perempuan juga mengetahui cara untuk mempertahankan apa yang seharusnya dipertahankan dari dirinya dan tidak membanding- bandingkan dirinya dengan orang lain.

[ Baca Ini Juga Ya : Istri Diejek Gendut, Pembelaan Iko Uwais Ini Bikin Cewek Klepek- Klepek! ]

#19 Kamu Harus Berani untuk Berkata TIDAK
Tidak ada salahnya kekeuh mempertahankan pendapat jika memang kamu berada di pihak yang benar. Kamu harus berani untuk berkata TIDAK.

#20 Cobalah untuk Berubah ke Arah yang Lebih Baik
Setiap orang membutuhkan waktu untuk mengevaluasi dirinya. Jika kamu selalu ingin menjadi lebih baik, untuk diri sendiri dan keluarga, maka selalu luangkan waktu untuk mengubah kebiasaan dan sifat buruk yang selama ini kamu miliki. Berubah menjadi lebih baik secara konsisten memang tidak mudah, tapi yakinlah kamu pasti bisa.

Komentar

komentar