Waspadai Teknik Skimming di ATM! Ini yang Bikin Ratusan Juta Uang Nasabah BRI Raib

modus kejahatan perbankan semakin merajalela

nasabah,bri,uang hilang,skimming

Modus kejahatan perbankan semakin merajalela. Dulu kita sempat dihebohkan dengan nasabah BCA yang mengalami uangnya mendadak ‘hilang’ via transaksi internet banking, kini nasib serupa dialami nasabah Bank BRI dengan metode yang berbeda. Menurut update terakhir, sebanyak 50 nasabah di Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah melapor menjadi korban kejahaatan keuangan ini.

Ruby Alamsyah, seorang Pengamat Teknologi Informasi ( TI ) memaparkan bahwa cara pembobolan ATM nasabah ini dilakukan dengan teknik skimming, yaitu dengan memasang alat skimming yang dapat memindai data yang terdapat di pita magnetik ( magnetic stripe ) kartu ATM nasabah saat dimasukkan ke mesin.

“Alat tersebut menyerupai lubang ATM yang asli,”  kata Ruby seperti dilansir oleh Kompas.com, Selasa (25/10/2016).

Baca Ini Juga Ya :   Ngeselin Abis! Begini Isi Surat Nasehat Penemu HP di Yogya Kepada Pemiliknya

Dari hasil skimming ini, pelaku kejahatan mendapatkan data yang bisa digunakan untuk menggandakan nomor kartu debit nasabah ke kartu baru. Dengan penggandaan kartu ini ini, data magnetik kartu korban akan disalin ke kartu tersebut menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras pembaca kartu.

“Pelaku memasang spy camera di dekat mesin ATM untuk mendapatkan informasi PIN kartu ATM yang korban tekan di pinpad ATM,” tambah Ruby.

Dengan bermodalkan data magnetik kartu dan PIN yang sudah diketahui, pelaku akan menggunakan kartu duplikat tadi untuk mencairkan dananya di mesin ATM atau menggunakannya untuk belanja sebagai kartu debit.

Teknik skimming ini lah yang diduga melatarbelakangi raibnya dana 50 orang nasabah BRI di Mataram. Para nasabah ini melaporkan bahwa saldo rekeningnya tiba- tiba terkuras habis saat akan melakukan penarikan tunai melalui mesin ATM.

Baca Ini Juga Ya :   Kisah Suparniyati, Putri Penjual Tempe yang Meraih Medali Emas di Asian Para Games 2018

Untuk menghindari jadi korban Skimming ATM ini, usahakan untuk selalu melakukan penarikan uang di ATM yang berlokasi di tempat ramai, seperti di minimarket atau di kantor cabang bank. Hindari untuk mengambil uang di ATM yang sepi karena di tempat ini lah biasanya pelaku memasang alat skimming ini.

 

*Photo Credit: Kompas

Komentar

komentar